Dalam beberapa cerita manga bergenre shonen, persaingan antara dua karakter utama dalam cerita menjadi sesuatu yang menarik bagi serinya. Jika dalam franchise Naruto kita mengenal sosok Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke yang saling bersaing, maka dalam franchise Dragon Ball kita tentu mengenal Goku dan Vegeta yang saling bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Sosok Vegeta selalu berusaha untuk bisa lebih unggul dari Goku, yang dianggap sebagai sosok yang kuat. Dan harus diakui memang bahwa Goku memiliki kemampuan yang jauh lebih kuat dari Vegeta, yang mana Vegeta selalu berusaha untuk mempersempit perbedaan tersebut. Salah satu contohnya adalah ketika Vegeta berlatih di planet yang dahulu pernah juga digunakan oleh Goku untuk berlatih, yaitu planet Yardrat. Ada beberapa hal yang mungkin tidak banyak diketahui fans ketika Vegeta berlatih di planet tersebut. Apa saja?

Menguasai Instant Transmission

Meskipun dalam seri-seri sebelumnya Vegeta berusaha untuk bisa menyaingi dan melampaui kekuatan Goku, seri Dragon Ball Super perlahan mulai memberikan “perbedaan” kepada kedua karakter utama tersebut. Salah satu contohnya adalah bagaimana keduanya menggunakan kemampuan mereka. Hal ini pula yang dilakukan oleh Vegeta di planet Yardrat.

Meskipun Goku sempat berlatih di planet ini, namun Vegeta coba untuk mempelajari teknik lainnya yang berbeda dari Goku. Dia ingin mempelajari kekuatan yang memang sesuai dengan standarnya. Di planet Yardrat, Vegeta berlatih bagaimana caranya untuk bisa memanipulasi energi. Inilah yang kemudian membuat Vegeta berlatih teknik Instant Transmission. Meskipun dia tidak terlalu sering melakukannya, Vegeta mempraktikan hal ini untuk bisa keluar dari Yadrat dan kembali ke pertarungan saat dia dan Goku melawan Moro.

Berlatih Dengan Guru Yang Sama Dengan Goku

Ketika berlatih di planet Yardrat, sebenarnya Vegeta berlatih dengan guru yang sama yang melatih Goku dahulu. Dia berlatih bersama salah satu sesepuh di planet Yardrat, yaitu Pybara. Meskipun Goku dan Vegeta tidak pernah berbagi cerita tentang bagaimana pengalaman mereka berguru kepada orang yang sama, Pybara benar-benar memainkan peran penting bagi perkembangan kemampuan Vegeta dan Goku dengan dua poin kunci yang berbeda.

Ada Dua Jenis Penghuni Planet Yardrat

Salah satu masalah utama yang sering kali dihadapi oleh sebuah franchise yang panjang dan lama seperti halnya Dragon Ball, adalah bagaimana mereka menjaga konsistensi – baik cerita atau pun elemen lainnya. Salah satu contohnya dalam hal ini adalah bagaimana serinya menghadirkan dua desain yang berbeda dari penghuni planet Yardrat.

Pertama kali penghuni planet ini digambarkan sebagai alien yang memiliki warna kulit merah muda dan tubuhnya pun tinggi, yang mana hal ini didesain oleh Toei khusus untuk animenya. Akira toriyama kemudian membuat versi lain di mana penghuni planet Yardrat memiliki tubuh pendek dan berwarna biru dan hijau. Desain karakter ini sengaja dia ciptakan untuk Dragon Ball Online. Ketika Vegeta pergi ke planet Yardrat untuk berlatih, dia kemudian menyadari bahwa ada banyak “jenis” dari penghuni planet Yardrat.

Irico yang membawa Vegeta ke Planet Yardrat

Planet Yardrat bukanlah sebuah planet asing bagi Vegeta. Dia sudah tahu tentang planetnya sejak lama. Satu-satunya alasan mengapa kemudian Vegeta pada akhirnya mau mengunjungi planet tersebut adalah karena bahaya yang dihadirkan oleh sang villain utama di arcnya saat itu, Moro. Vegeta menyadari bahwa planet Yardrat memiliki kemampuan yang bisa berguna untuk menghadapi Moro.

Karena belum pernah pergi ke sana, akhirnya Irico yang merupakan bagian dari Galactic Patrol mengantar Vegeta menuju planet Yardrat. Irico seolah menjadi pemandunya selama di planet tersebut, sebelum kemudian Pybara mengambil alih. Konyolnya adalah sempat ada kesalahpahaman di mana Irico dianggap sebagai Vegeta.

Masa Latihannya Lebih Lama dari Goku

Waktu memang cenderung relatif di universe Dragon Ball, apalagi ketika berbicara mengenai jarak atau periode ketika mereka latihan. Dalam universe Dragon Ball diketahui memiliki sebuah teknologi yang disebut Hyperbolic Time Chamber, yang membuat siapa pun berlatih di dalamnya tidak akan dipengaruhi oleh waktu yang berjalan – serta tidak ada aturan fisika yang berlaku.

Karena hal inilah banyak yang mungkin terkejut mengetahui seberapa lama Vegeta menghabiskan waktu untuk berlatih di planet Yardrat. Goku sendiri diketahui membutuhkan waktu selama 150 hari untuk berlatih di planet ini. Meskipun Vegeta tidak menghabiskan setahun penuh berada di planet tersebut, tetapi Vegeta tetap menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk latihan di planet ini.

Mampu Membuka Potensi Dalam Dirinya

Penghuni planet Yardrat merupakan sebuah spesies alien yang sangat unik, terutama ketika berbicara mengenai latihan. Setelah berlatih di planet ini, Vegeta pada akhirnya mampu menguasai dan memiliki berbagai kemampuan baru. Meskipun begitu, untuk mencapai level tertinggi dari kekuatannya, diperlukan ketenangan dan juga kewaspadaan penuh. Setelah beberapa waktu berlatih, pada akhirnya Vegeta mampu berada pada level yang diharapkan oleh para tetua Yardrat, bahkan levelnya sekarang jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini pun cukup membuat Vegeta terkejut dengan hasilnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.