Momonosuke merupakan salah satu karakter kunci dalam arc Wanokuni ini. Meskipun tubuhnya seperti anak berusia enam tahun, namun sebenarnya dia sudah berusai 26 tahun – jika dihitung dengan lompatan waktu 20 tahun oleh Toki. Sejauh ini memang kemampuan dari Momonosuke masih belum banyak diketahui. Bahkan, bisa dibilang Momo masih belum bisa melakukan apapun.

Momo masih belajar untuk menggunakan pedang. Dia bahkan tidak memiliki kemampuan bertarung. Meskipun begitu, ada salah satu kemampuan dari Momo yang sepertinya sudah muncul meskipun tidak dia asah atau pelajari sebelumnya. Diantaranya adalah kemampuan Haki. Momo memang tidak diketahui sebelumnya apakah dia memiliki Haki, namun di chapter terbaru ini kita akhirnya tahu bahwa Momo memiliki Haki.

Sejauh ini, memang tidak diketahui apakah Momo memiliki kemampuan Haki atau tidak. Namun, mengingat Momo adalah keturunan raja atau penguasa, banyak fans meyakini bahwa Momo memiliki Haki seperti halnya sang ayah. Dan hal ini dibuktikan ketika Momo memberikan perintah kepada Zunesha dan juga mampu mendengar suara Voice of All Things, yang juga bisa didengar oleh Luffy.

readonepiece.com

Hal tersebut menandakan bahwa Momo memiliki kemampuan Conqueror Haki, atau Haki para penguasa. Lalu, apakah Momo memiliki Haki lainnya? Chapter terbaru dari One Piece memberikan konfirmasi tersebut. Di chapter 1008 ini, kita masih melihat pertarungan besar di Onigashima. Momo sendiri masih bersama dengan Shinobu dan Yamato yang berusaha untuk melindunginya.

Di chapter sebelumnya, mereka sempat bersembunyi di sebuah ruang penyimpanan yang tidak terpakai. Namun, posisi mereka kemudian diketahui oleh pasukan pengintai MERYS milik Kaido. Mereka pun kemudian kembali kabur untuk mencari tempat aman. Mengetahui hal ini Flying Six mencoba untuk menangkap mereka dan membawa mereka ke tangan Kaido.

Dalam chapter 1008 diperlihatkan bahwa mereka masih mencoba untuk mencari tempat aman. Mereka sempat berdiskusi tentang bagaimana Momo bisa berubah menjadi naga dalam keadaan takut ataupun cemas. Di tengah-tengah diskusi, Yamato kemudian menanyakan keadaan dari Luffy yang sedang bertarung melawan Kaido. Dan yang menarik adalah Momo yang memberikan jawaban tentang Luffy.

http://mangascouts.blogspot.com/

Momo menjelaskan bahwa keadaan Luffy baik-baik saja meskipun sangat kelelahan dengan pertarungan yang ada. Momo juga mengatakan bahwa semangat Luffy sangat membara. Mendengar hal tersebut Shinobu pun terlihat lega, sebelum beberapa saat kemudian dia terkaget-kaget dengan jawaban Momo yang mengetahui bagaimana kondisi dari Luffy tanpa perlu melihatnya.

Ini seolah menjadi bukti bahwa Momo juga memiliki Observation Haki level tinggi, dimana bukan hanya Momo mampu merasakan keberadaanya tapi juga dia sudah mampu merasakan semangat dan kondisi emosi dari seseorang. Sebagai keturunan Oden, rasanya memang tidak heran jika kemudian Momo memiliki kelebihan tersebut. Namun, yang menarik adalah kemampuan tersebut sudah aktif di usianya yang masih kecil.

Sama seperti Luffy dulu, sepertinya Momo melakukan hal tersebut tanpa dia sadari. Shinobu sendiri sepertinya tidak menyadari bahwa itu adalah Haki – begitu juga dengan Yamato. Berdasarkan hal ini, sepertinya Momo kemungkinan akan memiliki peran besar di masa yang akan datang. Dia akan menjadi sosok yang luar biasa, mengingat di usianya yang maih kecil dia sudah memiliki kemampuan dahsyat.

Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah siapa yang akan melatih Momo dengan kemampuan Hakinya? Apakah Rayleigh akan kembali melatih Haki? Atau Momo akan mempelajarinya sendiri? kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks! (Featured image: Amanomoon@Devianrt)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.