Naruto Uzumaki merupakan satu-satunya anak dari Minato Namikaze dan juga Kushina Uzumaki. Naruto lahir sebelum cerita utama seri Naruto dimulai dimana kelahiran Naruto menjadi penanda banyaknya tragedi yang terjadi di Konoha. Dan yang paling mengerikan dari semuanya adalah bagaimana Naruto kemudian menjadi Jinchuriki bagi Kurama alias serigala ekor sembilan.

Akibat menjadi Jinchuriki bagi Kurama, Naruto memang banyak mengalami perubahan terutama dari masalah kekuatan. Terbukti, berkat hal ini Naruto saat ini menjadi salah satu shinobi yang paling kuat di dunia, bersama dengan Uchiha Sasuke. Meskipun begitu, ada “harga” yang harus dibayarkan oleh Naruto karena menjadi seorang Jinchuriki. Apa saja?

Kehilangan Kedua Orang Tuanya

Naruto Uzumaki lahir di hari yang sama serigala ekor sembilan menyerang desa Konoha. Setelah monster tersebut diekstraksi dari tubuh Kushina Uzumaki, Minato memutuskan untuk mati bersama sang istri dan menggunakan chakra yang tersisa untuk mengalahkan serigala ekor sembilan dan juga menyegelnya di tubuh sang anak.

Quora.com

Minato bisa saja hidup dan membesarkan Naruto, jika dia tidak membuat anaknya menajdi Jinchuriki. Namun, Minato sendiri paham bahwa dengan kekuatan dari Kurama, Naruto bisa saja membalas dendam kematian dirinya dengan cara mengalahkan sosok bertopeng yang menjadi penyebab semuanya. Karena itu, dia rela untuk menyerahkan jiwanya.

Tidak Mengenal Keluarganya

Explica.co

Menjadi Jinchuriki benar-benar berpengaruh besar terhadap kehidupan Naruto secara drastis. Salah satu pengaruhnya adalah Naruto tidak pernah mengenal tentang keluarganya. Meskipun kedua orang tuanya sudah tewas, Naruto masih memiliki sosok Jiraiya sebagai pelindung dan juga pengganti kedua orang tuanya. Karena itulah Naruto selalu merasa kehilangan dan kebingungan dalam hidupnya.

Naruto Harus Hidup Sendirian

Sebagai Jinchuriki dari Kurama Naruto harus dilindungi dari para penduduk desa dan karena itulah identitasnya sering kali disembunyikan. Hal ini dilakukan demi mencegah persekusi para penduduk desa Konoha terhadap Naruto. Karena Naruto tidak banyak diperhatikan oleh sekitarnya, Naruto harus hidup sendirian selama hidupnya, bahkan ketika dia masih kecil.

Heshero.com

Hiruzen Sarutobi adalah satu-satunya orang yang kemudian mengawasi Naruto dan memberikannya kasih sayang. Lalu, perlahan kekosongan dalam hati Naruto mulai terisi dengan kemunculan Iruka, Jiraiya, dan juga teman-temannya di akademi ninja. Naruto selalu menghargai pertemanan atau hubungan yang dibangun di sekitarnya karena dia tahu bagaimana rasanya sendirian.

Dibenci dan Dijauhi

Di masa kecilnya – bahkan sempat sampai dewasa pun – Naruto menjadi sosok yang paling dibenci oleh para penduduk Konoha. Hampir semua orang memandang rendah Naruto, meremehkannya, dan tidak pernah mengabaikannya. Hiruzen melarang para penduduk membicarakan tentang Kurama, demi mencegah para generasi muda memandang rendah Naruto.

Explica.co

Namun, pada kenyataanya hal itu bukanlah sesuatu yang tidak dapat dicegah. Apa yang terjadi kepada generasi tua di Konoha nyatanya menular juga ke generasi muda. Para orang tua menganggap Naruto bertanggung jawab atas peristiwa mengerikan itu. Karena itulah mereka melarang anak-anak mereka untuk mendekati atau berteman dengan Naruto.

Dijadikan Senjata oleh Konoha

Para monster berekor sendiri sebenarnya dulu sengaja diberikan ke berbagai desa ninja untuk menjaga keseimbangan kekuatan. Untuk bisa tetap mengendalikan kekuatannya, seseorang dipilih untuk bisa menjadi seorang Jinchuriki. Mereka menjadikannya senjata agar desa lain tidak melakukan hal-hal atau tindakan yang bodoh, seperti menyerang desa tersebut.

Lifeanimes.com

Jadi, pada dasarnya, Uzumaki Naruto merupakan senjata bagi desa Konoha yang digunakan untuk menghadapi desa-desa lainnya – ketika dibutuhkan. Meskipun begitu Naruto membuktikan bahwa kekuatan yang ada pada tubuhnya memang beguna bukan hanya untuk melindungi desa Konoha tapi juga untuk melindungi dunia ini.

Menjadi Target Akatsuki

Wattpad.com

Karena Naruto adalah seorang Jinchuriki dia kemudian menjadi target dari sebuah organisasi yang memburu para monster berekor. Organisasi ini adalah Akatsuki. Akatsuki sudah berhasil mengumpulkan tujuh dari sembilan monster berekor. Mereka gagal mendapatkan monster ekor delapan yang ada di tubuh Killer B dan juga serigala ekor sembilan di tubuh Naruto. Meskipun begitu banyak usaha yang mereka lakukan untuk mencuri Kurama. Karena hal inilah, hidup Naruto sempat tidak aman.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.