Monkey D. Dragon adalah misteri besar yang belum terpecahkan sampai saat ini. Kita belum tahu banyak tentang sosok Dragon, selain dia adalah ayah dari Luffy dan juga pemimpin Pasukan Revolusi. Kita masih belum tahu apa kekuatan dari Dragon, sampai sejauh mana level kekuatannya, dan yang paling utama adalah apakah Dragon adalah pengguna kekuatan buah iblis?

Banyak teori yang kemudian bermunculan untuk mencoba menjelaskan mengenai kekuatan dari Monkey D. Dragon. Ada yang mengatakan Dragon tidak memiliki kekuatan buah iblis dan murni hanya Haki atau kekuatan fisiknya. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Dragon adalah pengguna buah iblis. Kembali, para fans pun banyak berspekulasi mengenai hal ini.

Sebagian mengatakan Dragon memiliki buah iblis Logia atau Paramecia yang berhubungan dengan cuaca, dan sebagian lainnya berpendapat bahwa Dragon memiliki kekuatan buah iblis Zoan. Menurut salah satu teori, buah iblis Zoan Dragon ini bisa dilihat dari tato yang ada di wajahnya. Hanya beberapa karakter saja yang memiliki tato unik seperti itu, dan sebagian besar dari mereka adalah para penduduk Shandia di pulau langit.

Menurut pembuat teori, tato tersebut bisa jadi ada hubungannya dengan simbol dari salah satu suku kuno di dunia yaitu suku Aztek. Lebih tepatnya, tato tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan  simbol lima matahari dalam suku Aztek yang ada hubungannya dengan mitos Questzalcoatl. Masing-masing matahari dipercaya mewakili sebuah masa dan berdasarkan “ramalan” yang ada saat ini, Luffy dipercaya akan membawa sebuah era baru bagi dunia One Piece.

Mereka juga percaya bahwa kemunculan dari Quetzalcoatl ini menjadi penanda tentang berakhirnya sebuah era, yang mana hal ini sesuai dengan deskripsi Dragon yang dianggap sebagai pemimpin Pasukan Revolusi dan kriminal paling dicari di seluruh dunia. Karena seperti yang kita tahu, Pasukan Revolusi berusaha untuk “membebaskan” wilayah-wilayah yang menjadi bagian dari Pemerintah Dunia. Ini tentunya bisa menjadi pertanda buruk bagi mereka yang sudah berkuasa sejak lama.

Quatzalcoatl sendiri adalah seekor naga/ular yang dipenuhi oleh bulu dan sering disebut sebagai “western dragon.” Mungkin hal ini terdengar mirip dengan bentuk naga dari Kaido, yang disebut sebagai “eastern dragon.” Berbicara mengenai Kaido, tato di tubuh Kaido sendiri menurut teorinya melambangkan sosok naga. Sehingga, tato pada tubuh Dragon pun kemungkinan besar menjadi bukti bahwa kekuatannya berkaitan dengan naga.

Oda Sensei sendiri kemungkinan besar terinspirasi dari suku Maya atau Aztek dan suku Inka, yang muncul sebelum kolonialisasi Amerika, dalam membuat karakter penduduk Shandia. Dan menariknya, kekuatan dari Quetzalcoatl sendiri berhubungan antara langit dan bumi. Besar kemungkinan Dragon dulu pernah melakukan sesuatu bagi para penduduk Shandia dan Dragon pun diberkahi oleh ilmu pengetahuan yang besar.

Dengan kemampuan tersebut dia menjadi jembatan antara “langit”, yang diwakili oleh kaum naga langit dan “bumi” yang merupakan manusia kebanyakan. Quetzalcoatls juga memiliki kekuatan angin, dan merupakan hewan yang sering memunculkan badai serta petir, yang mana hal ini sering kali kita lihat berkaitan dengan Dragon.

Setiap kali Dragon muncul di sebuah wilayah pasti selalu ada angin atau badai atau hujan yang muncul, misalnya saat di Loguetown atau di kerajaan Goa. Yang tidak kalah menarik juga adalah ornamen di kapalnya merupakan seekor naga, yang jika dilihat mirip seperti naga berbulu Quetzalcoatl. Selalu menarik untuk menebak mengenai kekuatan yang dimiliki oleh Dragon. Apakah Dragon memang memiliki kekuatan yang terinspirasi dari Quetzalcoatl? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.