Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya terselenggara dengan cukup meriah. Setelah menunggu cukup lama akibat dampak pandemi Covid-19 akhirnya event rutin ini dimulai dengan menggunakan protokol kesehatan yang berlaku. Nah sambil mengikuti Olimpiade Tokyo 2020, ada beberapa anime yang juga bisa menemani kalian yang gemar menonton pertandingan olahraga. Nah berikut adalah 7 anime bertema olahraga yang wajib kalian tonton. Apa saja? Simak di bawah  ini ya!

Haikyuu!!

Haikyuu merupakan serial bertema olahraga voli tingkat SMA. Serial ini sangat sukses hingga karena mengusung tema menarik dan cukup realistis. Manga dari serial Haikyuu telah tamat beberapa tahun lalu, sedangkan untuk animenya masih akan melanjutkan di season 5 yang hingga sekarang masih belum terkonfirmasi kapan akan tayang. Serial ini menceritakan klub bola voli SMA Karasuno, sebuah klub bola voli paling kuat pada masanya. Namun seiring berkembangnya zaman, Karasuno kehilangan kekuatannya dan jarang memenangkan pertandingan.

Ditengah keterpurukan, mereka bangkit untuk menjadi salah satu tim kuat lagi seperti dulu dengan memenangkan kejuaran bola voli nasional dan mengalahkan lawan-lawannya. Karena berfokus pada voli, para penggemar akan sangat jarang melihat hal-hal yang berbau drama dan percintaan. Bahkan kalian juga bisa belajar berbagai peraturan dasar olahraga voli dari serial anime ini dengan baik. 

Kuroko no Basuke

Kuroko no Basuke merupakan serial anime bertemakan olahraga basket tingkat SMA. Serialnya menceritakan tentang klub basket SMA Seirin yang memiliki impian memenangkan pertandingan bola basket tingkat SMA dan menjadi yang terkuat di Jepang. Namun dua tokoh utama dalam serial ini yaitu Kuroko dan Kagami, memiliki niatan untuk mengalahkan Generasi Keajaiban untuk menyadarkan mereka semua agar tidak sombong dalam bermain basket. Mereka berdua sengaja bermain di klub Seirin untuk mengalahkan para Generasi Keajaiban dan juga menjadikan Seirin juara di turnamen basket nasional.

Generasi Keajaiban merupakan lima orang yang memiliki kemampuan basket hebat. Mereka adalah teman Kuroko semasa SMP dan telah membuat SMPnya, Tekko, menjadi sekolah yang memiliki klub basket terkuat. Selain bisa menikmati pertandingan basket, kalian juga bisa melihat beberapa teknik yang sangat mustahil bisa diterapkan di dunia nyata.

Free!

Free adalah sebuah serial anime yang bertemakan olahraga renang. Serialnya menceritakan tentang tokoh utama bernama Haruka Nanase, yang merupakan seorang perenang tingkat SMA dan memiliki bakat alami yang luar biasa di cabang olahraga renang sejak dulu. Nanase memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali klub renang SMA Iwatobi yang telah lama tidak beroperasi. Usahanya itu juga dibantu oleh teman-temannya yang lain. Ia juga berusaha menjadikan klub renang SMA mereka menjadi juara di Turnamen renang nasional.

SK8 The Infinity

Serial SK8 The Infinity membahas mengenai olahraga skateboard yang berlangsung di jenjang SMA. Serialnya menceritakan Reky Ryan, seorang penggila Skateboard yang mengikuti kompetisi skateboard jenjang SMA. Anime satu ini juga menceritakan kehidupan jalanan para penggila skateboard dan juga membahas hal-hal keren mengenai olahraga satu ini. Banyak yang tidak mengetahui bahwa skateboard adalah salah satu cabang olahraga, sehingga anime ini bisa memperkenalkan lebih mendalam mengenai skateboard dan peraturan yang ada di dalam olahraga tersebut.

Iwa Kakeru

Iwa Kakeru merupakan serial anime yang membahas mengenai panjat tebing. Tokoh utama dalam serialnya adalah seorang gadis cantik bernama Konomi Kasahara yang sangat menyukai olahraga panjat tebing. Konomi berusaha mengangkat kembali klub panjat tebing SMA khusus perempuan agar bisa memenangkan kejuaran nasional. Serial ini juga membahas mengenai perjuangan, kerja keras, dan lain-lain demi mendapatkan gelar juara olahraga panjat tebing di tingkat SMA.

Prince of Tennis

Prince of Tennis adalah sebuah serial yang mengangkat tema olahraga tenis tingkat Perguruan Tinggi. Prince of Tennis menceritakan tentang seorang remaja bernama Ryoma Echizen, yang sangat menyukai olahraga tenis sejak dulu hingga sekarang. Itulah sebabnya dia berusaha untuk membuat timnya memenangkan kejuaraan tenis tingkat nasional bersama dengan timnya. Selain menceritakan olahraga tenis dengan cukup kompleks, serial ini juga memiliki alur cerita yang sangat unik. Sehingga kalian bisa merasakan pengembangan setiap karakter yang terjadi di dalamnya.

Pedal Yowamushi

Pedal Yowamushi merupakan serial anime yang memiliki tema olahraga bersepeda. Serial satu ini menceritakan tentang Onoda yang sangat menyukai aktivitas bersepeda. Bersama dengan teman-temannya, Onoda berusaha agar bisa memenangkan kejuaraan olahraga bersepeda tingkat SMA. Awalnya Onoda tidak begitu mengenal teman-teman satu klubnya, namun seiring berkembangnya cerita, Onoda memiliki banyak teman yang percaya pada kemampuannya bersepeda. Serial ini selain memperlihatkan sisi perjuangan yang keras dalam olahraga bersepeda, dan menyajikan tema persahabatan yang cukup menarik.