Seperti yang kita ketahui, di wilayah Wano terdapat beberapa klan yang dianggap terhormat. Contohnya adalah klan Shimotsuki. Namun, dari sekian banyak klan terhormat tersebut, salah satu dari mereka ada yang ditunjuk sebagai pemimpin. Dan pemimpin sah Wano saat ini adalah klan Kozuki, yang juga dikenal sebagai klan yang menciptakan Poneglyph.

Eiichiro Oda juga adalah salah satu mangaka yang sangat memperhatikan detail. Hampir setiap cerita yang dia suguhkan di seri One Piece, selalu memiliki petunjuk-petunjuk tentang cerita selanjutnya yang Oda simpan dalam berbagai detail, misalnya sebagai salah satu figuran, terletak di desain pakaian, dan sebagainya. Ada banyak bukti bagaimana kecerdasan seorang Oda Sensei untuk membuat sebuah detail.

Salah satu yang menarik adalah tentang klan Kozuki dan juga kebangkitan Momonosuke. Mungkin tidak banyak Geeks yang mengetahui bahwa sebenarnya ada kemungkinan Oda Sensei sudah sejak lama memberikan petunjuk mengenai klan Kozuki dan bangkitnya kekuatan dari Momonosuke. Di chapter 959 kita bisa melihat bagaimana Luffy mengenai armor Kabuto yang dididapatkan dari Tenguyama Hitetsu.

Yang menarik, sebenarnya armor yang dikenakan oleh Luffy tersebut pernah muncul jauh-jauh hari sebelumnya dalam sebuah gambar sampul di chapter 310 yang berjudul “Groggy ring!!” Dalam gambar sampul tersebut terihat Luffy, Usopp, dan Robin mengenakan kostum tradisional. Dan Luffy mengenakan baju armor yang sama yang dia kenakan di chaper 959.

Jika diperhatikan dari dekat, terdapat sebuah pola berbagai lingkaran dan terdapat burung di dalamnya. Pola tersebut tidak lain mirip dengan pola dari lambang klan Kozuki. Chapter 310 sendiri dirilis pada 16 Februari 2004, yang artinya chapternya sudah dirilis 15 tahun yang lalu. Maka, artinya Oda Sensei sudah memberikan kita petunjuk tentang klan Kozuki sejak 15 tahun yang lalu.

Dan yang lebih menariknya lagi, dalam gambar sampul di chapter 310 tersebut, bukan hanya memberikan kita petunjuk mengenai klan Kozuki. Jika dilihat, di belakang Luffy terdapat naga pink berwarna besar, yang mirip dengan Awakening dari buah iblis milik Momonosuke. Artinya, kita juga akan melihat Momo membangkitkan buah iblis, yang mana sudah diberikan petunjuknya oleh Oda Sensei sejak 15 tahun yang lalu!

Di chapter 1021 kemarin, kita sudah melihat bagaimana Momo meminta bantuan Shinobu untuk membuatnya dewasa. Apakah hal tersebut akan terwujud? Kita nantikan saja di chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.