Sudah menjadi rahasia umum bahwa Luffy dipercaya akan mewarisi tekad D, atau akan menjadi penerus dari Joy Boy. Seperti yang sudah banyak diungkapkan dalam ceritanya, akan ada seseorang yang kembali membangkitkan semangat atau tekad D akan sekali lagi dan mengambil alih dunia. Mereka akan membawa badai baru yang lebih besar ke seluruh dunia.

Dan sosok yang akan melakukan hal tersebut adalah Monkey D. Luffy. Sebagai protagonis utama dari serinya, Luffy diyakini akan mewujudkan semua mimpi-mimpi Joy Boy yang belum tercapai, dan kembali mengembalikan kejayaan dari klan D. Salah seorang fan kemudian memberikan pandangannya mengenai hal ini, dimana menurutnya semua hal tersebut memang benar. Keyakinan ini didukung oleh chapter 999 kemarin, yang sebenarnya menaruh pesan jelas bahwa Luffy memang adalah penerus dari Joy Boy.

Ada sebuah kronologi kejadian yang mungkin bisa menjelaskan hal ini. Pertama, Kozuki Oden dan Roger akhirnya menemukan arti dari Tekad D dan One Piece saat mereka di Laugh Tale. Namun, mereka sadar bahwa mereka terlalu cepat 20 tahun untuk menjadi penerus Joy Boy. Roger kemudian dengan percaya dirinya mengaku bahwa anaknyalah yang akan menjadi penerus Joy Boy.

Oden sendiri setelah pulang dari Laugh Tale, menolak tawaran bantuan dari Roger dan semua krunya untuk membuka perbatasan di Wano. Oden lebih memilih untuk membereskan semuanya sendiri dan bersiap untuk menyambut penerus dari Joy Boy. Setelah pulang, Roger kemudian sengaja bertemu dengan Whitebeard dan menceritakan semuanya tentang tekad D, Joy Boy, dan One Piece.

Whitebeard sendiri awalnya yakin bahwa Ace, yang merupakan anak dari Roger, ditakdirkan untuk menjadi orang yang ditunggu oleh Roger dan Joy Boy. Namun, Whitebeard kemudian sadar bahwa Ace bukanlah sosok tersebut. Dia bukanlah sosok yang disebutkan di dalam ramalan Joy Boy. Sebelum dia tewas, dia kemudian mengatakan bahwa akan mengakhiri era lama dan akan mempersiapkan semuanya untuk penerus Joy Boy.

Whitebeard sendiri bahkan melarang Ace untuk menghadapi Kaido beberapa tahun lalu, seperti diperlihatkan dalam flashback Yamato. Whitebeard sendiri sebenarnya sangat ingin untuk menghadapi Kaido dan membalas dendam atas kematian Oden, namun dia tahu bahwa itu tidak berguna. Hanya penerus dari Joy Boy yang bisa melakukannya, dan Whitebeard sadar bahwa Ace bukanlah sosok tersebut.

Ace belum siap dan tidak akan pernah siap untuk hal tersebut. Yamato kemudian membaca jurnal milik Kozuki Oden yang dia dapatkan sebelum istana Kuri terbakar. Setelah membaca jurnalnya, Yamato memiliki keyakinan yang sama dengan Whitebeard bahwa sosok penerus Joy Boy akan tiba suatu hari nanti di Wano. Dan sepertinya Yamato sudah paham – melalui namanya – bahwa Luffy adalah sosok tersebut.

Itulah kemudian alasan mengapa Yamato mengatakan bahwa dia sudah sejak lama menunggu Luffy, saat mereka pertama kali bertemu. Dan hal ini memang tidak salah. Luffy memulai sebuah pergerakan revolusi atau perlawanan sambil dia terkurung di penjara Udon. Dia mampu membangkitkan semangat para tahanan dan samurai untuk bangkit dan merebut kembali wilayah mereka dari Kaido.

Dia juga yang memimpin penyerbuan ke Onigashima, bersama aliansinya dan diyakini dia juga yang akan mengalahkan Kaido. Seperti yang ditulis oleh Oden dalam jurnalnya, kekuatan besar yang akan muncul dalam 20 tahun lagi dan bisa mengalahkan Kaido, itulah Luffy – dan aliansinya. Badai besar sepertinya memang akan muncul akibat tekad D yang kembali bangkit. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari petualangan Luffy di Wano ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.