Menggunakan Teknik Segel

Meskipun Naruto merupakan sosok yang berjasa bagi Konohamaru karena dia adalah orang yang melatih Konohamaru, namun ada banyak juga teknik ninja yang dia pelajari dari para shinobi Konoha lainnya. Dan salah satu teknik yang dimiliki oleh Konohamaru dan tidak bisa dilakukan oleh Naruto adalah menggunakan teknik segel.

Teknik segel merupakan kemampuan ninja untuk bisa mengurung seorang shinobi atau orang di sebuah tempat, mencegah benda-benda berharga untuk jatuh ke tangan orang yang salah, menyembunyikan senjata, dan masih banyak lagi. Meskipun kedua orang tua Naruto mahir dalam teknik ini, sayangnya Naruto tidak pernah mempelajarinya.

Teknik Membuka Segel

Selain mempelajari bagaimana menggunakan teknik segel pada benda atau orang lain, Konohamaru juga mempelajari teknik untuk bisa membebaskan diri dari teknik segel. Uniknya, sejauh ini teknik melepaskan diri dari teknik segel baru dilakukan oleh Konohamaru di manga Boruto dan belum pernah dilakukan oleh karakter lainnya.

Teknik ini, menurut Konohamaru, adalah teknik yang memang sudah dia kuasai dan pelajari sejak lama.  Dan ketika dia menggunakan teknik pelepasan/membuka segel maka akan muncul simbol klannya di bagian tengah. Teknik ini mampu membatalkan/mencegah teknik tegel apapun yang diarahkan kepadanya.

Menggunakan Wind Release: Rasengan

Menjadi murid dari Naruto, maka tidak heran jika kemudian Naruto mewarisi kemampuan terhebatnya seperti Rasengan kepada Konohamaru. Konohamaru melakukan hal yang sama dengan Naruto, yaitu memasukan unsur alam ke Rasengan yang dia buat. Namun, yang membedakannya dengan Naruto adalah Konohamaru tidak kemudian merubah Rasengan elemennya menjadi Rasenshuriken.

Dalam kasus Konohamaru, sebuah jutsu yang diketahui bernama Wind Release: Rasengan berhasil dia ciptakan, yang mana teknik ini jauh lebih kuat dibandingkan Rasengan biasa, karena di dalamnya terdapat chakra elemen angin. Di seri Boruto, Konohamaru diperlihatkan sangat bergantung pada teknik ini, sama seperti Naruto dulu yang menggunakan Rasengan sebagai kemampuan utamanya.

Membaca Situasi

Naruto Uzumaki adalah shinobi terkuat di seluruh serinya, dengan hanya Sasuke Uchiha yang menjadi rival utamanya. Meskipun memang harus diakui bahwa Naruto jauh lebih kuat dibandingkan Naruto dalam hal kekuatan, tapi Naruto tidak bisa membaca situasi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh Konohamaru. Dalam seri Boruto, Konohamaru sering kali terlihat siap dalam menghadapi berbagai situasi.

Contohnya, ketika dia diserang oleh sebuah segel Jutsu oleh Kashin Koji, Konohamaru kemudian dengan cepat menggunakan tekni pelepas segel sebagai langkah pencegahan. Konohamaru juga adalah sosok shinobi yang jauh lebih tenang dibandingkan Naruto, yang ketika mudanya, sering kehilangan kesabaran dan tidak pernah tenang.

Menjadi Anbu

Meskipun tidak secara resmi menjadi bagian dari Anbu, Konohamaru Sarutobi pernah menjadi bagian dari Anbu dalam salah satu misi untuk menyelamatkan Mitsuki. Dalam ceritanya kita melihat bagaimana Konohamaru menyusup ke Iwagakure dan menyelamatkan muridnya dari cengkraman musuh dengan menggunakan pakaian seorang Anbu.

Sama seperti menjadi pemimpin sebuah tim ninja, kesempatan menjadi Anbu tidak pernah datang kepada Naruto. Di masa mudanya, Naruto banyak menghabiskan waktunya untuk menghadapi Akatsuki, dan menyelamatkan dunia dari kehacuran. Lagipula, bukan tipikal seorang Naruto untuk menyerang secara diam-diam dan terlibat dalam misi penyusupan.

1
2