Apakah Who’s Who sebelumnya pernah bertarung melawan Shanks, jauh sebelum peristiwa yang terjadi 12 tahun yang lalu? Mengapa Who’s Who sangat membenci Shanks? Di chapter 1017 kemarin, kita mengetahui fakta mengejutkan tentang Who’s Who yang dahulunya merupakan bagian dari CP9 dan juga bagaimana dia harus dipenjara karena kehilangan benda yang seharusnya dia jaga, yang tidak lain adalah buah iblis Gomu Gomu.

Di chapter 1018, Jinbe kemudian bertanya kepada Who’s Who apakah artinya dia membenci Luffy karena sudah memakan buah iblis yang seharusnya dia jaga. Namun, dia mengatakan bahwa dia tidak membenci Luffy. Dia hanya kesal dan benci dengan sosok Shanks. Mengapa Who’s Who memiliki kebencian mendalam terhadap Shanks? Inilah yang masih menjadi pertanyaan besar sampai sekarang.

Apakah semuanya karena peristiwa Shanks mencuri buah iblis Gomu Gomu? Bisa jadi. Alasan ini memang masuk akal, karena pasca kejadian tersebut Who’s Who harus dipenjara. Dia harus dikurung selama beberapa waktu sampai kemudian dia kabur. Bisa jadi, Who’s Who dendam terhadap apa yang sudah Shanks lakukan selama ini terhadapnya.

Namun, terdapat sebuah spekulasi menarik bahwa ada kemungkinan bahwa Who’s Who dan Shanks sebenarnya sudah sejak lama menjadi rival. Who’s Who adalah rival lainnya dari Shanks, selain Dracule Mihawk. Hal ini didasari aura kebencian yang dikatakan sangat mirip dengan rivalitas yang terjadi sebelumnya terhadap karakter lain. Contohnya Garp dan Don Chinjao.

Hal ini juga didukung dengan dialog yang muncul dari Who’s Who saat berbicara dengan Jinbe. Dalam dialognya, pembahasan tentang Shanks selalu membuat ekspresi Who’s Who berubah. Dalam dialog tersebut seolah tersirat bahwa dia memiliki kebencian yang sangat mendalam terhadap sosok Shanks, yang mana sepertinya kebencian tersebut terbentuk bukan hanya dalam waktu sebentar.

Does GARP have Conqueror's Haki? - QuoraHal ini juga banyak dirasakan oleh para fans lainnya, yang merasa bahwa terdapat semacam “aura” kebencian yang muncul dari Who’s Who saat berbicara tentang sosok Shanks. Mungkin, di chapter yang akan datang kita akan melihat sebuah flashback ketika Shanks berhasil mengalahkan Who’s Who, jauh sebelum dia mencuri buah iblis Gomu Gomu dari pengawasannya.

Bisa jadi semua rivalitas ini terjadi sebelum Shanks menjadi salah satu penguasa samudera alias Yonko – atau mungkin juga setelahnya. Kebencian ini bisa jadi mirip seperti halnya Moria dan Kaido, di mana Moria sangat membenci Kaido karena sudah mengalahkannya dan membubarkan krunya. Ini juga yang mungkin terjadi pada Who’s Who dan Shanks, yang mana faktanya Shanks jauh lebih kuat dari Who’s Who. Bagaimana menurut kalian Geeks? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.