Bajak laut dan angkatan laut adalah air dan minyak dalam cerita One Piece. Mereka tidak akan pernah bisa menyatu, akan selalu saling membenci dan menyerang satu sama lain. Kedua pihak ini adalah “karakter utama” dalama serinya, karena paling sering muncul dibandingkan pihak Pemerintah Dunia. Dan seperti biasa, di kedua kubu itu pun tidak selamanya semuanya baik dan juga jahat.

Semuanya tergantung pada siapa karakternya dan bagaimana spektrum moral yang mereka pegang. Karena itulah terkadang, ada beberapa bajak laut yang bisa dibilang cukup pantas untuk kemudian bisa menjadi seorang angkatan laut. Mereka begitu mengedepankan moral dan keadilan, yang mana menjadi sesuatu yang seharusnya menjadi dasar dari seorang anggota angkatan laut. Berikut adalah beberapa bajak laut yang lebih baik jadi anggota angkatan laut.

Sanji Vinsmoke

Sanji memang selalu menunjukan rasa kasih sayangnya atau belas kasihnya, terutama kepada lawan jenis yang memang sedang dalam bahaya. Contohnya adalah Robin dan Vivi. Tapi, di awal seriesnya Sanji sering kali memperlihatkan sifat bengisnya terhadap musuh ketika bertarung melawan musuh. Namun, hal ini berubah disepanjang seriesnya.

Sanji kini rela untuk menolong siapapun, bahkan mereka yang sudah berusaha untuk melukai atau membunuhnya. Contohnya, dia rela menyelamatkan keluarganya, keluarga Vinsmoke, saat mereka dalam cengkraman Big Mom. Padahal, Sanji adalah anak terbuang dari keluarganya. Ayahnya, Vinsmoke Judge, sering menghajar Sanji ketika masih kecil. Tapi, Sanji tetap rela menolong mereka. Sanji sebenarnya adalah sosok yang paling baik dari semua kru Topi Jerami. Keadilan dan kebaikan Sanji ini adalah wajah dari angkatan laut yang sebenarnya.

Trafalgar Law

Berbanding terbalik dengan sifat dan perilaku Luffy yang penuh dengan semangat, ceria, selalu menimbulkan kehebohan, Law justru merupakan sosok yang kalem, tenang, dan santai. Meskipun begitu, ketenangan inilah yang terkadang membantunya keluar dari berbagai masalah atau situasi pelik. Dan ini menjadi salah satu alasan mengapa Law adalah kandidat angkatan laut terbaik.

Law adalah sosok yang lebih sering menggunakan logikanya dibandingkan emosinya. Melihat dari sikapnya ini, jika Law menjadi bagian dari angkatan laut maka dia akan lebih cocok menjadi perwira tinggi seperti admiral. Karena ketenangan dan kejeniusan itulah yang sangat dibutuhkan, untuk mengatur strategi. Bahkan, ada beberapa teori yang mengatakan bahwa Law sebenarnya juga memiliki keterkaitan dengan angkatan laut.

Tony Chopper

Dengan bentuknya yang lucu dan juga tingkahnya yang konyol, mungkin sebagian besar Geeks akan berpikir bahwa Chopper tidak akan cocok atau tidak pantas untuk menjadi bagian dari angkatan laut. Mimpinya sendiri sangat bertolak belakang dengan apa yang dia lakukan saat ini, yaitu menemukan obat yang bisa menyembuhkan berbagai virus atau penyakit di seluruh dunia.

Namun, seperti kita tahu bahwa angkatan laut tidak melulu mengenai perang dan perang. Ada juga divisi lainnya, seperti halnya Dr. Vegapunk dengan divisi pengembangan dan riset. Chopper bisa saja bergabung dengan Dr. Vegapunk dalam hal ini di bagian tersebut. Dengan sumber daya yang lengkap, Chopper bisa dengan sepuasnya melakukan penelitian.

Nami

Sama halnya seperti kru Topi Jerami yang lain, tidak terhitung sudah berapa kali Nami menjadi incaran pihak angkatan laut dengan nilai buruannya yang cukup besar. Reputasi Nami sebagai “kucing pencuri” pun sebenarnya sudah sangat luar biasa. Meskipun begitu, Nami sepertinya masih memiliki rasa hormat kepada pihak angkatan laut, pasalnya dia dan sang adik, Nojiko, dibesarkan oleh mantan angkatan laut, Belle-Mere.

Jika kemudian Nami “bertukar peran” menjadi seorang bajak laut, diyakini dia bisa menjadi sosok bajak laut yang baik. Hal ini dikarenakan Nami akan mewarisi semangat juang dan keberanian dari Belle Mere. Nami juga tentunya tidak mau jika harus mengecewakan sang ibu.

Silvers Rayleigh

Rayleigh dikenal sebagai raja kegelapan, meskipun kita tidak pernah tahu apa sisi gelap dari Rayleigh. Yang ada justru Rayleigh adalah orang yang sangat peduli dengan nasib generasi selanjutnya. Rayleigh adalah salah satu dari sedikit karakter yang mengkhawatirkan masa depan dunia. Menjadi wakil dari mantan raja bajak laut, tentunya membuat orang penasaran bagaimana Rayleigh begitu humanis dibandingkan angkatan laut.

Inilah yang kemudian membuat Rayleigh dianggap cocok sebagai bagian dari angkatan laut. Dengan kebijaksanaan dan juga kekuatan yang dia miliki, Rayleigh mungkin bisa menjadi seorang admiral, layaknya Issho. Atau bisa juga dia berada di posisi tertinggi seperti Fleet Admiral atau Commander-in-Chief. Dengan Rayleigh menjadi pemimpin para pasukan angkatan laut, mungkin tidak akan ada korupsi lagi di kelompok tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.