Zombie adalah tema horor yang selalu menarik untuk diangkat, tanpa terkecuali di Marvel Universe. Marvel Zombies akhir-akhir ini mulai kembali di bahas karena kisahnya diadaptasi oleh serial animasi What If episode 5 yang kemarin tayang di Disney+. Namun, sejarah zombie di Marvel Comics jauh lebih panjang dan beragam lagi, karena di Marvel Comics ada satu alam semesta khusus yang diisi oleh populasi zombie, dari mulai zombie manusia biasa, zombie manusia super, bahkan zombie entitas kosmik. Alam semesta tersebut dikenal sebagai Zombiverse. Berikut 10 kisah zombie di Marvel Universe.

Ultimate Fantastic Four

Di komik Ultimate Fantastic Four karya penulis Mark Millar dan ilustrator Greg Land pada tahun 2005, diceritakan Reed Richard alias Mr. Fantastic secara tidak sengaja mengunjungi alam semesta alternatif yang dipenuhi oleh super-zombie dari pahlawan super yang telah berubah menjadi zombie. Syukurnya Reed berhasil lolos dengan bantuan Magneto dari alam semesta tersebut, dan berhasil kembali ke alam semesta utama. Singkat cerita Reed mengetahui bahwa alam semesta tersebut adalah Earth-2149 yang lebih dikenal sebagai Zombieverse.

Marvel Zombies

Setelah disinggung di komik Ultimate Fantastic Four, Zombiverse lebih di ekplorasi lagi di komik Marvel Zombies karya penulis Robert Kirkman dan ilustrator Sean Phillips pada tahun 2006. Di komik ini wabah zombie pertama kali terjadi ketika zombie Sentry yang datang ke Earth-2149 membawa virus yang membuat siapa pun yang terjangkit menjadi zombie pemakan daging. Saat Sentry mendarat di tengah Kota Manhattan yang padat, para Avengers yang datang menghampiri justru terbunuh dan menjadi zombie.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Wabah kemudian menyebar dengan cepat, menjangkiti para para pahlawan super lainnya dan bahkan entitas kosmik yang tidak bisa menghentikan serangan para zombie, termasuk Colonel America yang merupakan presiden Amerika di Earth-2149, Iron Man, Thor, Moon Knight, Hulk, Wolverine, Thanos, dan bahkan Galactus. Sejak saat itu Marvel Zombies terus mengembangkan ceritanya dengan komik Marvel Zombies 2, Marvel Zombies 3, Marvel Zombies 4, dan Marvel Zombies 5.

Marvel Zombies: Dead Days

Komik Marvel Zombies: Dead Days karya penulis Robert Kirkman dan ilustrator Sean Phillips pada tahun 2007, melanjutkan kisah infeksi zombie dari Marvel Zombies sebelumnya, di mana infeksi sudah menyebar ke seluruh dunia. Beberapa pahlawan super yang masih bertahan berusaha untuk menghindari daratan yang dipenuhi zombie dengan menaiki helicarrier S.H.I.E.L.D. Di sana mereka kemudian menyusun strategi untuk menghentikan penyebaran virus, namun pada akhirnya infeksi tidak bisa dibendung dan mengubah sebagian besar pahlawan super yang tersisa menjadi zombie.

Marvel Zombie Return

Pada tahun 2009, komik Marvel Zombie Return karya penulis Fred Van Lente dan ilustrator Nick Dragotta, melanjutkan kembali kisah Marvel Zombies 2 ketika beberapa super-zombie melakukan teleportasi ke alam semesta yang disebut Earth-91126 alias Earth-Z, untuk menguasai alam semesta tersebut. Akhir komik ini memperlihatkan Watcher dari Earth-91126 mengirimkan Sentry yang terinfeksi dari realitasnya, kembali ke timeline ketika infeksi pertama muncul di Earth-2149. Hal itu menciptakan time loop yang tidak pernah berakhir.

Marvel Zombies: Evil Evolution

Komik Marvel Zombies: Evil Evolution karya Karl Kesel pada tahun 2009, menceritakan crossover antara Marvel Zombies dan Marvel Apes (primata). Komik ini berusaha menjelasakan awal mula zombie yang muncul di komik Marvel Zombies: Dead Days dan Ultimate Fantastic Four. Sama seperti di cerita Marvel Zombie Return, beberapa super-zombie melakukan teleportasi ke alam semesta yang disebut Ape-verse, planet kera yang dilindungi oleh para kera super yang menamai diri mereka Ape-vengers.

