Chapter terbaru dari seri manga Boruto: Naruto Next Generation memperkenalkan kita pada salah satu cyborg mematikan milik Kara yaitu Eida. Bukan tanpa sebab mengapa Eida menjadi salah satu cyborg berbahaya. Dia dikenal sebagai “sosok yang tahu segalanya” berkat kemampuan salah satu doujutsu atau jutsu mata, yaitu Senreigan. Ini merupakan doujutsu yang cukup jarang muncul di franchise Naruto.

Seperti halnya cyborg lainnya, semua sumber kekuatan Eida juga berasal dari Amado yang sudah memodifikasinya dengan bantuan peralatan ilmiah ninja (Scientific Ninja Tools). Dengan kekuatan doujutsu tersebut, Eida mampu melihat ke masa lalu ataupun masa depan. Dan salah satu teknik yang “mematikan” dari Eida adalah bagaimana dia selalu bisa mencuri hati orang lain – tidak peduli wanita atau pria.

Setelah dibebaskan oleh code, Eida menjelaskan bahwa dia sangat ingin membunuh Amado atas apa yang sudah dia lakukan terhdapnya. Di sisi lain, Eida juga mengungkapkan bahwa sistem yang ditanamkan oleh Amado membuat hal itu sulit untuk dilakukan. Di chapter 57 kemarin, kita mengetahui bahwa kemampuannya untuk melihat ke berbagai masa dan juga pengetahuannya menjadi alasan mengapa Code membebaskannya.

Read Manga Boruto: Naruto Next Generations - Chapter 57 - Read Manga Online - Manga Catalog №1Code paham bahwa Eida tahu bagaimana caranya untuk melepaskan pembatas atau limiter kekuatan yang sengaja ditanam di dalam dirinya oleh Jigen dan Amado. Seperti dijelaskan di chapter sebelumnya, kekuatan Code sangatlah luar biasa, bahkan Jigen pun merasa terancam dengan keberadaan Code. Dan karena itulah dia meminta Amado untuk memasang semacam pembatas kekuatan agar Code tidak bisa mengaktifkan kekuatan penuhnya.

Meskipun begitu, Amado adalah kunci dari semuanya. Eida menyebutkan bahwa hanya Amado yang bisa melepaskan segel pembatas tersebut dari dalam dirinya – sesuai dengan apa yang dia ucapkan di chapter sebelumnya. Dan menurut Eida semuanya bisa dilakukan dengan gabungan perintah suara dan bagian retina dari mata Amado. Tentu hal ini bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan.

Code memiliki ide untuk mencari seseorang yang menirukan sosok Amado, dan membereskan semuanya. Namun, Eida menolak ide tersebut bahwa Amado sudah mengetahui tentang ide atau trik tersebut. Karena itulah Amado kemudian memodifikasi matanya sendiri sehingga tidak akan ada yang bisa menirukannya. Semuanya kembali lagi berkat bantuan alat ilmiah ninja yang ada.

Read Manga Boruto: Naruto Next Generations - Chapter 57 - Read Manga Online - Manga Catalog №1Bagaimana Amado mengaplikasikan pengetahuannya terhadap peningkatan cyborg yang dia ciptakan memang selalu menjadi pertanyaan besar di kalangan fans. Namun, sekarang kita mengetahui jawabannya. Karena hal inilah Eida mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk bisa mewujudkan impian Code adalah dengan mencari keberadaan Amado dan memintanya untuk melepaskan limiter tersebut. Atau cara lainnya ada dengan mencungkil matanya dan kemudian membatalkan pembatas tersebut.

Fakta tentang Amado ini memunculkan pertanyaan lainnya, apa lagi kemampuan yang bisa dilakukan oleh mata Amado? Amado sendiri sudah cukup lama berada di Konoha, dan mata dari Amado sendiri sepertinya kurang banyak diperhatikan dalam ceritanya. Padahal ternyata mata tersebut memiliki peranan penting. Jika di matanya terdapat ebuah sensor atau semacam benda perekam, Amado mungkin bisa merekam atau menggali data penting yang bisa berbahaya bagi konoha.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.