Buah iblis salah satu kekuatan yang banyak diperlihatkan dalam cerita One Piece selain Haki. Buah iblis merupakan buah yang mampu memberikan kekuatan dahsyat, kepada siapapun yang memakannya. Kekuatannya sendiri sangatlah beragam, mulai dari yang terlihat biasa saja sampai yang sangat luar biasa. Dengan kekuatan yang besar, buah iblis sering kali menjadi incaran banyak orang.

Buah iblis juga merupakan salah satu misteri besar dalam dunia One Piece. Pasalnya, meskipun banyak beredar dan memiliki banyak jenis, tetapi masih belum diketahui siapa pembuat atau siapa yang menciptakan buah iblis tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, banyak fans yang coba menerka-nerka tentang siapa yang membuat buah iblis. Hasilnya ada banyak sekali teori dan spekulasi tentang penciptaan buah iblis.

Buah Iblis Dibuat Oleh Im

Im atau Im Sama adalah karakter yang paling misterius dalam cerita One Piece saat ini. Kita tidak pernah tahu wajahnya, atau apakah dia wanita atau pria. Selama ini Im selalu muncul dalam siluet, dan diketahui merupakan pemimpin tertinggi Pemerintah Dunia. Dalam salah satu teori disebutkan bahwa Im adalah orang yang menanam/membuat buah iblis yang selama ini kita liat.

Who is IM-Sama | One Piece TheoryLalu, untuk apa sebenarnya buah iblis tersebut? Mengapa Im membuat buah iblis? Jawabannya tentu untuk menguasai dunia. Menghancurkan Kerajaan Kuno adalah upaya Im meraih kekuasaan di dunia. Dan untuk menghancurkan kerajaan yang hebat dan besar tersebut dibutuhkan sesuatu yang sangat kuat. Maka dari itu Im pun dengan sengaja membuat buah iblis untuk mempermudah “pasukannya” menghancurkan pasukan Kerajaan Kuno. Mungkin itulah alasan mengapa Pemerintah Dunia selalu menyembunyikan sejarah tentang abad yang hilang.

Sudah Ada Sejak Lama

Seperti yang disebutkan di awal, sampai saat ini kita masih belum tahu darimana buah iblis berasal, bagaimana buah iblis bisa ada di dunia One Piece, dan sebagainya. Bagaimana jika kemudian buah iblis sebenarnya sudah ada sejak awal bumi diciptakan? Lalu, mengapa dinamai buah iblis? Mungkin, dulu buah iblis adalah buah spesial biasa yang akan memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya.

[​IMG]Namun, buah iblis ini digunakan untuk berperang melawan sesamanya. Dalam hal ini, kemungkinan buah iblis digunakan oleh para Gorosei atau mereka yang terlibat dalam perang melawan Kerajaan Kuno dulu. Dengan kekuatan mereka yang mengerikan, bisa jadi orang-orang di zaman dulu menganggapnya sebagai buah yang memiliki kekuatan iblis, buah yang mampu menghancurkan apapun. Karena itulah mereka menamai buah tersebut sebagai buah iblis.

Berasal dari Sosok “Iblis Laut”

Selain Im, ada juga sosok lainnya yang dipercaya sebagai pencipta dari buah iblis yaitu “Sea Devil” atau iblis lautan. Menurut teorinya, iblis lautan ini adalah semacam kekuatan alam atau monster laut dengan kekuatan yang sangat dahsyat. Dan pihak Pemerintah Dunia mengetahui mengenai keberadaan sosok ini. Teorinya sendiri tidak menyebutkan dimana sang iblis laut berada sekarang secara pasti, namun mungkin ada di Laugh Tale.

user uploaded imageDengan kekuatannya yang sangat dahsyat, sang iblis laut dengan sengaja membuat buah iblis dan disertai dengan satu “kutukan” yaitu mereka tidak bisa berenang. Dengan hal itu, sang iblis laut bisa kemudian memakan jiwanya. Namun, teori ini juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa sang iblis laut sedang menunggu sosok yang layak untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Sang monster mungkin akan membantu mereka yang dianggap layak tersebut untuk menghadapi para “dewa” yaitu Pemerintah Dunia.

Kekuatan Jahat Yang Terjebak

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi ribuan atau bahkan jutaan tahun yang lalu di bumi ini, dan sama halnya dengan cerita di One Piece. Selama 800 tahun sejarah perdaban hilang, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat itu dan jauh sebelumnya. Salah satu teori menyebutkan bahwa kemungkinan buah iblis adalah hasil kesepakatan antara seseorang dengan iblis, yang memberikan mereka kekuatan.

One Piece: 5 Fakta Buah Iblis yang Jarang Diketahui! | KURIOEntah dipakai untuk kejahatan atau kebaikan, buah iblis tersebut terus berada di tubuh si pengguna sampai dia tewas. Namun, kekuatannya sendiri masih terus mencari cara agar dia mendapatkan “mangsa.” Dan akhirnya kekuatan itu pun masuk ke dalam buah yang kemudian ditemukan oleh manusia di zaman atau di era selanjutnya dan begitu seterusnya.

Diciptakan Oleh Iblis Sendiri

Teori yang juga tidak kalah menarik dan cukup ekstrem menyebutkan bahwa buah iblis memang diciptakan oleh sang iblis sendiri, melalui pohon yang dia buat. Konsepnya mirip seperti buah yang dimakan oleh Adam dan Hawa, yang membuat mereka diusir dari surga. Sang iblis dengan sengaja menciptakan buah iblis dengan kekuatan yang dahsyat, agar manusia saling berperang satu sama lain.

One Piece; Understanding the Devil Fruit Encyclopedia – What will happen if a person eats TWO Devil Fruits? – The Birds of HermesDan hal ini terbukti sekitar 800 tahun yang lalu, dimana 20 kerajaan bersatu untuk menghancurkan Kerajaan Kuno. Menurut teorinya, mereka diyakini menggunakan buah iblis tersebut untuk menghancurkan Kerajaan Kuno. Dan sampai saat ini, buah iblis tersebut masih terus digunakan oleh banyak karakter. Buah iblis menjadi berharga karena sangat langka dan spesial.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.