Dalam cerita One Piece, unik merupakan pilihan kata yang tepat untuk menggambarkan serinya secara keseluruhan. Kita mengenai sebuah sistem kekuatan unik yang disebut Haki, juga ada sumber kekuatan unik lainnya yang berasal dari buah iblis. Kemudian kita juga banyak diperkenalkan dengan berbagai karakter-karakter unik, dan tentunya tempat-tempat yang unik seperti halnya Wano.

Wano adalah sebuah wilayah yang ada di New World. Berbeda dengan wilayah lainnya, sangat sulit untuk bisa menuju Wano. Karena itulah Wano menjadi negara yang paling tertutup. Sangat jarang teknologi ditemukan disini. Semuanya masih sangat tradisional di Wano. Meskipun begitu, wilayah ini dikenal sangat subur, asri, dan menyenangkan. Namun, hal itu berubah ketika Orochi memimpin dan Kaido mengambil alih kendali.

Wano menjadi wilayah yang penuh derita dan air mata. Banyak penduduk Wano yang jatuh miskin, dan akhirnya tewas akibat kelaparan. Wano menjadi penuh dengan polusi akibat pabrik-pabrik senjata. Dengan situasi yang sangat miris dan mengerikan, banyak yang kemudian berharap bahwa Luffy dan juga aliansinya bisa mengalahkan Orochi dan Kaido, serta mengembalikan kedamaian seperti semula.

Ibb.co

Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah jika semuanya sudah selesai, siapa yang akan mengambil alih kepemimpinan Wano? Ada tiga spekulasi utama muncul di kalangan para fans. Pertama, kekuasaan dikendalikan oleh Yamato. Seperti yang kita ketahui, Yamato sangat mengormati dan mengidola sosok Oden. Dia bahkan rela berbeda pendapat dengan sang ayah karena hal itu.

Yamato sendiri sekarang ikut berjuang bersama yang lain demi bisa menghentikan ambisi sang ayah. Yamato dianggap mampu untuk menjadi pemimpin dari para penduduk Wano, dengan menjalankan nilai-nilai yang diyakini bahwa Oden akan setuju. Yang menjadi pertanyaan kemudian apakah para penduduk Wano setuju jika Yamato kemudian menjadi pemimpin mereka, terlepas Yamato sangat-sangat jauh berbeda dari sang ayah?

Spekulasi yang kedua adalah Kozuki Hiyori yang akan menjadi pemimpin baru Wano. Hiyori memang merupakan pewaris sah dari keluarga Kozuki, namun dia adalah anak kedua. Selain itu, Hiyori sangat buta terhadap politik dan sebagainya. Sehingga, meskipun masuk akal namun Hiyori kecil kemungkinan akan dipilih menjadi pemimpin. Meskipun kemudian Hiyori memang dipilih menjadi pemimpin baru Wano, kemungkinan hal itu hanya untuk sementara.

Hiyori akan menjadi pengganti sementara sampai kemudian Momonosuke berada di umur yang tepat untuk berkuasa – meskipun secara usia sebenarnya usia Momo sudah pas. Spekulasi ketiga adalah Momo. Spekulasi ini memang santer diperbincangkan, namun ada hal yang mengganjal. Momo dianggap masih kecil, dan masih belum memiliki pengalaman.

mangathrill.com

Secara sah, sebenarnya Momo adalah pewaris yang tepat sebagai pemimpin Wano. Dan hal ini sendiri ternyata didukung oleh pernyataan dari salah satu penduduk Wano, yaitu Otama di chapter 1004. Di chapternya, kita melihat sedikit adegan flashback bagaimana kemudian Tama ada di Wano. Dan juga kita melihat apa sebenarnya rencana besar yang disiapkan oleh Tama.

Ternyata Tama menyiapkan banyak sekali Kibi Dango, yang akan diberikan kepada para Gifters. Mereka kemudian akan berada dibawah kendali dari Tama. Hal ini menjadi pembeda karena dari segi jumlah pasukan aliansi kalah jumlah dari pasukan kelompok Beasts. Dengan adanya Kibi Dango ini setidaknya pasukan aliansi bertambah dan bisa mengimbangi pasukan dari kelompok Beasts.

Namun, yang menarik adalah pernyataan Tama mengenai semangatnya untuk ikut berperang di Onigashima. Dengan tegas dia menyatakan bahwa dia sudah muak dengan kondisi kemiskinan yang ada di Wano. Dia ingin Wano tanpa kehadiran Orochi ataupun Kaido. Dan yang utama adalah dia ingin Momonosuke yang menjadi pemimpin Wano selanjutnya.

Meskipun belum pasti, apa yang diungkapkan oleh Tama ini bisa menjadi petunjuk besar apa yang akan terjadi di Wano setelah semuanya selesai. Kemungkinan spekulasi mengenai Momonosuke ada benarnya. Tinggal yang menjadi permasalahan adalah apakah Momo mau menerimanya. Melihat kondisi dan situasi yang terjadi, mungkin pada akhirnya Momo akan mau menerima “takdirnya” sebagai pemimpin Wano.

Namun, mungkin Momo akan menolak tawaran tersebut setidaknya untuk dalam waktu beberapa tahun. Seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya, Momo mungkin akan menyerahkan kekuasaan kepada Hiyori sambil dia berpetualang mencari pengalaman. Setelah berpetualang, Momo pada akhirnya akan menjadi pemimpin baru Wano.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.