The Batman adalah salah satu film DC yang paling diantisipasi oleh penggemar. Filmnya akan menceritakan Batman pada tahun keduanya sebagai pembasmi kejahatan. Sementara peristiwanya akan terjadi Earth-2 dan terpisah dari DC Extended Universe, Batman kali ini dipastikan akan menghadirkan berbagai karakter yang terkenal di komiknya, termasuk Oswald Chesterfield Cobblepot yang nantinya akan menjadi penjahat Penguin, anti-heroine Catwoman, dan penjahat Riddler. Namun, ada satu petunjuk yang mengindikasikan kehadiran musuh bebuyutan Batman yaitu Joker!

Joker adalah penjahat super yang terkenal sebagai orang gila yang sangat sadis. Dia mengenakan kostum badut lengkap dengan cat di muka yang membuatnya tampak menyeramkan dan mengintimidasi. Dia sering melakukan kejahatan di Kota Gotham untuk tujuan yang aneh, misalnya untuk membuat semua orang mati tertawa. Dia juga dikenal sebagai penjahat mematikan yang tidak bisa diprediksi, bahkan oleh pahlawan sepintar Batman. Untuk melakukan kejahatanya dia sering dibantu oleh Harley Quinn dan pasukan badutnya yang disebut Joker Gang. Dan kemungkinan mereka akan muncul di The Batman.

Dalam trailer The Batman yang rilis tahun lalu, muncul sebuah adegan yang sepertinya memperlihatkan Joker Gang. Ciri khas Joker Gang adalah mereka selalu mengecat wajahnya agar menyerupai badut sebagai bentuk pengabdiannya kepada Joker. Walaupun pada dasarnya mereka hanyalah kriminal biasa, tetapi jumlah mereka yang banyak sering membuat Batman kewalahan. Ditambah lagi karena bos mereka adalah Joker, sehingga mereka merasa yakin bisa memenangkan pertarungan melawan siapa pun. Walaupun trailer The Batman tidak memperlihatkan secara langsung kehadiran Joker di filmnya, tetapi trailernya cukup jelas menghadirkan Joker Gang. Mereka akan bergerak sesuai perintah Joker, dan tidak mungkin ada jika Joker tidak ada.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Jadi ada kemungkinan Joker baru akan muncul di film The Batman mendatang, atau setidaknya diperkenalkan di beberapa titik kejadian di filmnya. Sebagai contoh bisa saja nanti saat Batman sedang melakukan patroli di Kota Gotham dia tidak sengaja bertemu Joker Gang yang sedang berbuat onar, dan Batman pun berhasil mengalahkan mereka sendirian. Saat Batman pergi, salah satu anggota Joker Gang berhasil lolos dan melapor kepada Joker, di sini Joker baru muncul pertama kali sebagai perkenalan karakternya untuk kemudian muncul pada masa depan waralaba The Batman.

Sebelumnya dikabarkan bahwa rencananya The Batman akan mendapatkan dua sekuel dan satu serial spin-off prekuel yang saat ini sedang dikembangkan. Dengan begitu besar kemungkinan Joker akan muncul pada masa depan waralaba, mengingat Joker sudah seperti belahan jiwa bagi Batman. Batman adalah satu-satunya orang yang memotivasi Joker untuk melakukan semua hal gilanya, begitu juga Joker adalah satu-satunya alasan Batman tidak akan pernah berhenti memerangi kejahatan. Kita nantikan saja kehadiran Joker di The Batman, saat filmnya rilis pada tanggal 4 Maret 2022 mendatang.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.