Sea-Floor Stroll

Arlong dan kelompok bajak laut Matahari yang dia pimpin benar-benar membuat keributan besar dan kekacauan di desa Cocoyashi. Nami dan Nojiko menjadi bukti dari tindakan Arlong yang sangat jahat. Beruntung, Luffy akhirnya datang dan kemudian berhasil mengalahkan Arlong dan anak buahnya. Angkatan laut pun kemudian memindahkan mereka ke penjara.

Hatchan adalah salah satu dari kelompok Matahari yang saat itu menyerang desa Nami, dan dia juga saat itu hendak dipenjara. Namun, karena keberuntungan Hatchan berhasil melarikan diri dari kurungan dan mulai melakukan perjalanan solonya. Yang menarik adalah Hatchan kemudian bertemu dengan Camie untuk pertama kali di cerita ini.

The Stories of the Self-Proclaimed Straw Hat Grand Fleet

The Stories of the Self-Proclaimed Straw Hat Grand Fleet berkisah tentang petualangan individu dari para anggota utama Armada Besar Topi Jerami (Straw Hat Grand Fleet) setelah mereka berpisah di Dressrosa. Ini adalah aliansi – atau bisa dibilang ada kru besar dari Luffy – dimana para bajak laut tersebut memutuskan untuk menjadi sekutu dari kelompok Topi Jerami.

Dan dalam cerita ini kita melihat kehidupan dan tingkah laku konyol dari para pengikut Luffy tersebut. Diperlihatkan bahwa Bartolomeo mengunjungi sebuah pulau dan menjual berbagai pernak-pernik Topi Jerami dan bahkan dia berani membakar bendera milik kelompok Rambut Merah. Sementara kelompok yang lainnya pun tidak kalah menarik.

Enel’s Great Space Operations

Seri One Piece tering kali menghadirkan sebuah koneksi yang cukup aneh yang membuat para fans bertanya-tanya. Serinya sering kali menghilangkan garis batas antara filler dan canon. Enel’s Great Space Operations adalah satu diantaranya. Enel’s Great Space Operations sendiri berkisah tetap Enel yang kemudian pergi ke bulan, setelah dia kalah dari Luffy dan terusir dari pulau langit.

Di bulan, Enel menemukan sebuah peradaban dimana para penduduknya memiliki ukuran tubuh yang kecil. Mereka harus menghadapi musuh berbahaya, bajak laut angkasa. Enel akhirnya membantu para penduduk tersebut mengalahkan bajak laut angkasa. Yang unik dari cerita ini adalah semuanya canon. Artinya One Piece memang menghadirkan konsep luar angkasa, terlepas fokus utamanya ada di bumi dan laut.

Ace’s Great Blackbeard Search

Seperti yang kita ketahui, setelah Blackbeard membunuh rekannya di kelompok Whitebeard, Thatch, Ace pun mulai bergerak untuk mencari keberadaan Blackbeard. Inilah yang menjadi alasan mengapa Shanks kemudian menemui Whitebeard dan memintanya untuk mencegah Ace tidak bertarung melawan Blackbeard. Meskipun dalam versi animenya cerita sampul ini muncul untuk beberapa saat, di manganya sendiri kita bisa melihat cerita sepenuhnya.

Pencarian Blackbeard oleh Ace ini berlangsung selama 29 chapter, dengan masing-masing gambar menghadirkan makna yang berbeda. Mungkin suatu saat ini Oda Sensei bisa membuat sebuah spinoff atau mini seri yang diadaptasi dari cerita sampul ini.

CP9’s Independent Report

Para fans beranggapan bahwa Rob Lucci dan seluruh tim CP9 sudah tewas setelah perintah buster call muncul di Enies Lobby. Para fans animenya mungkin akan penasaran dengan nasib mereka, karena memang di animenya sendiri tidak diberi tahu kelanjutannya. Di manganya sendiri hal ini diperlihatkan melalui cerita sampul CP9’S Independent Report. Tidak ada aksi atau apapun dalam cerita ini, hanya Rob Lucci dan para anggota CP9 yang terluka diperlihatkan berada di sebuah pulau yang tenang dan damai. Mereka diperlihatkan berjuang dalam masa penyembuhan, sekaligus merencanakan langkah mereka selanjutnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.