Para Power Rangers sudah melihat berbagai karakter yang jauh lebih lebih memiliki kekuatan dibandingkan mereka, mulai dari Guardians of Eltar dengan armor mereka yang luar biasa dahsyat sampai versi gelap dari diri mereka masing-masing. Para Power Rangers tersebut mungkin baru menemukan kemampuan mereka di masa sekarang, namun berbeda halnya dengan Rita Repulsa.

Dalam cerita Power Rangers Unlimited: Edge of Darkness, terungkap bahwa Rita Repulsa pertama kali mengetahui kemampuan dahsyatnya dalam hal penyembuhan sejak ribuan tahun yang lalu. Pada zaman dahulu, Lady Fienna dan putrinya, Rita, kabur dari kejaran Master Vile dan para Tenga Warriors. Pasukan dari Dark Specter pun dikirim untuk menculik Rita sehingga dia bisa digunakan sebagai persembahan untuk ritual yang akan membuat Rita menjadi wadah bagi sang arwah jahat.

Beruntung, Zordon mengirim Phantom Ranger untuk membantu mereka dan Phantom Ranger tersebut berhasil membawa mereka ke tempat yang aman. Sayangnya, dalam upayanya tersebut sang Phantom Ranger harus terluka parah, yang mana hal itu membuat Grid Energy dalam dirinya berada dalam tahap berbahaya. Pada saat itu, yang bisa dilakukan oleh Rita adalah melihat ibunya menggunakan kemampuan sihir.

Tujuannya tentu untuk menyembuhkan luka milik Zordon. Yang menarik, ketika Rita kemudian menaruh tangannya di tempat luka yang diderita Zordon, serta dia mengeluarkan berbagai kata-kata yang positif, lukanya dengan cepat membaik. Dengan dukungan dari sang ibu, Rita menggunakan kemampuan sihirnya untuk mengembalikan kondisi Phantom Ranger.

Phantom Ranger yang terluka tersebut pada akhirnya berhasil disembuhkan oleh Rita. Ketika berbicara dengan Fienna, sang Phantom Ranger benar-benar kagum dengan kemampuan Rita, meskipun Lady Fienna sendiri tidak heran bahwa Rita memiliki kemampuan tersebut. Lady Fienna dan suaminya – yang kemudian berubah menjadi Master Vile – membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari Morphin Grid.

Pada akhirnya, mereka pun menemukan cara untuk bisa terhubung dengan Morphin Grid, dan melihat berbagai kemungkinan masa depan dari anak perempuannya. Ketika Master Vile melihat masa depan buruk dari sang putri – seperti yang kita ketahui saat ini – lain halnya dengan Lady Fienna, di mana dia melihat Rita Repylsa sebagai seorang penyihir yang baik seperti dirinya.

Dengan kemampuan luar biasa yang diperlihatkan oleh Rita, tidak heran memang jika kemudian dia bisa menjadi sosok ahli sihir terhebat dan juga menjadi sosok yang bisa menyembuhkan siapa pun. Meskipun harus disayangkan bahwa Rita pada akhirnya berubah menjadi jahat, namun jauh di dalam dirinya Rita pasti masih memiliki kemampuan tersebut.

Rita Repulsa adalah villain yang sangat ikonik yang pernah dihadapi oleh Mighty Morphin Power Ranger. Dialah orang yang mengirimkan berbagai monster jahat dan mengerikan ke bumi. Rita Repulsa tentunya bisa menjadi sosok yang sangat berguna bagi Power Ranger dan menjadi penyihir yang jauh lebih baik dibandingkan saat ini. Namun, pada akhirnya Rita lebih memilih untuk menjadi sosok yang diinginkan oleh sang ayah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.