Tidak hanya sebagai Nicktoon paling sukses sampai sekarang, SpongeBob SquarePants juga menjadi serial animasi Amerika yang bertahan paling lama dengan lebih dari 10 season. Besutan sutradara Stephen Hillenburg, SpongeBob SquarePants memulai debutnya di Nickelodeon pada tahun 1999, dan sejak saat itu karakter spons laut yang sangat terkenal ini siap mengembangkan petualangannya dalam beberapa spin-off.

SpongeBob SquarePants merupakan serial animasi yang isinya tentang aktivitas harian SpongeBob di kota bawah air. Kota bawah air ini dikenal dengan nama Bikini Bottom. Aktivitas harian SpongeBob itu juga dilengkapi dengan kehadiran Patrick Star dan Sandy Cheeks, sahabatnya. Kemudian, Squidward Tentacles, tetangganya. Lalu, Mr. Krabs, bosnya.  Popularitas SpongeBob patut diacungkan jempol. Pasalnya, serial animasi ini telah beranjak dari tv ke video game, bahkan ke film!

Hiro Studios

Meski sebelumnya spin-off dari SpongeBob SquarePants bertentangan dengan rencana Hillenburg, namun saat ini Nickelodeon sedang dalam proses penggarapan spin-off. Mereka akan fokus pada sebuah karakter yang berbeda. Karakter ini akan membuat penggemar kembali ke masa anak-anaknya, seperti ketika bertemu dengan karakter utama. Berikut ini adalah ketiga spin-off SpongeBob SquarePants yang akan datang, yuk kita simak Geeks!

Kamp Koral: SpongeBob’s Under Years

Image source: screenrant.com

Kamp Koral: SpongeBob’s Under Years adalah serial prekuel animasi CG, yang akan memberikan sedikit gambaran kepada seperti apa kehidupan bertahun-tahun sebelum serial animasi utama SpongeBob SquarePants. Kamp Koral akan menampilkan SpongeBob yang masih berumur 10 tahun. Di sana dia, memiliki banyak kegiatan seperti, memancing ubur-ubur, membuat api unggun, dan berenang di Danau Yuckymuck, tidak hanya bersama Patrick dan Sandy tetapi ada juga Squidward dan Mrs. Puff sebagai konselor. Kemudian, Mr. Krabs mengawasi semuanya. Kamp Koral juga sebelumnya pernah muncul di film terbaru Spongebob berjudul Sponge on the Run (2020), dimana ada adegan flashback saat para karakter ini baru berkenalan di Kamp tersebut.

The Patrick Star Show

Image source: animationmagazine.net

Meski Patrick Star dikenal dengan aksi konyolnya di Bikini Bottom, tapi sebenarnya dia adalah karakter yang cukup populer untuk tampil di acara TVnya sendiri. Rencananya, serial ini akan tampil dengan gaya talk show versi Patrick sebagai pembawa acara. Nantinya, bintang tamu acara itu juga melibatkan para karakter di SpongeBob SquarePants. Serial The Patrick Star Show sedang dalam proses pengembangkan sejak Agustus 2020. Tapi, belum ada tanggal rilisnya. Tunggu jadwal rilisnya yuk Geeks!

Proyek Misterius Netflix

Image source: screenrant.com

Flashback ke November 2019, spin-off “berbasis musik” yang berfokus pada Squidward ini dikabarkan sedang dalam pengembangan di Netflix, tetapi menurut cuitan Twitter produser eksekutif SpongeBob SquarePants Vincent Waller, tidak ada proyek semacam itu yang akan tayang di Netflix, tapi tidak menutup kemungkinan untuk acara tersebut akan dibuat. Lalu pada Maret 2020, ViacomCBS telah mengabarkan ada dua produksi film spin-off untuk Netflix yang detailnya masih belum diketahui. Karena Patrick telah memiliki acaranya sendiri, maka bisa saja satu acara lainnya akan berfokus pada Squidward atau mungkin Sandy.

Hiro Studios