Marvel Studios mengkonfirmasi bahwa ada dua dari empat film yang akan dirilis pada 2023 mendatang untuk Marvel Cinematic universe. Dua film lainnya masih menjadi misteri dan inilah yang memunculkan banyak spekulasi di kalangan para fans. MCU kembali merubah pola perilisan mereka, dimana di Phase 4 ini mereka merilis empat film dalam satu tahun.

Pada tahun 2021 sudah ada empat film yang terkonfirmasi akan dirilis: Black Widow, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, Eternals, dan Spider-Man: No Way Home. Sama halnya dengan 2022 mendatang kita akan melihat Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Thor: Love and Thunder, Black Panther: Wakanda Forever, dan The Marvels.

Sedangkan untuk 2023, baru ada dua film yang terkonfirmasi. Pertama adalah Ant-Man and the Wasp: Quantumania dan Guardians of the Galaxy Vol. 3.  Kedua film ini akan dirilis pada Februari 2023 dan Mei 2023. Masih ada jadwal kosong untuk Juli dan November 2023. Masih belum diketahui apa alasan Marvel Studios merahasiakan jadwal dua film tersisa. Namun, itu artinya ada dua film lainnya yang sedang dalam masa pengembangan – atau bahkan sudah masuk jadwal produksi. Berikut adalah beberapa kemungkinan film yang dirilis pada 2023 mendatang.

Fantastic 4 – Juli 2023

Sempat banyak spekulasi liar muncul, pada akhirnya Kevin Feige mengumumkan bahwa Marvel Studios akan menghadirkan film Fantastic 4 pertama mereka, dengan Jon Watts yang akan menjadi sutradara filmnya. Jon Watts akan selesai dengan trilogi Spider-Man di MCU pada akhir 2021 mendatang. Setelah itu, dia baru bisa fokus untuk memulai proyek film fantastic 4.

Kabarnya pertemuan sudah dilakukan dengan para penulis di awal 2021 kemarin, yang artinya Marvel sepertinya ingin merahasiakan mengenai orang-orang yang bekerja dibalik layar filmnya. Dengan prediksi bahwa proses penulisan skrip selesai pada akhir 2021 mendatag, Marvel Studios kemungkinan bisa mulai melakukan pencarian cast yang akan mengisi perannya dan mulai proses produksi pada musim panas 2022.

Juli 2023 menjadi waktu yang tepat bagi perilisan Fantastic 4, mengingat slot waktu ini biasanya menjadi slot utama bagi Marvel Studios untuk meluncurkan salah satu film yang paling dinantikan di franchisenya. Mengingat tim kosmik ini sudah sangat lama dinantikan kemunculannya, jadi wajar jika kemudian filmnya dirilis pada slot waktu Juli 2023. Fakta menariknya adalah Juli merupakan perilisan pertama film Fantastic 4 oleh Fox delapan tahun lalu, jadi ini adalah waktu yang tepat.

Blade – November 2023

Sejauh ini diketahui ada empat film MCU yang masih dalam tahap pengembangan dan masih belum mendapatkan jadwal perilisan. Ketika Kevin Feige mengumumkan Phase 4 MCU pada 2019, dia menggunakan kesempatan tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa Marvel akan kembali menghadirkan film Blade. Namun, kali ini Mahershala Ali yang akan berperan menjadi Blade.

Blade Reboot Movie: Everything You Need to Know | Den of GeekBlade diketahui lebih lambat masa pengembangannya dimana proses pengambilan gambar baru akan dilaksanakan pada Juli 2022 mendatang, dan bisa jadi akan dirilis di akhir 2023 nanti. Saat ini, film ini masih dalam pencarian sosok sutradara yang akan mengarahkan filmnya. Regona King, Barry Jenkins, Shaka King, dan Steven Caple Jr. adalah deretan nama kandidat calon sutradara fim ini.

Blade merupakan salah satu film yang banyak diharapkan muncul di MCU oleh para fans, sehingga Marvel sepertinya tidak ingin gegabah. Dengan waktu yang cukup, Marvel bisa memenuhi hal yang diinginkan fans. Jadi, perilisan di akhir 2023 rasanya sangat masuk akal. Blade bisa menjadi salah satu film lain yang akan menghadiran nuansa horor ke MCU selain Doctor Strange 2.

Film Lainnya

Selain dua film di atas, ada juga berbagai film yang diketahui akan menjadi bagian dari MCU namun belum diketahui informasi apapun mengenai proyek filmnya. Contohnya adalah Deadpool 3. Selain akan kembali menghadirkan sosok Ryan Reynolds, film tersebut akan menjadi film satu-satunya di MCU yang memiliki rating dewasa. Di sisi lain, rumor muncul baru-baru ini yang menyebutkan bahwa Captain America 4 akan dibuat dengan showrunner dari The Falcon and The Winter Soldier yang akan mengerjakan proyeknya.

Kemudian ada juga kemungkinan Marvel Studios mengerjakan berbagai proyek film mereka secara rahasia. Contohnya sudah ada banyak sekali kabar yang menyebutkan bahwa Marvel sedang dalam masa pengembangan untuk menghadirkan film X-Men. Kemudian para fans juga masih menantikan film Thunderbolts dan Nova. Dan yang paling banyak dispekulasikan adalah kemunculan film Avengers 5, Young Avengers, A-Force, atau film crossover lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.