The Matrix 4 adalah film sci-fi aksi mendatang yang akan melanjutkan kisah petualangan Neo di dunia virtual Matrix. Di ketiga film sebelumnya, Neo (Keanu Reevesr) selalu ditemani oleh Trinity (Carrie-Anne Moss) dan Morpheus (Laurence Fishburne) dalam misinya untuk membebaskan umat manusia dari Matrix. Sementara karakter Neo dan Trinity kembali di film The Matrix 4, aktor Laurence Fishburne mengonfirmasi bahwa dirinya tidak terlibat di film keempat The Matrix tersebut. Hal itu membuat penggemar bertanya-tanya bagaimana nasib karakter Morpheus di film yang mempunyai judul resmi The Matrix Resurrections ini?

Morpheus memainkan peran penting di trilogi pertama The Matrix, dia adalah kapten dari hovercraft Nebuchadnezzar sekaligus orang yang telah membebaskan Thomas A. Anderson  alias Neo dari Matrix di film The Matrix (1999). Di film kedua yang berjudul The Matrix Reloaded (2003) dia berusaha meyakinkan semua kru hovercraft untuk menunggu kontak dari Oracle. Kemudian di film ketiga yang berjudul The Matrix Revolutions (2003) Morpheus yang sempat putus asa, berusaha untuk tetap setia pada misinya bersama Neo, meyakinkan dirinya bahwa Kota Zion masih bisa diselamatkan.

Sementara karakternya tidak diperlihatkan benar-benar mati di film ketiga, Morpheus kembali muncul di game The Matrix Online. Di game tersebut kesabaran Morpheus dalam melawan mesin sudah habis, dia kemudian melancarkan serangan teroris di seluruh Matrix. Bahkan Morpheus menanam bomnya sendiri dan akhirnya ‘mati’ diberondong tembakan oleh seorang pria bertopeng yang misterius. Menariknya, walaupun begitu tampaknya Morpheus tidak benar-benar menghilang di The Matrix Resurrections, karena tampaknya aktor Yahya Abdul-Mateen II memainkan versi dirinya saat masih muda.

Trailer perdana The Matrix Resurrections yang baru saja dirilis beberapa jam lalu, menampilkan banyak hal menarik yang sangat erat dengan trilogi sebelumnya, seperti kucing hitam, tato kelinci putih, dan pertarungan Neo melawan Morpheus di dojo. Sementara kali ini Morpheus tampil lebih muda, banyak yang mempertanyakan mengapa semua itu bisa terjadi, termasuk mengapa Neo melupakan semua kenangan bersamanya dan Trinity. Ada kemungkinan mesin Matrix telah direset ulang dan membuat semuanya kembali ke versi mudanya, kecuali Neo dan Trinity.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Di akhir film ketiga seharusnya peperangan antara manusia dan mesin sudah selesai karena pengorbanan Heroik Neo, tetapi kemungkinan mesin kembali berkhianat dan mulai mereset ulang mesin untuk memulai kembali perang. Neo tampaknya sengaja dibuat lupa ingatan agar dia tidak kembali ikut campur dalam peperangan, dan karakter dokter terapi yang diperankan aktor Neil Patrick Harris adalah agen mesin yang terus memberi Neo pil biru agar dia tidak mengingat jati dirinya. Versi muda Morpheus kemudian menyadarinya dan berusaha mengingatkan kembali Neo dengan memperlihatkannya kenangan lama. 

Bagaimanapun caranya, tampaknya sutradara Lana Wachowski memang memilih untuk tidak meninggalkan ketiga karakter utama di waralaba, walaupun dengan cara yang aneh dan tidak masuk akal. Masih perlu dilihat apakah teori kali ini benar atau tidak, yang jelas karakter Morpheus akan kembali namun tidak diperankan oleh aktor Laurence Fishburne, melainkan oleh pemeran baru Yahya Abdul-Mateen II. Siapa pun itu kita lihat saja nanti penampilannya di The Matrix Resurrections yang dijadwalkan rilis pada tanggal 22 Desember 2021.   

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.