Pertempuran di Onigashima dalam arc Wanokuni disebut-sebut merupakan perang atau pertempuran terbesar yang pernah muncul dalam cerita One Piece, melebihi epiknya perang dahsyat di Marineford. Setidaknya untuk saat ini. Perang di Onigashima sendiri memperlihatkan para samurai Wano dengan kelompok Topi Jerami dan beberapa aliansi lainnya untuk mengalahkan Kaido, yang menguasai seluruh Wano, beserta Big Mom.

Ada banyak karakter hebat dan luar biasa yang terlibat dalam perang besar di Onigashima ini. Sehingga wajar memang jika kemudian pertempuran ini menjadi pertempuran paling masif untuk saat ini di seri One Piece. Dan biasanya, para karakter hebat ini memiliki nilai buruan yang besar. Berikut adalah deretan karakter dengan nilai buruan terbesar yang ada di Onigashima.

Eustass Kidd – 470.000.000 Belly

Salah satu dari Worst Generations ini merupakan sosok bajak laut yang kuat. Dia memiliki kekuatan buah iblis di mana dia bisa menarik seluruh benda-benda terbuat dari besi dan menjadi senjatanya. Tangannya seolah menjadi magnet. Dia juga mampu melemparkan atau menghalau objek berupa besi. Peran Kidd dalam pertempuran ini cukup krusial.

One Piece: Pirate Warriors 4 Adds Eustass Kid as a Playable Character - SiliconeraNilai buruan Kidd saat ini adalah 470 juta Belly, menjadi yang paling bawah diantara karakter lainnya. Namun, tentunya seperti yang banyak diyakini oleh para fans bahwa nilai ini akan bertambah setelah arc Wano selesai. Saat ini, Kidd sendiri sedang bersiap untuk bertarung melawan Big Mom yang dibantu oleh Trafalgar Law.

Trafalgar Law – 500.000.000 Belly

Selain Kidd, Law juga memiliki peran yang krusial di pertempuran Onigashima ini. Dialah yang sudah menyelamatkan Zoro ketika dia sekarat, pasca terkena serangan Kaido dan kehabisan tenaga. Law juga merupakan “otak” dari penyerangan ke Onigashima. Law benar-benar banyak berkontribusi dalam pertempuran ini, mengingat dia sangat ingin mengalahkan Kaido.

Void Century | onbshounenNilai buruan Law sendiri saat ini adalah 500 juta Belly. Law sekarang sudah menjadi bagian dari aliansi besar Luffy. Law merupakan sosok yang cerdas, dimana dia memiliki rencananya sendiri untuk mengalahkan Kaido. Setelah semuanya selesai, nilai buruan dari Law diprediksi akan meningkat cukup drastis.

Izo – 510.000.000 Belly

One Piece Chapter 962 Theory: Why young Izo was Introduced - PiunikaWebIzo merupakan salah satu karakter yang nilai buruannya baru diketahui baru-baru ini. Sebelumnya, nilai buruan Izo sendiri masih misterius. Namun, dalam Vivre Card yang baru dirilis kemarin kemudian mengungkapkan berapa sebenarnya nilai buruan Izo yang ternyata cukup tinggi, yaitu 510.000.000 Belly. Izo saat ini harus bersedih karena dia harus kehilangan adiknya yaitu Kikunojo.

Charlotte Perospero – 700.000.000 Belly

Anggota dari keluarga Charlotte selanjutnya adalah Charlotte Perospero. Dia adalah anak tertua dari klan Charlotte dan juga memegang jabatan sebagai menteri permen (Minister of Candy). Perospero memiliki kekuatan untuk mengendalikan makanan khususnya permen. Perospero bisa mengendalikan permen sesuka hatinya dan membuat sesuatu yang fenomenal.

ON HIATUS — Headcanon for Cracker's, Perospero's and...Kemunculan Perospero di Onigashima sebenarnya di luar dugaan. Perospero sengaja datang ke Onigashima, pada awalnya karena dia tidak setuju dengan kerja sama dengan Kaido. Namun, kemudian dia pun pada akhirnya mengikuti keinginan Big Mom. Saat ini, Perospero tidak sadarkan diri setelah terkena serangan dari Sanji.

Jack The Drought – 1.000.000.000 Belly

Jack the Drought merupakan anggota dari bajak laut Beast yang berafiliasi dengan salah satu Yonko lainnya yaitu Kaido. Dia adalah salah satu dari tiga All-Stars Kaido. Dengan kekuatan yang dia miliki dan menjadi anak buah dari Kaido, bajak laut paling kuat di dunia dan juga merupakan hewan buas paling kuat di dunia, rasanya wajar jika Jack memiliki nilai buruan yang mencapai 1 milliar Belly.Five Facts About Morgan the Axe Hand in One Piece | Dunia GamesKekuatan yang dimiliki Jack memang tidak terlalu menonjol ataupun terlalu luar biasa jika dibandingkan All-Stars lainnya. Dia mampu berubah wujud menjadi seekor mammoth raksasa berkat buah iblis Zou Zou no Mi yang dia konsumsi. Meskipun begitu, daya hancur belalainya mampu hancurkan satu kota serta kekuatan fisiknya sangat mengerikan. Dia juga mampu bertarung melawan Nekomamushi dan Inuarashi dalam pertempuran di atap istana Kaido.

