Serial animasi What If baru saja menayangkan episode 4-nya kemarin, dan terungkap bahwa Doctor Strange bisa menjadi sangat jahat demi orang terkasihnya. Dia melakukan segala cara demi menghidupkan kekasihnya yang bernama Christine Palmer, bahkan Strange bersedia menyerap energi kegelapan agar dirinya menjadi lebih hebat dari sebelumnya. Sementara banyak penggemar yang menyadari bahwa ada yang aneh dengan Doctor Strange di Spider-Man: No Way Home, apakah Doctor Strange tersebut adalah Doctor Strange Jahat dari serial animasi What If yang mencari alam semesta baru?

What If…? episode 4 memperlihatkan kepada penggemar realitas alternatif Doctor Strange yang harus kehilangan Palmer dalam sebuah kecelakaan tragis. Untuk lari dari kesedihannya dia menjadi seorang penyihir mystic art dan menjadi Sorcerer Supreme yang menjaga Eye of Agamotto. Dengan Agamotto, dia melakukan perjalan waktu untuk membatalkan takdir kematian Palmer, tetapi apa pun yang dia lakukan kematian kekasihnya tersebut tidak bisa dihindari. Sampai akhirnya Strange jatuh ke dalam kegelapan untuk sebuah kekuatan besar yang menyebabkan alam semestanya runtuh.

Di sisi lain, seorang Doctor Strange menawarkan bantuan kepada Peter Parker untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya. Namun, untuk membantu Peter, Strange justru menggunakan sihir terlarang yang menyebabkan masalah multiverse. Banyak penggemar yang merasa bahwa Strange di No Way Home bertindak tidak seperti biasanya. Meskipun sudah dilarang oleh orang yang paling dia percayai yaitu Wong, Strange tetap memaksakan kehendaknya untuk menggunakan sihir terlarang, sama seperti Doctor Strange jahat di What If yang melakukan segala cara untuk melawan kematian. Ada kemungkinan bahwa mereka adalah karakter yang sama yaitu Evil Doctor Strange!

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sebagai satu-satunya makhluk yang tersisa, ada kemungkinan setelah alam semestanya runtuh dan menghilang, Evil Strange mencari alam semesta baru dan menemukan Sacred Timeline sebagai tempat berlabuhnya. Hal itu karena, di alam semesta baru, Christine Palmer masih hidup seperti cita-citanya selama ini. Namun untuk melakukan itu, dia telah melanggar paradoks waktu karena jadi ada dua Doctor Strange di alam semesta yang sama. Dari sini pertama kalinya Evil Strange melakukan hal jahat di Sacred Timeline dengan mengalahkan Doctor Strange asli dan mengurungnya, sebelum Spider-Man datang meminta bantuannya.

Seperti yang terjadi di What If…? episode 4, Doctor Strange baik tidak akan bisa mengalahkan Evil Strange yang telah menyerap banyak kekuatan kegelapan, bahkan sampai mengubahnya menjadi monster. Hal yang sama bisa terjadi di Sacred Timeline, di mana Doctor Strange telah kalah dan dikurung di suatu tempat rahasia yang hanya Evil Strange yang tahu, yaitu di alam semesta lama Evil Strange yang telah runtuh. Kehadiran Evil Strange yang pada dasarnya memang Doctor Strange, menjawab mengapa tidak ada yang sadar akan keanehan ini di No Way Home, termasuk Wong dan Peter Parker.

Di trailernya juga terlihat Spider-Man sempat bersitegang dengan Strange saat berebut artefak kuno berbentuk kotak. Ada kemungkinan yang sedang dihadapi Spider-Man adalah Evil Strange. Jika teori ini benar, kemungkinan Evil Strange akan terus memperkeruh masalah multiverse di Spider-Man: No Way Home, sampai akhirnya Doctor Strange yang asli menemukan cara untuk kembali ke alam semestanya dan membalas perbuatan Evil Doctor Strange. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita buktikan saja nanti kebenarannya saat Spider-Man: No Way Home rilis pada tanggal 17 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.