Di episode kedua serial Falcon and Winter Soldier, kita diperlihatkan secara lebih jelas kemampuan dari Flag Smasher. Kolaborasi Bucky dan Sam tampak tidak cukup untuk menghentikan niat jahat Flag Smasher. Flag Smasher terdiri dari delapan orang, yang masing-masing tampaknya memiliki kemampuan Super Soldier. Salah satu Flag Smasher yang paling mencolok adalah Karli Morgenthau, yang sepertinya pemimpin Flag Smasher. Lantas sebenarnya, siapa sosok Karli Morgenthau dan Flag Smasher sebenarnya? Simak di bawah ini Geeks!

Karli Morgenthau Pemimpin Flag Smasher

Karli Morgenthau adalah seorang yang anarkis dan anti-patriot. Ia adalah Flag Smasher dan menjadi pemimpin di tim tersebut (nama timnya juga Flag Smasher). Morgenthau menggunakan topeng hitam dengan gambar cap tangan merah saat melakukan operasi ilegalnya. Topeng tersebut juga digunakan oleh para pengikutnya. Morgenthau tampak memiliki kekuatan Super Soldier, seperti Bucky Barnes dan Steve Rogers alias Captain America. Flag Smasher biasanya beroperasi melintasi perbatasan Eropa, dan melakukan aktivitas ilegal seperti menyelundupkan obat-obatan dan merampok bank.

Hiro Studios

image source: screenrant.com

Sebagai pemimpin dari Flag Smasher, Morgenthau ingin dunia kembali seperti sebelum Blip (jentikan yang dilakukan Hulk untuk mengembalikan semua makhluk hidup yang menjadi debu). Flag Smasher memiliki keinginan yaitu itu menyatukan dunia, sesuai dengan moto mereka yaitu “One World. One people.” Mereka pun terus melakukan berbagai aksi untuk mencapai tujuan mereka. Morgenthau pun sempat berkata bahwa “Kita tidak bisa membiarkan bajingan yang sama kembali berkuasa setelah Blip”. Itulah yang akan mereka rebut kembali.

Kekuatan Karli Morgenthau di Komik

Penampilan Karli Morgenthau di serial Falcon and Winter Soldier memang terinspirasi dari komiknya. Tetapi ada perubahan besar yang dialami Karli Morgenthau di serialnya. Di komik, Karli Morgenthau diciptakan oleh Mark Gruenwald dan Paul Neary, dan pertama kali ditampilkan dalam komik Captain America # 312 pada Desember 1985. Karli Morgenthau sebenarnya bermaksud untuk menjadi seorang diplomat, tetapi setelah kematian ayahnya, Morgenthau diradikalisasi dan memutuskan untuk mempersatukan dunia dengan cara kekerasan. Ia mengadalkan uang warisan yang ia terima untuk mendanai agendanya. Dia juga membawa Spike ikoniknya sebagai senjata utamanya.

image source: cbr.com

Target utamanya adalah mengincar simbol kekuasaan sebuah negara seperti kedutaan besar, bendera, dan bahkan ikon negara tersebut seperti Captain America. Morgenthau pernah mengalami beberapa pertarungan dengan Captain America dan kemudian bergabung dengan organisasi ULTIMATUM. ULTIMATUM adalah singkatan dari Underground Liberated Totally Integrated Mobile Army To Unite Mankind. Pada satu titik, Morgenthau / Flag Smasher pernah bekerja sama dengan Captain America versi baru yaitu John Walker, dan ia pernah menjadi pemimpin ULTIMATUM. Namun pada akhirnya, Morgenthau berhasil dikalahkan oleh Punisher dan Moon Knight. Setelah kematian Morgenthau, karakter lain bernama Guy Thierrault yang pernah bekerja untuk ULTIMATUM mengambil julukan Flag Smasher dan melanjutkan agenda Morgenthau.

Perubahan Karli Morgenthau di MCU

MCU telah merubah karakter Karli Morgenthau, serta menyesuaikan cita-citanya agar sesuai dengan peristiwa Blip di MCU. Dalam komiknya, Flag Smasher / Karli Morgenthau adalah satu orang. Sementara di MCU Karli Morgenthau memimpin sebuah organisasi yang dikenal sebagai Flag Smasher. Motivasi jahat Karli Morgenthau juga muncul setelah Blip terjadi. Perbedaan kedua adalah musuh yang dihadapi Karli Morgenthau adalah Sam Wilson dan Bucky Barnes, bukan Steve Roger. Belum terungkap apakah Captain America baru yaitu John Walker akan bekerja sama dengan Flag Smasher atau tidak, meskipun awalnya John Walker memulai awal yang buruk dengan Sam dan Bucky.

image source: theronin.org

Di MCU, beberapa Flag Smasher, termasuk Karli Morgenthau telah disuntik serum Super Soldier yang membuat mereka menjadi kuat. Sementara Karli Morgenthau dalam komiknya hanya manusia biasa yang memiliki warisan yang besar untuk mendanai semua misi jahatnya. Sementara di MCU, sepertinya Flag Smasher sangat miskin, yang ditunjukkan saat mereka melakukan perampokan bank. (Featured Image: collider.com)

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.