Pada tahun 1997 silam, setelah kesuksesan dua seri one-shot sebelumnya, Eiichiro Oda kemudian resmi merilis seri manga One Piece. Karena kredibilitas dari seorang oda Sensei sudah dikenal – bahkan jauh sebelum One Piece – tidak butuh waktu lama bagi serinya untuk dapat perhatian para penggemar manga. Seri One Piece kemudian mulai mendapatkan perhatian dari para penggemar manga di luar Jepang.

Meskipun begitu, perjuangan Oda Sensei membesarkan seri ini tidaklah mudah. Ada banyak hal yang berubah dari seri One Piece selama dua dekade lebih muncul, salah satunya adalah art style atau gaya gambar dari Oda Sensei. Menurut informasi yang ada, Oda Sensei sempat mengalami kekhawatiran mengenai art style miliknya disaat One Piece pertama kali rilis.

upost.info

Di era 1990an, art style sebuah karakter dengan mata yang berukuran besar menjadi primadona di kalangan para mangaka. Karakter dengan tipe mata yang besar lebih mendominasi pasar dibandingkan seri manga yang memiliki “gaya lama.” Selain pada bagian mata, Oda Sensei juga melakukan berbagai perubahan art style karakter secara keseluruhan.

Bisa dilihat bagaimana perkembangan gaya menggambar Oda Sensei dalam kurun waktu beberapa waktu satu dekade terakhir. Di awal kemunculannya, banyak sekali garis-garis tebal, dengan berbagai lingkaran, serta penampilan yang terlihat sangat kartun. Namun, saat gambaran Oda sudah terlihat realistis. Hal ini seolah memperlihatkan bagaimana kemampuan dari Oda Sensei dalam menggambar karakter One Piece terus meningkat.

Quora.com

Dari segi sifat juga banyak karakter yang mengalami perubahan drastis, dimana Luffy terlihat seperti anak kecil di satu sisi namun dia juga bisa  berubah menjadi sosok yang dewasa pada satu titik. Pada intinya, selama lebih dari dua dekade ini, Oda Sensei benar-benar mengeluarkan semua kemampuannya untuk seri ini. Oda belajar banyak hal untuk mengembangkan serinya agar menjadi lebih baik lagi.

Meskipun sempat mengalami perubahan art style di hampir setiap 100 chapter sekali, namun sepertinya dalam beberapa tahun belakangan art style dari Oda sensei sudah pada titik konsisten sehingga memberikan kesan bahwa ‘inilah seri One Piece.’ Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian lebih suka art style di tahun pertama? Art style yang mana yang menjadi favorit kalian?

Featured image: stok-gambarku.blogspot.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.