Buah iblis adalah bagian penting dalam cerita One Piece dan sudah diperkenalkan sejak seri tersebut dimulai. Buah-buahan ini dikenal sebagai “harta karun laut” dan memberikan kekuatan yang luar biasa kepada siapa saja yang memakannya. Sementara itu Haki di sisi lain adalah kekuatan yang diperkenalkan kepada para penggemar di tengah-tengah seri One Piece. Walau sama-sama memberikan kekuatan lebih pada para penggunanya, tetapi ada beberapa hal yang membuat buah iblis mampu lebih baik dari haki. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks.

Devil Fruit Lebih Beragam

image source: cbr.com

Buah iblis di dunia One Piece jarang sekali ditemukan di Four Blues. Tetapi buah iblis lebih mudah ditemukan di Grand Line, di mana hampir setiap bajak laut memiliki buah iblisnya masing-masing. Yang hebat tentang buah iblis adalah setiap buah iblis menghasilkan kekuatan yang berbeda satu sama lain. Buah iblis mampu memberikan kekuatan untuk membuat gempa, hingga mengubah seseorang menjadi naga. Oleh sebab itulah kemampuan buah iblis menjadikan sang penggunanya lebih unik, tidak seperti kemampuan Haki.

Tidak Perlu Latihan Ekstra

image source: kompas.com

Seorang pengguna buah iblis tidak perlu melatih dirinya untuk dapat mengeluarkan potensi penuh dari buah iblisnya. Sebagian besar kemampuan buah iblis didapatkan secara instan oleh penggunanya. Misalnya Kaku dan Kalifa yang dapat menggunakan kemampuan buah iblis mereka secara langsung setelah memakannya. Tapi ada juga pengguna buah iblis yang berupaya untuk mencapai potensi tertingginya, seperti halnya Luffy. Ketika menggunakan Gomu Gomi, Luffy perlu melatih kemampuannya sehingga ia bisa menggunakannya secara efisien. Tapi jika Luffy bisa memilih, Luffy juga bisa menggunakan buah iblis tanpa harus berlatih.

Beragam Kemampuan

image source: duniagames.co.id

Seperti yang disebutkan di poin pertama, buah iblis sangat banyak dan dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis buah iblis, yang meliputi Paramecia, Logia, dan Zoan. Paramecia memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan zat tertentu atau mempengaruhi tubuh mereka dengan cara tertentu. Logia sebaliknya, yang memberikan kekuatan untuk menciptakan, mengontrol sesuatu. Sementara Zoan adalah buah iblis yang memberikan penggunanya kekuatan dari hewan atau makhluk mitologi, yang membuat mereka sulit untuk dilawan dalam pertempuran. Dengan banyaknya buah iblis, kekuatan yang dihasilkan pun beragam dan sangat unik.

Sistem Kekuatan yang Unik

image source: kopi17an.com

Buah iblis memberikan sistem unik yang membuat pertarungan di One Piece berbeda dari cerita lain. Berkat kekuatan buah iblis, seseorang bahkan dapat menghancurkan dunia. Bahkan ada beberapa buah iblis yang tidak memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Tapi nih Geeks, bahkan orang yang lemah pun bisa mengalahkan yang kuat jika ia menggunakan buah iblis yang tepat, seperti yang terlihat saat Luffy mampu mengalahkan Enel karena Luffy memiliki daya tahan terhadap petir. Padahal, Enel kala itu berada di level kekuatan yang jauh di atas Luffy.

Awakening

image source: onesenpai.blogspot.com

Kekuatan buah iblis pasti terbatas, dan buah iblis hanya membiarkan seseorang menggunakan kekuatannya sampai tingkat tertentu. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kekuatan buah iblis dapat ditingkatkan dengan mencapai awakening, sehingga penggunanya mampu melampaui batas kekuatan sebelumnya. Saat mencapai awakening, kekuatan sang pengguna buah iblis akan semakin meningkat dan membuka potensi kemampuan-kemampuan baru yang didapat oleh pengguna. Oleh sebab itu buah iblis dapat dikatakan lebih mematikan dari haki.

Featured image: twitter.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/