Seri One Piece sudah dianggap sebagai seri manga dan anime terpopuler dan paling sukses sepanjang masa, dan setelah dua dekade berkarya, Eiichiro Oda selaku kreator dari serinya masih tetap mampu membuat seri ini tidak terkalahkan. Serinya sendiri berfokus pada sosok Monkey D. Luffy, yang bercita-cita untuk menjadi raja bajak laut.

Mimpi Luffy tersebut tentunya tidak bisa dilakukan dengan mudah. Luffy harus berpetualang ke banyak tempat menarik, dan bertemu dengan berbagai karakter atau orang-orang. Meskipun sebagian orang-orang yang ditemui tersebut adalah teman atau sekutu, namun tidak jarang Luffy juga bertemu dengan musuhnya. Sejauh ini, Luffy sudah banyak menghadapi musuh namun ada beberapa yang mampu mengubah hidupnya. Siapa saja?

Enel

Untuk seorang pria yang level kekuatannya setara dewa, Enel tentunya memiliki kecerdasan yang baik. Apalagi kecerdasannya didorong dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi. Enel selalu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermalas-malasan, hingga Enel sudah tidak peduli dengan dunia. Tugasnya selalu diselesaikan oleh bawahannya yang tentu saja sangat setia dengannya.

Explica.co

Enel adalah salah satu musuh yang berpengaruh dalam hidup Luffy, karena dia adalah orang yang pertama kali memperkenalkan salah satu jenis Haki yaitu Observation Haki. Bedanya, Enel menyebutnya dengan istilah “mantra.” Luffy tentunya tidak mengetahui hal tersebut pada awalnya, tapi berkat pertarungan melawan Enel akhirnya Luffy mempelajari salah satu jenis Haki.

Rob Lucci

Kekuatan Lucci mungkin sudah tidak diragukan lagi. Tetapi dari segi kecerdasan, Lucci juga menjadi salah satu karakter yang diperhitungkan. Saat Lucci diberikan sebuah perintah, Lucci cenderung mematuhi semua perintah tersebut, tanpa bertanya. Selain itu, Lucci adalah villain yang gemar untuk menyiksa orang demi kepuasannya sendiri.

Quora.com

Rob Lucci adalah pengguna buah iblis Zoan, dan pertarungan Luffy melawan Lucci menjadi pengalaman pertama bagi Luffy untuk merasakan bagaimana ketangguhan mereka yang memiliki kekuatan buah iblis Zoan, yang dikenal memiliki kemampuan fisik dahsyat. Meskipun sempat kerepotan, Luffy pada akhirnya mampu mengalahkan anggota CP-9 terkuat ini.

Charlotte Katakuri

Setiap arc dalam seri One Piece selalu memiliki satu pertarungan yang sengit. Pertarungan Luffy melawan Katakuri adalah puncak dari cerita di arc Whole Cake Island. Katakuri sendiri adalah anak dari Big Mom dan merupakan anak yang paling kuat diantara yang lain. Katakuri menjadi bajak laut yang ditakuti, berkat kemampuan buah iblis Mochi Mochi miliknya serta kemampuan Haki.

box24news.com

Pertarungan ini berarti dalam hidup Luffy, karena untuk pertama kalinya Luffy berada dalam situasi dimana dia harus terus bertarung, meskipun dia kalah. Ini adalah pertarungan yang membuat Luffy pada akhirnya harus mencapai batasnya. Disini juga Luffy mengetahui bahwa seseorang bisa melihat ke masa depan dengan peningkatan kekuatan dari Observation Haki. Katakuri akhirnya mengakui kekalahannya akibat determinasi tinggi dari Luffy.

Crocodile

Salah satu mantan Shichibukai, Crocodile ditangkap dan dilempar ke Impel Down setelah peristiwa mengerikan di Alabasta, dimana dia mencoba merebut kekuasaan keluarga Nefertari. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile dikurung di penjara level 6. Dengan kekuatan tipe Logia Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada levelnya.

Cultture.com

Crocodile adalah villain pertama yang hampir saja merebut nyawa dari Luffy. Crocodile hampir menghentikan impian besar Luffy menjadi seorang raja bajak laut, setelah dia berhasil menghilangkan kelembaban dari tubuh Luffy, membuatnya mampu dikalahkan dengan mudah. Jika bukan karena Nico Robin yang menyelamatkannya, mungkin Luffy sudah tewas.

Kaido

Sama seperti Big Mom, Kaido adalah salah satu kaisar lautan, dan dianggap sebagai makhluk paling kuat di dunia. Kaido adalah sosok yang tanpa ampun, agresif, dan sangat percaya diri. Salah satu hal yang paling melekat pada diri Kaido adalah bagaimana dia bisa bertahan dari berbagai serangan yang ada berkat kekuatan tubuhnya yang hampir sulit untuk dihancurkan.

CBR.com

Kaido adalah pengguna kekuatan buah iblis Mythical Zoan, dan akibat dari hal itu Kaido menjadi kebal terhadap berbagai serangan. Kaido pernah menghadapi Luffy di awal arc Wano. Dan sama seperti Big Mom, meskipun Luffy sudah menggunakan Gear 4 sebagai senjata andalannya, Kaido dapat dengan mudah mementahkan serangan tersebut. Bahkan, Luffy sendiri tumbang hanya dengan satu serangan. Sejak kekalahan pertama Luffy melawan Kaido, Luffy menjadi semakin giat untuk melatih Gear 4 nya. Setelah latihan tersebut, Luffy terbukti mejadi lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan Kaido pun mengakui peningkatan kekuatannya.

Featured image: besthdwallpaper.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.