Trailer pertama Godzilla vs Kong telah dirilis beberapa waktu lalu. Namun ada yang unik dalam trailer tersebut. Pasalnya, Godzilla diperlihatkan sebagai villain. Padahal, Godzilla diceritakan sebagai pahlawan di dua film sebelumnya. Sepanjang trailer, Godzilla menciptakan teror di seluruh dunia. Bahkan, kejadian itu membuat para ahli kebingungan. Bahkan dalam sebuah adegan, kita diperlihatkan saat media memberitakan bahwa serangan yang dilakukan Godilla menimbulkan korban jiwa. Organisasi Monarch pun bingung dengan motif Godzilla.

Trailernya menyimpulkan bahwa serangan yang dilakukan Godzilla tidak bisa dipahami. Dr. Mark Russell yang diperankan oleh Kyle Chandler bahkan menyebut “Godzilla di luar sana dan dia menyakiti orang-orang, dan kami tidak tahu mengapa!”. Kong sepertinya akan menjadi satu-satunya harapan umat manusia untuk menghentikan pembantaian ini, dan Kong diperlihatkan diangkut melintasi lautan dengan menggunakan kapal induk. Saat itulah, Godzilla datang dan memburu Kong, hingga akhirnya pertempuran besar tidak terelakkan.

Hiro Studios

Dalam sejarah film Godzilla, Godzilla memang tidak selalu menjadi sosok pahlawan. Memang di Monsterverse, Godzilla pernah menyelamatkan umat manusia, yang diperlihatkan dalam film Godzilla dan Godzilla: King of the Monsters. Namun terlepas dari masa lalu, sekarang Godzilla diperlihatkan sebagai villain atau musuh utama dalam filmnya. Ada beberapa alasan mengapa Godzilla menjadi jahat.

image source: filmschoolrejects.com

Pertama adalah pikiran Godzilla dikendalikan. Bisa saja pikiran Godzilla dikendalikan, sehingga ia bertindak diluar batas. Salah satu cara untuk bisa mengendalikan Godzilla adalah dengan teknologi Orca yang diperlihatkan dalam film Godzilla: King of the Monsters. Teknologi Orca dapat membangkitkan, berkomunikasi, dan mengubah perilaku para TItan. Meskipun teknologi Orca dianggap sudah dihancurkan, tetapi sepertinya teknologi Orca bisa dikembangkan kembali dan digunakan oleh organisasi jahat.

Selain teknologi Orca, ada lagi kemampuan yang bisa mengendalikan Godzilla, yaitu telepati. Yap, telepati bisa digunakan untuk mengendalikan Titans. Kemampuan ini telah diperlihatkan dalam film-film terdahulu Godzilla. Contohnya di film Godzilla vs Biollante. Koneksi antara manusia dan Titan pun sebenarnya sudah diperlihatkan dalam film Godzilla: King of the Monsters.

Kedua adalah Godzilla bisa saja tidak membuat kehancuran sama sekali. Apa yang kita lihat di trailer bisa saja merupakan Mechagodzilla (robot yang dibuat mirip seperti Godzilla). Trailernya pun memperlihatkan bahwa ada mata merah yang bersinar, yang tampaknya cocok dengan ciri-ciri Mechagodzilla. Namun jika benar itu adalah sosok Mechagodzilla, tentunya ada orang yang mengendalikan robot tersebut, yang memiliki niat jahat atau rencana tertentu.

Terakhir, mungkin saja Godzilla menjadi jahat karena ia mempertahankan gelar sebagai raja monster. Sebelumya sudah diperlihatkan bahwa Godzilla dan Kong adalah musuh sejak lama. Dan mengingat Kong tidak tunduk pada siapapun, maka sangat wajar jika Godzilla mencoba menegaskan dominasinya dengan cara mengalahkan Kong. Tapi pertarungan mereka berdua malah berdampak pada Bumi dan korban manusia yang berjatuhan. Terlepas dari apa yang sebenarnya terjadi pada filmnya, tentunya itu akan menjadi misteri yang akan terpecahkan saat kalian menonton filmnya.

Featured image: myhotposters.com

Hiro Studios