Menjadi seorang ahli pedang adalah impian terbesar dari Roronoa Zoro yang saat ini masih coba dia wujudkan bersama Luffy, dan kru Topi Jerami. Dalam cerita One Piece, memang ada banyak sekali karakter yang menggunakan pedang sebagai senjata mereka. Mulai dari bajak laut biasa sampai angkatan laut, semuanya ada yang menggunakan pedang.

Meskipun begitu, Zoro adalah salah satu karakter yang populer dengan kemampuan pedangnya. Tapi, di luar anime One Piece ada juga berbagai karakter yang sama-sama memiliki kemampuan berpedang yang dahsyat. Dengan kemampuannya, para karakter ini diyakini bisa mengalahkan kemampuan berpedang milik Zoro. Lalu, siapa saja mereka?

Saber (Fate Series)

Tidak diragukan lagi Artoria Pendragon alias Saber adalah ahli pedang Inggris terbaik yang pernah ada. Saber mungkin tidak menggunakan katana seperti halnya Zoro, tapi dia memiliki pedang Excalibur, pedang legendaris dari era raja Arthur yang dikenal memiliki kekuatan magis yang dahsyat. Selain memiliki kemampuan untuk menghancurkan apapun dengan Excalibur miliknya, Saber juga memiliki kekuatan lain.

King of Knights memiliki kemampuan untuk sembuh dari luka separah apapun, berkat Noble Phantasm Avalon yang dia miliki. Meskipun Zoro adalah salah satu ahli pedang terbaik, dia akan menghadapi masalah besar jika kemudian harus menghadapi Saber dalam sebuah pertarungan, berkat kemampuan regenerasi Avalon dan juga kemampuan pedang Excaliburnya. Bukan tidak mungkin Zoro kalah dalam pertarungan ini.

Genryusai Yamamoto (Bleach)

Mantan pemimpin dari Gotei 13, Genryusai Yamamoto merupakan salah satu Shinigami terkuat dalam sejarah Soul Society. Dengan pengalaman bertarung lebih dari dua milenium, kemampuan Reiryoku yang hampir tidak terbatas, serta kekuatan yang bahkan sanggup menaklukan lawan manapun, Yamamoto akan menjadi tantangan berat lainnya bagi Zoro.

Dengan menggunakan Zanpakuto miliknya, Ryuujin Jakka, dan Bankainya, Zanka No Tachi, Yamamoto bisa saja menghancurkan seluruh Soul Society jika dia mau. Yamamoto sendiri tidak akan mengalami kesulitan melawan Zoro, meskipun usianya sudah tua. Dengan semua kekuatan dan kemampuan yang dia miliki, Zoro yang justru akan merasakan kesulitan.

Guts (Berserk)

Guts Sang Black Swordsman adalah karakter yang sangat ditakuti di cerita Berserk, berkat daya tahan dan kekuatan dahsyat yang dia miliki. Salah satu buktinya adalah Guts mampu mengalahkan 100 orang sendirian dan sudah tidak terhitung Apostles yang menjadi korban pedangnya. Guts sendiri mulai ikut bertempur di usianya yang masih sembilan tahun, dan sejak saat itu Guts selalu memenangkan pertempuran.

Kemampuan yang dia miliki dikombinasikan dengan keberingasan dari sosok Guts, memberikan keuntungan lebih bagi sang ahli pedang ini. Berbeda dengan Zoro yang lebih sering menggunakan pedangnya dalam pertarungan, Guts adalah seorang petarung (brawler) yang akan melakukan apapun untuk menang. Berserker Armor miliknya juga memberikan tambahan kecepatan, kekuatan dan stamina.

Killer B (Naruto)

Killer B merupakan jinchuuriki dari monster berekor delapan, dan memiliki justu pelepasan petir yang sangat dahsyat. B juga sangat ahli dalam hal berpedang, bahkan dia berhasil menaklukan sebuah pedang hidup, Samehada. Jika Zoro menggunakan tiga pedang, maka B menggunakan tujuh pedang yang diletakan diantara beberapa anggota tubuhnya.

Dengan kekuatan yang lengkap, Zoro bisa dipastikan akan sangat kesulitan untuk menghadapi Killer B. Meskipun begitu, pertarungan melawan B tentunya akan sangat menarik selain pertarungan melawan Guts. Killer B mungkin akan menggunakan monster ekor delapan miliknya jika situasi mendesak, sesuatu yang tidak dimiliki oleh Zoro.

Dracule Mihawk (One Piece)

Mihawk merupakan salah satu  mantan 7 raja lautan atau Shichibukai yang bekerja untuk angkatan laut. Mihawk bukanlah pemakan buah iblis. Kekuatannya benar-benar dia dapatkan dari hasil latihannya sendiri dan pengalaman selama bertahun-tahun. Kekuatan Mihawk sendiri ada pada kemampuan berpedangnya dan pedangnya sendiri, Yoru. Pedang Yoru merupakan salah satu dari 12 pedang terkuat yang pernah ada.

Meskipun kita jarang diperlihatkan bagaimana Mihawk beraksi dan bagaimana kekuatan Mihawk, dalam arc Marineford kita bisa melihat jelas bagaimana dahsyatnya seorang Mihawk. Mihawk pernah menjadi mentor bagi Zoro saat time-skip terjadi, dan meskipun dia sudah menjadi mentornya, Zoro tetap memiliki keinginan untuk bisa mengalahkan Mihawk. Tapi, rasanya itu bukan hal yang akan terjadi dalam waktu dekat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.