Beberapa waktu lalu, Warner Bros merilis trailer perdana The Matrix Ressurections yang memperlihatkan banyak aksi memukau di luar nalar. Film keempat The Matrix ini menghadirkan kembali karakter Neo (Keanu Reeves) dalam dunia Matrix. Neo sebenarnya sudah diperlihatkan mati di film ketiga yang berjudul The Matrix Revolutions (2003), tetapi tampaknya dia hidup kembali di film keempat untuk alasan yang misterius. Sementara jawaban bagaimana Neo bisa hidup kembali akan terungkap saat filmnya nanti rilis, sebelum itu mari kita kenali dahulu karakter Neo sebagai The One keenam di dunia Matrix.

The One adalah istilah yang dipakai untuk orang yang mendapatkan berkah Prime Program, sebuah anomali sistem di Matrix yang menyebabkan seseorang mendapatkan kode khusus sehingga orang tersebut mempunyai kemampuan super di dunia Matrix. Anomali yang melahirkan The One tersebut disebabkan oleh penolakan-penolakan terhadap kepalsuan dunia Matrix. Sebagai orang yang menyadari keberadaan dan tujuan Neo sebagai The One, Oracle berusaha mengarahkan Neo untuk menyelesaikan misinya, yaitu memasukan kembali Prime Program ke inti Matrix dan mereset Matrix dari dalam.

Oracle sangat percaya bahwa jika Neo berjuang bersama orang-orang Kota Zion, maka peperangan antara manusia dan mesin bisa dihentikan, sehingga manusia bisa bebas dari kendali Mesin. Di sisi lain, Architect sebagai pencipta Matrix mengetahui semua tujuan Neo sebagai The One, oleh karena itu dia berusaha melakukan segala cara agar tujuan Mesin tetap selaras tanpa ada gangguan dari The One. Pada dasarnya, The One adalah orang yang menampung semua anomali di Matrix sehingga dia mempunyai kemampuan untuk mengubah segalanya di Matrix.

Sebagai The One, Neo mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa di Matrix, dan terkadang kemampuannya terbawa di Real World. Kemampuan tersebut meliputi kecepatan super yang membuatnya bisa menghindari peluru, stamina super yang membuatnya bisa bertarung lebih lama, kekuatan super, dan daya tahan super. Selain itu dia juga bisa terbang sangat cepat, kemampuan terbangnnya bahkan membuatnya dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Neo juga bisa memusatkan fokusnya sehingga bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat orang biasa, seperti bentuk asli Matrix. Dan yang paling penting adalah mampu memanipulasi realitas Matrix, membuatnya bisa menembus tembok, mengeluarkan tenaga supersonik, dan telekinesis.

Sebagai The One, Neo sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Namun, di film The Matrix Ressurections nanti, tampaknya Neo melupakan jati dirinya sebagai The One. Belum jelas juga mengapa Mesin menempatkan Neo dalam situasi baru tersebut, apakah Matrix kali ini adalah Matrix ketujuh, dengan Neo sebagai calon The One ketujuh? Jika memang begitu, berarti memang dari awal Neo adalah The One, bahkan sejak Matrix kesatu. Semuanya akan terjawab ketika The Matrix Ressurections rilis di bioskop pada tanggal 22 Desember 2021. Semoga saja saat tiba waktunya, bioskop Indonesia sudah dibuka ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.