Malyen “Mal” Oretsev adalah sahabat baik dan juga sosok yang dicintai oleh Alina Starkov dalam seri Shadow and Bone musim pertama. Dalam serinya diperlihatkan bahwa dia selalu bersama-sama dengan Alina, apapun yang terjadi. Di usianya yang dewasa, Mal kemudian bergabung dengan First Army bersama Alina sebagai tracker. Meskipun begitu, ada spekulasi bahwa Mal sebenarnya adalah seorang Grisha.

Seperti yang dijelaskan di serinya, Grisha adalah kaum yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi sesuatu dalam berbagai bentuk. Simpelnya, Grisha adalah kaum yang memiliki kemampuan sihir atau magis. Mereka bisa memanipulasi dan mengendalikan mulai dari api, besi, bahkan hati manusia. Mal memang tidak memiliki kemampuan magis seperti kaum Grisha lainnya atau bahkan seperti Alina, yang mana ternyata dia adalah seorang Sun Summoner.

Meskipun begitu, bukan berarti Mal tidak memiliki “ciri” dalam dirinya bahwa dia adalah seorang Grisha. Di akhir musim perdananya, kekuatan alina muncul saat volcra menyerang di dalam the Fold, sebuah “wilayah” yang gelap, berbahaya, dan dipenuhi oleh monster yang memisahkan Ravka menjadi dua. Yang menarik adalah diperlihatkan saat mereka muncul, Alina sedang memegang tangan Mal.

Momen lainnya ketika kekuatan Alina meningkat adalah ketika dia memegang tangan Darkling. Baghra sendiri mengkonfirmasi bahwa Darkling mampu meningkatkan kemampuan Sun Summoner milik Alina. Dan hal ini memberikan petunjuk bahwa bisa jadi Mal juga bisa melakukan hal yang sama. Mungkin inilah alasan mengapa kekuatan cahaya yang dikeluarkan Alina begitu terang dan kuat saat pertama kali Alina menggunakan kekuatannya – tanpa dia sadari.

Hal tersebut juga mungkin yang menjadi alasan mengapa cahaya yang Alina keluarkan perlahan meredup ketika dia melepaskan pegangannya. Serinya sendiri masih belum memberikan penjelasan lengkap dan jelas mengenai kejadian tersebut, namun bisa jadi Mal sebenarnya memiliki kemampuan tersebut dan dia belum mengetahuinya. Mungkin Netflix sengaja menyimpannya untuk musim kedua nanti.

Shadow & Bone Showrunner Explains Alina & Kirigan Season 1 Finale ChangeMal juga diketahui bisa mendengar suara yang ada di dalam kepalanya ketika Alina memegang tangannya disaat mereka masih kecil. Kembali, ini mungkin bisa menjadi petunjuk lainnya bahwa Mal memang adalah seorang Grisha, karena seroang Grisha memang bisa menguatkan atau memperkuat kekuatan seseorang. Namun, hal unik mengenai Mal diperlihatkan di bukunya.

Dalam Shadow and Bone versi novelnya, Mal sendiri memang adalah seorang penguat (amplifier) kekuatan, tapi dia bukanlah seorang Grisha. Dan berdasarkan hal ini, bukan tidak mungkin jika Netflix akan mengadaptasi ini dalam ceritanya nanti. Musim perdananya sendiri sudah memberikan banyak petunjuk mengenai Mal, bahwa dia bukan hanya seorang pasukan dan teman baik (serta kekasih) dari Alina. Kita nantikan saja ya Geeks fakta mengenai Mal ini di musim selanjutnya.