Apakah Kozuki Oden benar-benar kembali hidup? Itulah pertanyaan besar dari fans One Piece setelah mereka melihat apa yang terjadi di chapter 1007 kemarin. Secara penampilan, memang sudah jelas bahwa sosok tersebut sangat mirip dengan sosok Oden 20 tahun yang lalu. Namun, kemunculan Oden tersebut dianggap tidak masuk akal dalam hal konteks cerita dan akan menghancurkan semua hal yang sudah dibangun selama arc ini.

Lalu, siapa sosok tersebut? Ada beberapa detail yang perlu diketahui terlebih dahulu tentang sosok Oden yang kembali muncul di chapter 1007 kemarin. Pertama, sosoknya memang mirip dengan Oden 20 tahun lalu. Masalahnya, sosok Oden yang kembali muncul tersebut tidak memiliki bekas luka bekas eksekusinya dulu. Bahkan, di bagian dahinya tidak terdapat bekas tembakan.

Kedua, Oden menggunakan dua pedang. Namun, kedua pedangnya tidak berada di tangan Oden. Enma ada di tangan Zoro, sedangkan Ame no Habakiri dititipkan oleh Momonosuke kepada Tenguyama. Sedangkan sosok Oden yang muncul kemarin diperlihatkan kedua pedangnya masih ada di pinggangnya. Artinya kedua pedangnya sama sekali tidak hilang.

Ketiga, Oden bukanlah sosok yang merawat luka-luka Red Scabbards di akhir chapter 1004 kemarin. Hal ini diperlihatkan dari reaksi yang diperlihatkan oleh Oden yang mana terlihat begitu senang melihat mereka. Jika memang Oden adalah sosok yang merawat Red Scabbards, maka reaksi tersebut akan diperlihatkan lebih awal. Lalu, siapa sebenarnya sosok tersebut?

Bon Clay

Dengan menggunakan buah iblis Mane Mane no Mi miliknya, memang bisa saja Bon Clay muncul dan menyamar menjadi sosok Kozuki Oden. Bon Clay juga pasti akan membantu Luffy yang dalam kondisi sulit. Namun, ada sebuah masalah besar yang muncul dalam hal ini. Bon Clay tidak mengenal dan belum pernah melihat wajah Oden apalagi menyentuhnya. Tanpa menyentuh wajah dari sosok tersebut, dia tidak bisa berubah menjadi sosoknya.

Aminoapps.com

Di sisi lain, Bon Clay juga tidak mengenal para Red Scabbards yang mana artinya tidak ada alasan kemudian Bon Clay tiba-tiba datang dan membantu Red Scabbards. Lagipula, dibandingkan dengan menyamar menjadi Oden, Bon Clay akan lebih masuk akal menyamar sebagai salah satu anak buah Kaido agar bisa leluasa untuk penyamarannya.

Kanjuro

Seperti yang kita ketahui, Kanjuro mampu menggambar secara apik dan menghidupkan gambar tersebut. Kanjuro bahkan bisa menggambar dengan sangat baik dan mirip. Namun, teori ini sebenarnya sedikit kurang masuk akal mengingat Kanjuro sudah tewas di tangan Red Scabbards. Meskipun begitu, sebenarnya beberapa waktu lalu saat momen kematian Kanjuro muncul, para fans sempat meragukan apakah Kanjuro memang benar-benar tewas.

Twitter.com

Sama halnya dengan kematian Orochi, yang juga diragukan kematiannya. Namun, di sisi lain hal ini juga mungkin masuk akal mengingat Bao Huang tidak banyak bereaksi atau terkesan membiarkan hal tersebut terjadi. Hal ini mungkin ada kaitannya dengan kerja sama antara kelompok Beast dan Orochi. Pertanyannya kemudian adalah mengapa Kanjuro melakukan hal tersebut? rasanya tidak mungkin bahwa ini adalah cara untuk menarik Red Scabbards keluar. Pasalnya, tanpa dipancing pun mereka memang akan keluar dan ikut bertarung.

Onimaru

Ini juga merupakan spekulasi yang banyak disebutkan oleh para fans. Ada beberapa hal yang mungkin dirasa masuk akal mengapa sosok dibalik Oden tersebut adalah Onimaru. Pertama, Onimaru adalah seekor kitsune atau makhluk ajaib yang diketahui mampu berubah wujud. Jika berdasarkan pada mitosnya, maka Onimaru berubah menjadi sosok Oden bukanlah hal yang tidak mungkin.

Pinterest.com

Onimaru juga bisa saja menyusup tanpa terdeteksi Bao Huang, karena dia bisa tetap dalam bentuk rubahnya sampai kemudian mendekati Red Scabbards. Secara narasi, jika sosok tersebut adalah Onimaru maka Hiyori juga bisa jadi adalah sosok misterius lainnya yang dibawa olehnya. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan “sosok terakhir” yang paling memungkinkan untuk datang ke Onigashima.

Tapi, ada beberapa hal juga yang menjadi masalah dari teori ini. Pertama kita masih belum tahu banyak tentang Onimaru, khususnya bagaimana kemudian dia bisa berubah menjadi Gyukimaru. Pada bagian wajahnya, kita melihat Gyukimaru memiliki pola gambar yang sama dengan Onimaru. Lalu, bagaimana mungkin ketika dia berubah menjadi Oden gambar tersebut hilang?

Catarina Devon

Sosok Catarina Devon dianggap lebih cenderung menjadi sosok yang menyamar sebagai Oden, dibandingkan Bon Clay. Beda halnya dengan Bon Clay, Catarina Devon dengan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Kyubi no Kitsune tidak perlu menyentuh wajah siapapun ketika dia ingin menyamar menjadi seseorang. Dia hanya tinggal berubah saja menjadi sosok yang diinginkan, seperti halnya Onimaru.

CBR.com

Teorinya juga menyebutkan bahwa sosok tersebut adalah Catarina Devon karena pose yang diperlihatkan sangat mirip dengan pose yang selalu dilakukan ketika Catarina muncul, yaitu kedua tangannya ada di pinggang. Namun, ada pertanyaan besar dalam teori ini. Bagaimana kemudian Catarina tahu bagaimana rupa Oden. Dia juga tidak mengenal Red Scabbards. Catarina Devon terakhir kali muncul sedang bersama Blackbeard. Mengingat sulitnya untuk mencapai Wano, rasanya kecil kemungkinan bahwa itu adalah Catarina Devon. (Featured Image: libre295.wordpress.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.