Kematian Ace tidak diragukan lagi adalah salah satu momen yang paling menyedihkan dan momen emosional dalam cerita One Piece. Hampir semua fans One Piece merasa kehilangan sosok Ace, dan merasakan kesedihan yang mendalam dari Luffy. Ace sendiri harus tewas setelah pukulan magma dari Sakazuki menghancurkan tubuh dari Ace. Meskipun Ace dan Sakazuki sama-sama pengguna Logia, namun Logia milik Sakazuki jauh lebih kuat.

Bertahun-tahun sudah berlalu sejak Ace terakhir kali muncul di cerita utamanya. Di babak terakhir arc Wanokuni ini para fans kembali dikejutkan dengan kembalinya sosok Ace. Diceritakan sosok Ace memiliki koneksi yang mendalam dengan Yamato, anak dari Kaido, dan bahkan Ace berencana untuk mengalahkan Kaido pada saat itu. Kembalinya Ace ini memunculkan pertanyaan di kalangan para fans, apa sebenarnya maksud dihadirkan kembali Ace dalam cerita?
Spekulasi yang berkembang menyebutkan bahwa penyerangan yang terjadi di Onigashima, semata-mata bukan hanya sebagai upaya untuk mengalahkan Kaido saja. Penyerangan ke Onigashima ini juga merupakan sebuah langkah “penebusan dosa” dari pertarungan yang terjadi di Marineford. Ada beberapa poin yang mendukung spekulasi ini, pertama hal ini sudah disampaikan oleh Oda Sensei sendiri.

Oda Sensei sebelumnya menyatakan bahwa Wano adalah arc paling besar saat ini. Level masif ceritanya akan melebihi pertempuran di Marineford dan sekarang memang kita melihat hal tersebut. Pertempuran di Marineford merupakan pertempuran antara dua nama besar dari era lama, Whitebeard dan Sengoku. Namun, dalam pertempurna di Onigashima, seperti yang disebutkan oleh Marco, ini adalah kebangkitan dari “generasi baru.”

Marco tentunya merujuk pada sosok Luffy, Kidd, Law, dan masih banyak lagi bajak laut muda lainnya. Peristiwa di Marineford adalah kekalahan terbesar bagi Luffy. Itu adalah momen dimana Luffy menyadari betapa lemahnya dia, dan masih banyaknya hal yang harus dia pelajari. Luffy di Marineford hanyalah seseorang dengan “modal nekat” tanpa persiapan apapun.

Namun, Luffy di Onigashima jauh lebih siap dari sebelumnya. Luffy sudah berlatih Advanced Armament Haki dan berbagai hal lainnya. Hal ini juga dibuktikan dengan hampir setiap karakter yang bertarung di Marineford “meminta” Luffy untuk pergi ke atap istana, dan bertarung melawan Kaido. Dalam peristiwa Marineford Luffy hanya sendirian, terlepas dari adanya bantuan dari Ivankov, Crocodile, ataupun anak buah Whitebeard.

Luffy tidak bersama dengan krunya, dan Luffy sendiri tidak dalam kondisi yang prima. Namun, kondisinya berbeda sekarang. Luffy dalam kondisi siap bertarung. Jinbe juga sekarang sudah bergabung, yang membuat kru Topi Jerami semakin lengkap. Poin terakhir adalah adanya koneksi antara Luffy dan Ace, seperti yang diperlihatkan di chapter 999 kemarin.

Rasanya Oda Sensei tidak akan begitu saja menghadirkan koneksi tersebut, demi sebuah cerita. Pasti ada maksud tertentu yang tersembunyi di dalamnya. Luffy kemungkinan akan melanjutkan apa yang sebelumnya gagal diraih oleh Ace, yaitu mengalahkan Kaido. Selain itu, dia juga ingin membuktikan mimpinya bahwa suatu saat nanti dia akan menjadi sosok raja bajak laut.

Pertempuran Onigashima akan menjadi suatu peristiwa dimana Luffy akan melampui Ace, dan juga menjadi ajang pembuktian kekuatan dari kru Topi Jerami di mata dunia. Ini adalah tempat dimana generasi baru akan menaklukan generasi lama, mengkonfirmasi reputasi mereka saat mereka di Sabaody.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.