Di planet ini kemudian super-zombies dan super-ape saling bertempur, sehingga banyak korban jiwa yang berjatuhan dari kedua belah pihak. Untuk menyelamatkan alam semestanya Gibbon, Gorilla Girl, Ape-X, Speedball, Spider-Monkey, dan karakter lainnya berusaha mengubah sejarah agar Ape-verse dan Zombierse tidak pernah bersinggungan. Mereka berhasil, tetapi Gorilla Girl harus mengorbankan dirinya untuk mengubah sejarah sehingga dia tidak pernah muncul lagi.

Marvel Zombies Supreme

Di komik Marvel Zombies Supreme karya penulis Frank Marraffino dan ilustrator Fernando Blanco pada tahun 2011, untuk pertama kalinya wabah zombie muncul di alam semesta utama Marvel yaitu Earth-616. Cerita dimulai dengan pasukan khusus yang dipimpin Jill Harper memeriksa sebuah fasilitas penelitian di bawah tanah. Jill kaget setelah mengetahui bahwa fasilitas tersebut menyimpan jenis zombie baru yang jauh lebih ganas dari sebelumnya, karena infeksi zombie tersebut telah menjangkiti para anggota Squadron Supreme, tim pahlawan super yang anggotanya seperti Justice League DC. Jill dan timnya kemudian berjuang melawan para super-zombie tersebut sebelum menyebar ke permukaan Bumi.

Marvel Zombies Destroy!

Marvel Zombies Destroy! karya penulis Frank Marraffino dan ilustrator Mirco Pierfederici pada tahun 2012, meceritakan kisah zombie yang berbeda dari sebelumnya. Kisah komik ini dimulai dengan Dum Dum Dugan yang bermimpi dikelilingi oleh tentara yang tewas di medan perang Perang Dunia II. Setelah terbangun, dia menemukan Howard the Duck di apartemennya, yang meyakinkan untuk mengikutinya ke markas A.R.M.O.R. Di sana Howard kemudian menunjukkan kepada DDD slide dari alam semesta earth-12591 di mana Nazi memenangkan Perang Dunia II dengan menyebarkan wabah zombie.

Sekarang setelah Nazi mengambil alih seluruh planet tersebut, mereka ingin memperluas alam kekuasaannya dengan menginvasi alam semesta lain. Howard kemudian mengajak DDD bergabung dengan tim khususnya Ducky Dozen, yang akan melakukan misi untuk menghentikan Nazi zombie tersebut. Setelah DDD menerima tawarannya mereka pun berangkat ke earth-12591 dan membasmi zombie di sana.

Secret Wars

Mungkin tidak banyak yang tahu bawah komik Secret Wars pada tahun 2015, menyisipkan Marvel Zombies di ceritanya. Sementara Secret Wars menceritakan perang antar universe, komik ini menawarkan dua cerita Marvel Zombies. Yang pertama adalah kisah “Marvel Zombies”, di mana karakter Elsa Bloodstone mendapatkan tugas untuk menjaga segerombolan zombie yang mengamuk di Battleworld. Yang kedua adalah kisah “Marvel Zombies vs Age of Ultron” karya James Robinson, Steve Pugh, dan Ron Garney, di mana Hank Pym bersama beberapa pahlawan super lainnya harus melawan pasukan robot Ultron sekaligus dan pasukan Marvel Zombies sekaligus

Marvel Zombies: Resurrection

Di komik Marvel Zombies: Resurrection karya penulis Phillip Kennedy Johnson dan ilustrator Leonard Kirk pada tahun 2020 lalu, para pahlawan super yang terdiri Avengers, X-Men, dan Fantastic Four menemukan mayat Galactus yang terombang-ambing di ujung tata surya Bumi. Setelah diteliti ternyata tubuh tersebut membawa virus zombie yang mengubah para pahlawan menjadi super-zombie. Beberapa tahun kemudian, pahlawan super yang tersisa, termasuk Spider-Man, Blade, Wolverine, Magik, dan yang lainnya berusaha bertahan hidup dan menemukan fakta bahwa penyebab wabah zombie tersebut adalah ras Brood yang telah berhasil menduduki tubuh Galactus.

Zombies Ansemble

Komik Zombies Ansemble karya Yusaku Komiyama dan Jim Zub pada tahun 2017 ini, merupakan salah satu manga Marvel yang cukup terkenal. Komik ini melanjutkan kisah Marvel Zombies, di mana para Avengers bersatu dan mencoba menyelamatkan Bumi dari kehancuran yang disebabkan oleh wabah zombie. Sementara beberapa pahlawan mulai berubah menjadi super-zombie, pahlawan yang masih hidup menemukan fakta bahwa penjahat misterius bernama Jasper Scott, yang mengaku mempunyai penawar zombie. Sejak saat itu, sambil betarung melawan serangan zombie, para pahlawan yang tersisa mencoba untuk mengungkap identitas asli Scott dan penawar zombie yang dia bawa.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.