Arc Wanokuni disebut-sebut merupakan arc yang paling besar sepanjang cerita One Piece sejauh ini. Di arc ini, ada banyak sekali cerita menarik yang muncul, tidak terkecuali berbagai rahasia besar yang baru terungkap. Yang juga tidak kalah menarik adalah keterlibatan dua Yonko, Big Mom dan Kaido, dalam arc ini di mana mereka diperlihatkan bertarung melawan Luffy dan aliansinya.

Pertanyaan kemudian muncul, bagaimana dengan kedua Yonko lainnya, Shanks dan Blackbeard? Banyak spekulasi beredar dan juga teori yang menyebutkan jika Blackbeard akan muncul dan mengacaukan peperangan tersebut. Namun, berdasarkan apa yang ditunjukan di chapter sebelumnya sepertinya Blackbeard tidak akan ikut campur dalam perang ini.

Blackbeard sepertinya lebih senang untuk memperhatikan peristiwa ini dari jauh, melakukan observasi dan bersenang-senang. Mungkin dia juga sadar bahwa kekuatannya masih belum cukup kuat untuk bertarung melawan sekian banyak musuh, ditambah lagi dia harus menghadapi dua orang Yonko sekaligus di satu tempat.

Blackbeard adalah orang yang rasional dan penuh strategi, jika dia merasa bahwa dia akan kalah bisa jadi dia tidak akan terlibat dalam pertarungan tersebut. Bagaimana dengan Shanks? Shanks merupakan salah satu karakter yang sangat diharapkan untuk bisa ikut bergabung bersama Luffy menghadapi Kaido dan Big Mom.

Meskipun Luffy saat ini mendapatkan “bantuan” dari para Gifters dan Pleasures, perbandingan jumlah pasukan mereka masih sangat jauh. Juga, meskipun beberapa karakter kuat sudah muncul seperti Marco dan Izo, tetapi kemunculan Shanks tentunya bisa membalikan keadaan. Karena itulah para fans berharap Shanks bisa muncul dan ikut bertempur bersama Luffy. Namun, kecil kemungkinan bahwa Shanks akan pergi ke Wano.

Jika Shanks muncul sebagai kejutan di akhir peperangan, maka momen itu akan mengulang momen yang sama dengan perang besar di Marineford. Oda Sensei tentunya tidak ingin sebuah peristiwa terjadi dua kali, oleh karena itulah Shanks kemungkinan tidak akan pergi kesana. Lagipula, Shanks sebelumnya diperlihatkan pergi ke Mary Geoise untuk menemui Gorosei.

Dia hendak mendiskusikan tentang seorang “bajak laut tertentu” yang dianggap sangat berbahaya. Sampai saat ini kita tidak mengetahui atau tidak ada petunjuk tentang siapa sosok yang dimaksud oleh Shanks. Tetapi, banyak yang menduga jika Blackbeard adalah sosok tersebut. Dengan asumsi bahwa bajak laut yang dimaksud adalah Blackbeard, Shanks kemungkinan akan mengibarkan bendera perang terhadap Blackbeard.

Im juga sepertinya tidak terlalu menyukai sosok Blackbeard, terbukti dari foto posternya yang disobek bersama dengan foto Luffy. Berdasarkan hal ini, kemungkinan Shanks akan mendapatkan bantuan dari pihak angkatan laut. Memang sudah lama Shanks mengkhawatirkan sosok Teach, yang dianggapnya merupakan sosok yang berbahaya.

6 Pertarungan Shanks yang Tak Pernah Diperlihatkan di Manga atau Anime! | Dunia GamesHal ini dibuktikan dengan Shanks yang pergi menemui Whitebeard dan meminta untuk menarik mundur Ace. Dia sadar bahwa kekuatan Ace masih belum cukup kuat untuk bertarung melawan Teach. Pertempuran besar antara Shanks dan Blackbeard juga menjadi salah satu teori yang berkembang di kalangan fans.

Teori tersebut menyebutkan jika keduanya akan bertarung di saat-saat terakhir menuju pulau Laugh Tale. Dan salah satu diantara mereka kemudian akan menjadi satu rintangan terakhir bagi Luffy untuk menjadi seorang raja bajak laut. Jika memang pertempuran epik ini akan terjadi, mudah-mudahan saja Oda Sensei akan menampilkan pertarungan ini, dan tidak diceritakan secara off-screen. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Blackbeard dan Shanks akan bertemu dan beradu kemampuan di masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.