Pertarungan lanjutan antara Kaido melawan Luffy benar-benar menghadirkan sesuatu yang epik. Bagaimana tidak, Luffy sebelumnya diperlihatkan tidak sadarkan diri setelah dihajar oleh Kaido dan bahkan dia pun jatuh ke laut. Beruntung kelompok bajak laut Hati berhasil menyelamatkannya, dan setelah kembali sadar dan kekuatannya kembali pulih, kini dia kembali bertarung melawan Kaido.

Dalam pertarungan ini, sesuatu yang mengejutkan terjadi. Kita melihat bagaimana kemampuan Haki Penguasa Tingkat Lanjut Luffy saling beradu dengan Haki milik Kaido. Dan hasilnya adalah langit pun terbelah akibat beradunya dua kekuatan Haki dahsyat tersebut. Padahal, mereka tidak saling bersentuhan. Momen ini mirip seperti ketika Roger dan Whitebeard bertarung.

Ada beberapa hal yang bisa disimpulkan dari momen dahsyat tersebut. Pertama, kekuatan Luffy kini benar-benar sudah setara dengan para Yonko. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya Luffy disebut sebagai Yonko kelima oleh surat kabar Morgan, setelah dia berhasil kabur dari Big Mom dan hendak pergi ke Wano. Morgan pun menyebutkan bahwa Luffy berhasil mengalahkan Big Mom – yang mana hal itu tidak terjadi.

Meski pun pada awalnya hal itu sekedar berita yang dilebih-lebihkan, chapter 1026 kemarin menjadi bukti bagaimana Luffy sekarang benar-benar sudah berada di level yang sama dengan para Yonko. Kemudian yang kedua adalah Luffy mungkin memang adalah sosok Joy Boy yang sudah lama diramalkan. Pada chapter 1014 kemarin, setelah Kaido berhasil mengalahkan Luffy dan menjatuhkannya ke laut, Kaido sempat ragu bahwa Luffy adalah Joy Boy.

Round Two Goes to Kaido, But Luffy's Not Out! - RJ Writing InkKaido tidak yakin bahwa Luffy adalah sosok Joy Boy yang ada dalam ramalan, mengingat Luffy dianggap lemah. Namun, dengan Luffy yang sekarang sudah berhasil kembali bangkit, dan Luffy pun menjelaskan kepada Kaido bahwa selama dia masih bernafas dia akan berusaha untuk mengalahkan Kaido. Kaido sendiri mungkin pada akhirnya yakin bahwa Luffy adalah sosok yang selama ini diramalkan.

Dan berbicara mengenai Luffy sebagai sosok yang diramalkan, Kozuki Toki sebelum dia menghilang sempat menyebutkan bahwa Wano akan kembali menyambut fajar baru (dawn). Selain itu, Toki juga mengatakan sesuatu tentang Wano yang akan dihujani oleh cahaya bulan. Dalam chapter 1026 kemarin, langit di Wano sempat tertutup awan akibat adanya dua naga saling beradu.

Hal itu membuat bulannya tidak terlihat oleh semua orang. Bahkan, Nekomamushi dan Inuarashi pun kembali ke form awal, setelah mereka menggunakan form Sulong. Namun, pasca adu Haki antara Luffy dan Kaido yang membuat langit terbelah, awan yang menutupi bulan pun akhirnya menghilang. Dan kedua pemimpin suku Mink itu pun kembali bisa menggunakan form Sulong yang berakibat kalahnya Perospero dan Jack.

Momen di mana bulan kembali terlihat setelah tertutup awan, seolah menjadi metafora dari Oda Sensei untuk memberikan petunjuk bahwa Wano akan segera mendapatkan kebangkitannya setelah Luffy berhasil mengalahkan Kaido. Luffy akan menjadi orang yang akan membawa fajar baru bagi Wano setelah semuanya selesai. Dialah sosok Joy Boy yang dijanjikan, seperti disebutkan di atas. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi pada Luffy dan Wano pada chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.