Queen The Plague – 1.320.000.000 Belly

Queen merupakan anggota lainnya dari bajak laut Beast. Queen memang jarang diperlihatkan bertarung dalam ceritanya. Tapi, kita sudah diperlihatkan bahwa Queen mampu menahan Haki Haoshoku milik Luffy. Selain itu, dengan buah iblis zoan Brachiosaurus, dia mampu membuat Big Mom tidak sadarkan diri dengan teknik Brachio Bomb miliknya.

Berdasarkan hal tersebut, tentunya kita bisa membayangkan sekuat apa Queen. Selain kemampuan bertarung, sebenarnya keahlian Queen lainnya adalah kecerdasannya dalam merakit senjata. Hampir semua teknologi dan senjata mengerikan yang digunakan dibuat dan dirancang oleh Queen. Hal ini termasuk peluru racun yang ditembakan di penjara Udon. Dalam pertarungan melawan Sanji di chapter 1018 kemarin, kita melihat bagaimana mode “hybrid” dari Queen yang sangat mengerikan.

Marco The Phoenix – 1.374.000.000 Belly

Setelah sempat menjadi misteri, akhirnya para fans mengetahui berapa jumlah nilai buruan Marco dari peluncuran Vivre Card terbaru yang dirilis pada 3 Juli kemarin. Melalui Vivre Card terbaru tersebut, Oda Sensei merilis nilai buruan dari beberapa karakter yang masih misterius mengenai nilai buruannya. Mereka adalah Marco the Phoenix, Izo, Belobety, Lindbergh, Karasu, dan Morley.

One Piece Drops Curious Wano Teaser Thanks to MarcoNilai buruan ini sedikit lebih tinggi dibandingkan All-Stars. Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah nilai buruan ini berlaku sebelum time-skip atau justru setelah time-skip – lebih tepatnya setelah pertempuran besar di Marineford. Yang juga membuat sebagian fans kecewa adalah ternyata angkanya tidak memenuhi ekspektasi mereka di mana Marco merupakan pemimpin dengan ribuan anak buah.

Monkey D. Luffy – 1.500.000.000 Belly

Sebagian mungkin ada yang menyangka dan sebagian mungkin juga ada yang tidak menyangka jika Luffy akan mendapatkan nilai buruan sebesar itu dalam waktu yang relatif singkat. Sebelum mendapatkan nilai buruan yang sangat besar, Luffy hanyalah anak kecil biasa yang hidup dengan mimpi yang besar yaitu menjadi raja bajak laut.

One Piece Cosplay Gives Luffy's Wano Look A Fem MakeoverMotivasi tersebut yang selalu membuat Luffy melakukan apa yang orang anggap tidak mungkin. Luffy sebenarnya adalah contoh, bahwa nilai buruan hanyalah sekedar angka. Terbukti sudah berapa karakter yang memiliki nilai buruan lebih besar darinya dan juga lebih kuat darinya berhasil dikalahkan oleh Luffy. Namun, hal ini juga menunjukan bagaimana kemampuan dan kekuatan Luffy sebagai calon dari raja bajak laut.

Big Mom – 4.388.000.000 Belly

Charlotte Linlin atau yang dikenal sebagai Big Mom, adalah sosok lainnya yang memiliki titel Yonko dalam cerita One Piece dari generasi lama. Dia merupakan kapten dari bajak laut Big Mom dan menguasai banyak wilayah di Grand Line. Kekuatan Linlin benar-benar sangat luar biasa, dimana dia diketahui pernah membunuh seorang raksasa hanya ketika usianya masih 5 tahun.

One Piece Dangles a Big Mom Mystery with Latest ChapterSelain itu, di usianya yang masih kecil, Linlin sudah memiliki nilai buruan sekitar 50 juta Belly. Ketika dewasa, dia mampu menghabisi siapapun yang menghalangi jalannya. Dia bahkan mampu menandingi kekuatan dari Kaido. Nilai buruan dari Big Mom sendiri sekarang sudah menjadi sangat besar, yaitu 4.388.000.000 Belly. Nilai ini tentunya sudah berkembang sangat jauh sejak dia masih memiliki nilai buruan 50 juta Belly.

Kaido 4.611.100.000 Belly

Kaido dikenal sebagai makhluk paling kuat yang ada di dunia One Piece. Dia merupakan kapten dari bajak laut Beast, dan saat ini menjadi pemimpin dari negara Wano. Sebagai salah satu dari empat penguasa samudera, tentunya kekuatan Kaido tidaklah main-main. Selama ini, Kaido tidak bisa dibunuh atau tidak bisa dilukai. Satu-satunya orang yang pernah melukai Kaido adalah Kozuki Oden.

Teori Baru Menyebut Bukan Luffy yang Kalahkan Kaido di One PieceKekejaman Kaido sebagai seorang bajak laut juga menjadikannya sebagai sosok yang berbahaya. Dan kemampuannya untuk hidup kekal juga menjadi sebuah kemampuan yang mengerikan. Hal inilah yang membuat Kaido memiliki nilai buruan yang berada di atas Big Mom dengan jumlah 4.611.100.000 Belly.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.