The Falcon and The Winter Soldier menghadirkan episode terakhir untuk musim perdananya kemarin. Di episode terakhir tersebut kita akhirnya melihat bagaimana Sam Wilson menerima “takdirnya” sebagai Captain America yang baru. Dan di episode terakhir itu juga muncul sebuah mid-credit scene yang membangun karakter Sharon Carter sebagai Power Broker di masa dengan MCU. Lalu, apa artinya momen tersebut?

Dengan tidak adanya pengumuman resmi dari Marvel mengenai musim kedua, film, atau konfirmasi apakah Sharon akan kembali muncul, momen di mid-credit scene ini bisa mengarah kemanapun. Sharon sendiri pada akhirnya mendapatkan pengampunan penuh seperti yang dia inginkan. Namun, apa implikasi dari adegan tersebut bagi masa depan MCU?

Siapa Yang Ditelfon Oleh Carter

Setelah Sharon Carter menerima pengampunan penuh dari pemerintah Amerika, adegan kemudian berpindah ke luar gedung pengadilan dimana Sharon menelfon seseorang. Tidak diketahui siapa ditelfon oleh Sharon, namun dalam percakapannya mereka membahas mengenai sumber daya yang melimpah yang akan segera dia dapatkan – karena dia kembali ditugaskan sebagai Agent Carter.

Sharon juga menyebutkan bahwa serum tentara super mungkin sudah tidak tersedia lagi sekarang, namun dia akan memiliki akses terhadap “rahasia pemerintah, senjata purwarupa, dan masih banyak lainnya.” Sharon meminta kepada orang ditelfon tersebut untuk segera mencari calon pembeli untuk semua benda dan barang tersebut. Tidak ada suara dari orang yang ditelfon yang membuat para fans kesulitan untuk menebak siapa yang ditelfon oleh Sharon.

Lalu, siapa sosok yang ditelfon Sharon? Jawaban yang paling mudah dan logis adalah salah satu pendukung atau pengikutnya. Dari dialog yang ada, Sharon sepertinya sedang memberikan perintah terhadap sosok yang dia telfon. Sebagai Power Broker, Sharon memiliki banyak individu yang bekerja dibawah kendalinya, dan dia memerintahkan salah satunya untuk mencari klien. Karena tidak ada jawaban pasti tentang siapa yang Sharon hubungi, selalu ada kesempatan bahwa Marvel Studios akan mengungkapkan lebih lanjut di kemudian hari.

Siapa Sosok Yang Menjadi Atasan Sharon Carter

Rencana baru dari Power Broker muncul berkat pengampunan penuh yang diberikan kepadanya dan juga dia kembali bekerja sebagai salah satu agen pemerintah. Sharon sendiri dulu sempat menjadi bagian dari organisasi SHIELD, dan dengan Sharon akan kembali ke divisi lamanya hal tersebut memunculkan pertanyaan apakah SHIELD masih ada atau masih berjalan?

Organisasi mata-mata tersebut diperlihatkan dalam kondisi sulit dalam film Captain America: The Winter Soldier, setelah diketahui di dalamnya terdapat mata-mata dari kelompok Hydra. Pasca diperkenalkanya SWORD, banyak fans meyakini bahwa SWORD akan menjadi pengganti dari SHIELD. Namun, di sisi lain, ada juga yang meyakini bahwa SHIELD dan SWORD akan muncul di MCU.

Di komiknya sendiri Sharon diperlihatkan pernah menjadi direktur atau pimpinannya, yang mana MCU mungkin bisa menghadirkan kisah tersebut. Tapi, Sharon bergabung kembali dengan divisi lamanya mungkin juga mereferensikan dirinya kembali ke CIA. Setelah SHIELD hancur, Sharon kemudian bergabung dengan CIA dan juga menjadi bagian dari mereka di Civil War.

Itu merupakan tugas terakhirnya, sebelum kemudian dia dianggap sebagai buronan. Ada juga kemungkianan bahwa Sharon mungkin bekerja untuk seseorang, bahkan ketika dia menjadi sosok dibalik Power Broker. Apakah sosok yang berada di atas Sharon adalah orang yang sama yang ada di atas Valentina? Apakah artinya akan ada ancaman besar baru yang muncul di MCU, sepeti sosok Norman Osborn?

Hydra Kembali Menyusup

Tidak peduli organisasi lama mana yang akan kembali mempekerjakan Sharon Carte, momen di mid-credit scene The Falcon and The Winter Soldier memberikan petunjuk tentang adanya penyusupan kembali agen Hydra. Hydra sudah sejak lama secara rahasia mengirimkan agen-agen mereka ke dalam organisasi SHIELD, dan  membongkar serta menghancurkan SHIELD dari dalam.

Hal ini bisa dilihat dalam The Winter Soldier, dan Sharon Carter adalah salah satu agen SHIELD yang berusaha untuk mencegah hal itu bisa terjadi. Namun, dengan Sharon Carter sekarang yang sudah berubah menjadi sosok jahat, bukan tidak mungkin “peran” dari Hydra sekarang dijalankan oleh Sharon dengan di sisi lain dia bekerja sebagai Power Broker. Sharon mungkin akan menjadi “tikus” di dalam tubuh CIA atau SHIELD.

Namun, berbeda dengan Hydra, Sharon tidak akan menghancurkan organisasi tempat dia berada. Sharon hanya memanfaatkan sumber dayanya saja untuk kemudian bisa dia gunakan untuk mendapatkan keuntungan. MCU bisa menghadirkan berbagai kemungkinan cerita dengan posisi baru dari Sharon ini, salah satunya adalah Power Broker semakin dikenal luas karena berbagai proyek dan juga pengaruhnya.

Sharon bisa menjadi sosok penyuplai senjata bagi para villain, yang akan membuat para pahlawan kerepotan. Selain senjata, Sharon juga bisa menyuplai teknologi atau sumber daya lainnya. Sharon juga mungkin saja bekerja sama dengan Valentina untuk membentuk tim pahlawan tandingan, seperti Thunderbolts atau Dark Avengers. Dan bukan tidak mungkin juga Sharon akan menjadi musuh utama para Avengers di film Avengers 5.

Penyusupan ini juga bisa menjadi dasar dari cerita Secret Invasion, yang serinya akan segera tayang di Disney Plus. Namun, bukan berarti bahwa Sharon adalah Skrull, namun rencana penyusupan tersebut bisa sesuai dan pas dengan cerita yang dilatarbelakangi oleh rasa takut dan tidak percaya. Untuk sekarang, para fans hanya bisa menunggu apa yang akan dilakukan Marvel Studios terhadap karakter Sharon Carter.