Apa yang yang terjadi jika bukan Luffy yang memakan buah iblis Gomu Gomu, melainkan Shanks? Apakah Shanks akan sekuat Luffy? Saat pertama kali buah iblis Gomu Gomu diperkenalkan di awal chapter pada arc Romance Dawn, semuanya nampak biasa saja. Tidak ada hal yang terlihat istimewa dari buah iblis yang dimiliki oleh kelompok bajak laut Shanks tersebut.

Dalam arcnya kemudian diketahui bahwa kelompok bajak laut Shanks mendapatkan buah iblis Gomu Gomu tersebut setelah mereka mencurinya dari kapal musuh. Pada awalnya, para fans berpikir bahwa yang dimaksud oleh Lucky Roo adalah kapal bajak laut. Namun, ternyata pada kenyataannya kapal musuh yang dimaksud bukanlah kapal bajak laut, melainkan kapal Pemerintah Dunia.

Hal ini diketahui di chapter 1017 kemarin, ketika Jinbe bertarung melawan Who’s Who. Menurut Who’s Who, dia bahkan sampai harus dipenjara karena kehilangan buah iblisnya yang dicuri Shanks. Pasalnya, Who’s Who dahulu adalah mantan anggota CP9 yang bertugas untuk menjaga buah iblis tersebut. Buah iblis Gomu Gomu sendiri sekarang menjadi milik Luffy, setelah dia tidak sengaja memakannya.

One Piece Romance Dawn page 20 | Manga anime one piece, One piece manga, One piece chapterMelihat hal ini tentunya menarik untuk berandai-andai apa yang akan terjadi jika kemudian Shanks yang memakan buah iblis Gomu Gomu dan bukan Luffy. Shanks dan keompoknya memang tidak pernah mau memakan buah iblis. Karena, seperti dijelaskan di chapter awal, menjadi bajak laut dan kehilangan kemampuan berenang adalah hal yang sangat memalukan.

Tetapi, jika memang Shanks yang kemudian memakan buah iblisnya, maka dia akan menjadi jauh tidak terkalahkan dari saat ini. Geeks semua tentu sudah melihat bagaimana potensi dahsyat yang dimiliki oleh buah iblis Gomu Gomu. Selama lebih dari dua dekade, Luffy sudah memperlihatkan kemampuan buah iblis ini. Banyak musuh yang sudah dia kalahkan dengan buah iblis Gomu Gomu.

Luffy juga berhasil meningkatkan levelnya dengan adanya teknik Gear. Terlepas dari adanya ‘plot armor’ bahwa Luffy adalah karakter utama, kemampuan Shanks tentu jauh lebih kuat dari Luffy. Hal ini sudah dibuktikan dengan bagaimana Shanks menjadi penguasa samudera. Bila Shanks memiliki kemampuan buah iblis Gomu Gomu, mungkin dia tidak akan kehilangan lengan kirinya untuk menyelamatkan Luffy.

Was Shanks expected to eat the Gomu Gomu no Mi? - Anime & Manga Stack ExchangeDia akan menyerang Sea Kings tersebut dengan teknik Jet Pistol, seperti yang pernah Luffy lakukan. Pertarungannya melawan Mihawk pun mungkin akan sedikit berpihak kepada Shanks, karena dia memiliki buah iblis Gomu Gomu yang bisa memberikan keuntungan. Shanks juga mungkin akan menang dalam pertarungannya menghadapi Kaido, berbeda dengan Luffy yang harus kalah lebih dari dua kali.

Berbicara mengenai Shanks yang memiliki buah iblis Gomu Gomu juga menarik, karena bisa dikaitkan dengan salah satu teori yang menyebutkan bahwa Shanks akan menghancurkan dunia dengan adanya kemampuan buah iblis ini. Kita memang masih belum tahu pasti mengapa kemudian Shanks dan kelompoknya mencuri buah iblis Gomu Gomu.

The Reason why Shanks stole the Gomu Gomu no Mi - One PieceNamun, mungkin saja Shanks melakukannya sebagai salah satu cara untuk bisa menghancurkan dunia. Kemampuan dari kelompok Shanks memang merata. Dan peluang untuk bisa menghancurkan mereka cukup terbuka. Namun, untuk lebih membuka lagi peluang menang tersebut maka mereka membutuhkan kekuatan tambahan. Buah iblis Gomu Gomu bisa menjadi cara untuk membantu mereka menang.

Selain Pemerintah Dunia, Shanks juga mungkin akan bisa menaklukan Blackbeard. Blackbeard adalah sosok karakter paling kuat di seluruh One Piece untuk saat ini, di mana dia memiliki dua kemampuan buah iblis. Dengan Shanks yang memiliki kemampuan Haki yang dahsyat ditambah lagi kemampuan buah iblis, ini akan menjadi kunci kemenangannya. Buah iblis Gomu Gomu akan membuat Shanks berubah menjadi jauh lebih kuat. Dan mungkin kita akan menemukan sesuatu yang baru. Jika Luffy memiliki Gear, mungkin Shanks memiliki teknik lainnya yang tidak kalah menarik. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.