Vinsmoke Sanji dan Roronoa Zoro merupakan dua anggota kru dari topi jerami yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy. Mereka berdua termasuk karakter awal, dimana Luffy bertemu dengan mereka di awal seri One Piece dimulai. Sanji dan Zoro sama-sama memiliki kekuatan yang dahsyat, yang bisa diandalkan oleh Luffy ketika situasi dalam keadaan genting.

Namun, meski pun mereka berada dalam satu kelompok yang sama tidak jarang mereka saling bertarung. Bahkan, Sanji dan Zoro masuk dalam salah satu rivalitas paling panas dalam cerita One Piece. Mereka biasanya bertarung karena memiliki pandangan yang berbeda dalam suatu hal. Perbedaan inilah yang menjadi akar atau awal dari perselisihan diantara mereka berdua.

Salah satu pertanyaan besar yang muncul kemudian adalah siapa yang paling kuat diantara Sanji dan Zoro? Perlu dicatat bahwa apa yang dibahas di artikel ini bukanlah sebuah hasil yang mutlak. Karena, pada dasarnya masing-masing fans memiliki pandangannya sendiri terkait siapa yang paling kuat. Sanji sendiri memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Zoro.

Zoro vs Sanji - One PiecePertama, Sanji bertarung tidak menggunakan senjata. Dibandingkan dengan Zoro yang menggunakan pedang, Sanji bertarung dengan tangan kosong. Artinya dalam pertarungan satu lawan satu, Sanji bisa dibilang memiliki keuntungan. Kedua, Sanji bertarung dengan menggunakan taktik. Harus diakui, dibandingkan Zoro, kecerdasan Sanji sedikit di atas Zoro.

Hal inilah yang membuat Sanji bertarung lebih efektif dengan memperhitungkan semuanya. Ketiga, Sanji memiliki kecepatan. Dibandingkan Zoro, kecepatan Sanji jauh lebih dahsyat. Dalam pertempuran Wano, Sanji mampu menahan serangan musuh dengan cepat, bahkan sebelum musuh tersebut menggunakan senjatanya. Yang terakhir adalah Observation Haki.

Sanji memiliki Haki Observasi yang sangat luar biasa. Bahkan, kemampuannya ini lebih baik dari Luffy. Sanji bahkan mampu mengetahui di mana letak posisi seseorang dengan Haki tersebut, seperti yang diperlihatkan saat Sanji harus terkena jebakan dari Black Maria. Zoro pun sebenarnya tidak kalah kuat. Dia juga memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki Sanji.

Sanji vs Zoro | Zoro, Anime, One piecePertama, memiliki Haki Penguasa. Tidak semua orang memiliki jenis Haki ini, yang mana artinya Zoro termasuk salah satu “orang terpilih.” Dengan Haki ini, artinya Zoro memiliki kualitas yang di atas rata-rata. Kedua, tidak pandang bulu. Salah satu kelemahan besar Sanji adalah bagaimana dia tidak mampu menghadapi wanita. Sanji memiliki prinsip jika wanita adalah sosok yang harus dilindungi.

Di sisi lain, Zoro justru sebaliknya. Dia melihat wanita tidak kalah mengerikan dibanding pria. Karena itulah dia tetap mengaggap wanita sebagai ancaman. Zoro tidak ragu jika harus menghadapi wanita dalam sebuah pertarungan. Ketiga adalah kemampuan jarak jauh. Dengan teknik pedang miliknya, Zoro mampu menyerang musuh dari jarak jauh sekali pun.

Berbeda dengan Sanji yang menggunakan tangan kosong, artinya jangkauan serangannya tidak sejauh Zoro. Dan yang terakhir adalah Zoro memiliki kekuatan fisik yang dahsyat. Mungkin inilah hal yang membuat Zoro unggul dibandingkan Sanji dan bahkan Luffy. Zoro sering kali diperlihatkan berlatih fisik dengan beban yang sangat berat. Bahkan, Oda menuliskan bahwa hobi dari Zoro adalah berlatih.

One Piece: 7 Momen Ini Bukti Zoro Calon Legenda! | GreensceneSedari kecil, Zoro juga sudah melakukan latihan intensif dan berat yang mana hasilnya bisa dirasakan saat ini. Zoro mampu bertahan dari serangan kuat sekali pun. Dialah pemilik kekuatan fisik paling kuat di kelompok Topi Jerami. Dia bahkan sanggup menahan semua rasa sakit yang diderita oleh Luffy, seperti diperlihatkan di arc Sabaody ketika Kuma memindahkan rasa sakit Luffy agar dia selamat.

Jika itu terjadi pada Sanji, ada kemungkinan bahwa dia tidak akan bertahan dan kemudian tidak sadarkan diri. Jadi, kesimpulannya adalah secara garis besar Zoro dan Sanji memiliki kekuatan yang hampir setara. Namun, Zoro memiliki keunggulan dalam satu hal yang tidak dimiliki Sanji yaitu kekuatan fisik. Sehingga, jawaban dari pertanyaan besar siapa yang lebih kuat diantara mereka, maka jawabannya adalah Zoro.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.