James Bond adalah salah satu agen British Secret Service terkenal yang diciptakan oleh Ian Fleming dan memulai debutnya dalam novel Casino Royal pada tahun 1953. Secara total, James Bond muncul dalam 12 novel dan dua cerita pendek, dan James Bond terus mendapatkan petualangan baru, karena penulis lain resmi melanjutkan novel James Bond, setelah Ian Fleming meninggal pada tahun 1964. Buku novel James Bond yang terbaru adalah Forever and a Day, yang diterbitkan pada tahun 2018 dan ditulis oleh Anthony Horowitz.

James Bond juga terkenal karena sejarahnya di layar lebar, dengan franchise filmnya yang sudah berjalan selama puluhan tahun. Franchise James Bond sendiri sudah dimulai pada tahun 1962 lewat film Dr. No, dengan Sean Connery yang berperan sebagai 007 pertama, dan kemudian Sean mengulang perannya dalam lima film James Bond lainnya. Sejak itu, James Bond telah diperankan oleh lima aktor lagi yaitu George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan, dan terakhir Daniel Craig.

Tapi nih Geeks ada yang menjadi pertanyaan dari para fans, mengapa James Bond tidak pernah diceritakan mati. James Bond sendiri sudah bertahun-tahun menjalani misi berbahaya dan ia masih hidup hingga saat ini, tanpa adanya bagian dari tubuhnya yang “rusak”. Bond selalu bisa menemukan jalan keluar dari situasi berbahaya yang membuatnya hampir mati. Dengan kecerdasan dan keterampilannya, James Bond masih bisa selamat hingga sekarang. Bahkan James Bond meyakinkan beberapa villain besar bahwa dengan membunuh James Bond, maka hanya akan memperumit segalanya.

Semua itu membuat James Bond menjadi karakter yang sangat sulit untuk dibunuh, yang sesuai dengan citra yang diberikan Fleming kepada James Bond: seorang agent yang cerdas, terampil, dan dingin, yang selalu menemukan jalan keluar bahkan dalam situasi yang paling berbahaya. Fleming juga menggambarkan James Bond sebagai sosok yang memiliki banyak keberuntungan dalam banyak kesempatan. Dalam buku, Bond juga hampir mati berkali-kali, sampai pada titik di mana dia yakin akan mati, sebelum mencapai usia pensiun. Jadi pada akhirnya James Bond memutuskan pensiun sebelum dia terbunuh.

Dalam film, tidak matinya James Bond malah menjadi daya tarik dari film tersebut karena James Bond selalu berhasil melarikan diri dari kematian. Popularitas Bond selama bertahun-tahun dibuat juga dari beberapa hal, seperti bagaimana Bond menjadi mata-mata, melawan villain berbahaya, merayu wanita baru, menyelamatkan dunia, memiliki keberuntungan dalam setiap aksinya, dan melarikan diri dari kematian. Maka dari itu film James Bond tidak memperlihatkan karakter utamanya mati. Tapi bisa jadi jika nantinya James Bond akan benar-benar terbunuh.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/