Haki dan buah iblis adalah dua sumber kekuatan utama di One Piece. Haki atau buah iblis akan mengubah sang penggunanya menjadi sosok yang kuat. Ada banyak sekali pengguna haki atau buah iblis, bahkan diantaranya adalah pengguna keduanya sekaligus. Salah satunya adalah Luffy, yang terbukti menjadi salah satu karakter terkuat di One Piece berkat haki dan buah iblis. Karena menjadi sumber kekuatan, banyak yang bertanya-tanya mana diantara keduanya yang memberikan penggunanya kekuatan paling dahsyat. Nah di artikel kali ini, kita akan membahas mana yang paling kuat diantaranya. Simak di bawah ini Geeks?

Apa Itu Haki?

Haki secara harfiah memiliki makna Ambisi. Haki merupakan teknik yang menggunakan tenaga dalam untuk bisa memperkuat insting dasar manusia. Pada dasarnya setiap manusia memiliki haki, namun hanya orang-orang tertentu yang bisa membangkitkannya dengan melalui latihan yang berat dan panjang. Ada beberapa orang yang bisa membangkitkan haki secara tidak sengaja karena berada di situasi yang tertekan, seperti Luffy yang membangkitkan Haki pertama kali di Perang Besar Marineford.

Haki dibagi menjadi tiga jenis sesuai level dan tingkatannya yaitu Kenbunshoku Haki, Busoshoku Haki, dan Haoshoku Haki. Setiap orang pada umumnya hanya bisa menguasai satu jenis haki, yang berarti hanya orang-orang terkuat saja yang bisa menguasai ketiganya seperti Kaido, Luffy, Big Mom, dan lain-lain. Setiap jenis haki memiliki kekuatan uniknya masing-masing, dan semakin dalam seseorang menguasai haki maka dia akan menjadi semakin kuat.

Kenbunshoku Haki bisa membuat penggunanya memiliki insting yang lebih kuat. Jadi para pengguna Kenbunshoku Haki bisa menghindari serangan dengan mudah. Tingkat lanjut dari Kenbunshoku Haki adalah bisa melihat masa depan. Katakuri adalah salah satu pengguna Kenbunshoku Haki tingkat lanjut dan menjadi lawan yang merepotkan bagi Luffy di Whole Cake Island.

Sementara itu Busoshoku Haki merupakan teknik yang bisa memperkuat bagian tubuh penggunanya. Teknik ini juga bisa digunakan pada senjata seperti saat Zoro menggunakannya pada pedangnya. Tingkat lanjut Busoshoku Haki membuat penggunanya memiliki daya serang yang sangat hebat, terutama serangan-serangan jarak pendek.

Terakhir adalah Haoshoku Haki. Haoshoku Haki adalah teknik haki yang paling kuat dan hanya orang-orang tertentu yang bisa menggunakan haki ini. Kekuatan Haoshoku Haki bisa memberikan tekanan mental yang luar biasa pada lawan dan menjatuhkannya dengan mudah. Luffy pernah menggunakan Haoshoku Haki ketika dia melawan musuh dalam jumlah besar di Pulau Manusia Ikan.

Apa Itu Buah Iblis?

Buah iblis merupakan sebuah item unik dan cukup langka. Hingga sekarang masih menjadi misteri mengenai asal-usul buah iblis, namun banyak orang yang telah menggunakan buah iblis agar menjadi lebih kuat. Buah iblis terbagi menjadi beberapa tipe, seperti Paramecia, Logia dan Zoan. Ketiga tipe tersebut memberikan jenis kekuatan yang berbeda.

Buah iblis tipe Paramecia memberikan kekuatan super dan terkadang mengubah struktur tubuh penggunanya seperti Luffy. Paramecia menjadi jenis yang paling umum ditemui, sehingga ada cukup banyak pengguna Paramecia dari pada jenis lainnya. Sedangkan buah iblis Logia memberikan kekuatan elemen pada penggunannya. Itulah sebabnya banyak yang menganggap Logia adalah tipe buah iblis paling kuat.

Tipe buah iblis terakhir adalah Zoan. Tipe ini membuat penggunanya bisa berubah menjadi hewan dan memiliki kekuatan luar biasa. Ada beberapa tipe Zoan yang bisa membuat penggunanya memunculkan senjata di salah satu bagian tubuhnya. Zoan di bagi menjadi tiga jenis yaitu Ancient Zoan, Mythical Zoan, dan Zoan buatan. Kekuatan dari Zoan yang langka membuat Dr. Vegapunk membuat buah iblis sendiri bernama Smile yang merupakan duplikat dari buah iblis Zoan.

Efek samping dari buah iblis adalah penggunanya tidak bisa terkena air laut. Sebab itu akan melemahkan kekuatannya dan membuat pengguna buah iblis menjadi tidak berdaya. Penggunanya juga tidak bisa berenang dan akan lemah jika melawan batu laut. Itulah sebabnya batu-batu laut tersebar cukup banyak di penjara Impel Down. Agar para tahanan yang memiliki buah iblis tidak bisa menggunakan kekuatannya di Impel Down.

Manakah yang Lebih Kuat?

Diantara keduanya, mungkin haki lebih kuat dari buah iblis. Meski harus melalui latihan yang berat, namun haki tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Dunia One Piece hampir sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Jadi sangat mudah untuk mengalahkan pengguna buah iblis dalam pertarungan di atas laut. Orang-orang kuat di masa lalu juga terkenal karena kekuatan hakinya, seperti Roger, Rayleigh dan lain-lain.

Luffy memang pengguna buah iblis tipe Paramecia Gomu gomu no Mi. Namun dia masih membutuhkan haki agar bisa menjadi lebih kuat setelah kematian Ace. Jika Luffy tidak belajar haki dari Rayleigh dan kakek Hyo, maka bisa jadi Luffy telah lama mati di tangan Kaido. Salah satu jenis haki bahkan bisa mengalahkan seluruh pasukan sekaligus dengan mudah, sehingga kekuatan ini lebih praktis dan kuat daripada buah iblis.