Seri Boruto: Naruto Next Geerations merupakan sekuel dari seri orisinal karya Masashi Kishimoto, Naruto. Boruto sendiri sudah berhasil memperluas universe para shinobi sambil tetap memegang inti dari seri orisinalnya. Dengan ninja masih menjadi pusat ceritanya, Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke sering kali dipaksa untuk menghadapi berbagai ancaman besar di bumi ini, seperti klan Otsutsuki.

Dengan musuh baru yang muncul di serinya, dan juga kekuatan mereka yang semakin lebih kuat, maka para shinobi pun harus naik level. Saat ini, Naruto sudah mendapatkan sebuah form baru yang dikenal sebagai Baryon Mode. Dan menariknya, bukan hanya Baryon mode yang muncul di seri Boruto. Ada juga beberapa teknik ninja tingkat tinggi baru yang diperkenalkan di seri ini. Apa saja?

Baryon Mode: Menyerap Chakra dan Jatah Hidup Seseorang

Baryon Mode adalah transformasi terbaru dari Uzumaki Naruto yang mana mode terbaru ini jauh lebih hebat dan lebih dahsyat dari form Naruto sebelumnya. Bahkan, ketika form terkuat Naruto sebelumnya tidak mampu untuk menghentikan Isshiki Otsutsuki, dengan menggunakan mode terbaru ini Isshiki pun nampak tidak berdaya. Bahkan, nyawanya kini terancam dengan jatah hidupnya yang semakin singkat.

Mode ini terjadi karena menggabungkan chakra asli Naruto dengan chakra milik Kurama, yang akhirnya menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa. Selain memberikan peningkatan dahsyat kepada Naruto, setiap serangan dari mode ini bisa mengurangi chakra dan jatah kehidupan seseorang secara drastis, yang mana kemampuan ini sangat berbahaya. Bahkan, mode ini sendiri berpotensi membunuh Naruto.

Space-Time Ninjutsu: Mampu Pergi ke Berbagai Dimensi

Selain Naruto, Sasuke juga adalah shinobi terkuat di dunia saat ini. Dia menjadi satu-satunya shinobi yang memiliki doujutsu Rinnegan. Setelah menguasai seluruh kekuatannya, Sasuke akhirnya berhasil menguasai teknik yang lebih dahsyat dan baru seperti ninjutsu ruang dan waktu. Teknik dahsyat ini pertama kali diperkenalkan di seri manga Boruto: Naruto Next Generation chapter 6.

Dengan menggunakan ninjutsu ini, Sasuke bisa mendapatkan akses untuk pergi ke dimensi yang dan pergi ke sebuah lokasi tujuan dalam hanya hitungan detik. Dengan kemampuan ini, Sauke menjadi sosok shinobi satu-satunya yang mampu mengikuti pergerakan lawan dengan cepat dan juga mampu mengikuti kemana perginya klan Otsutsuki.

Sukunahikona: Mampu Mengecilkan Benda Apapun

Saat ini, tidak diragukan lagi Isshiki adalah karakter paling kuat di universe Naruto. Dia memiliki doujutsu misterius yang belum diketahui sampai saat ini. Yang pasti, doujutsu tersebut mampu menghadirkan berbagai teknik yang mengerikan dan sangat kuat. Salah satunya adalah Sukunahikona. Secara teknis, doujutsu ini membuat Isshiki mampu mengecilkan benda tidak hidup apapun yang ada di depan matanya menjadi seukuran mikroskopik.

Benda-benda yang kemudian dikecilkan oleh teknik ini kemudian akan berada di sebuah dimensi, dimana Isshiki kapanpun bisa kembali memanggilnya dan menggunakannya. Meskipun tidak bisa diaplikasikan ke tubuh manusia lainnya, namun teknik ini bisa diaplikasikan ke tubuhnya sendiri yang mana inilah yang membuatnya bisa tinggal di dalam tubuh Jigen.

Daikokuten: Sebuah Dimensi Kecil Dimana Waktu Tidak Terpengaruh

Daikokuten bisa dibilang adalah doujutsu lainnya yang “satu paket” dengan Sukunahikona milik Isshiki. Di poin atas disebutkan bahwa semua benda yang dikecilkan oleh Sukunahikona akan masuk ke sebuah dimensi misterius, yang mana suatu saat bisa kembali digunakan oleh Isshiki. Untuk melakukan hal tersebut Isshiki akan menggunakan teknik Daikokuten.

Daikokuten adalah sebuah dimensi tersembunyu (pocket dimension) yang dimiliki Isshiki Otsutsuki, dimana waktu tidak berjalan di dimensi tersebut. Semua benda yang sudah dikecilkan oleh Sukunahikona akan disimpan di dimensi ini. Teknik ini pertama kali diperkenalkan saat Isshiki bertarung melawan Kashin Koji. Kashin Koji sendiri tidak mengira Isshiki memiliki teknik semacam itu.

Segel Karma: Dapat Memberikan Kekuatan Seorang Otsutsuki

Segel Karma adalah salah satu kekuatan baru yang diperkenalkan di awal seri Boruto, dan segel ini memiliki koneksi yang mendalam dengan klan Otsutsuki. Bisa dibilang segel Karma ini adalah salah satu cara bagi klan Otsutsuki untuk bisa tetap hidup abadi. Segel Karma ini berisi data-data dari tubuh seorang Otsutsuki, yang kemudian disimpan di dalam “wadah.” Segel ini bisa sewaktu-waktu digunakan ketika seorang Otsutsuki akan kembali reinkarnasi.

Mereka yang menjadi wadah dari segel Karma memang akan mendapatkan kekuatan dahsyat dari Otsutsuki tersebut. Contoh nyatanya adalah Boruto dan Kawaki. Namun, selain bisa memberikan tambahan kekuatan dahsyat kepada mereka yang menjadi wadahnya, mereka juga akan mati karena dalam jangka waktu tertentu, Otsutsuki tersebut akan mengambil alih tubuhnya dan dia pun mereka pun tewas.

Jougan: Doujutsu Yang Masih Belum Diketahui Kekuatannya

Jougan merupakan salah satu Jutsu baru lainnya yang diperkenalkan dalam cerita Boruto: Naruto Next Generations. Jougan juga merupakan salah satu doujutsu terkuat selain tiga doujutsu mematikan yang populer (Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan). Kemampuan doujutsu ini hanya dimiliki oleh satu orang saja, yaitu Boruto Uzumaki. Namun, kabarn doujutsu ini juga dimiliki oleh klan Otsutsuki. Kekuatan dari Jougan sendiri belum dijelaskan secara sempurna, tapi yang pasti ketika diaktifkan Boruto bisa mengendalikan ruang dan waktu, serta mampu melihat lokasi titik lemah dari musuhnya.

Otsutsukifikasi: Memindahkan Karma Yang Terdapat DNA Otsutsuki di Dalamnya

Proses Otsutsukifikasi adalah kemampuan dari semua anggota klan Otsutsuki, dimana mereka akan melakukan proses ini agar bisa hidup untuk selamanya. Hal ini dimulai dengan memberikan segel Karma kepada seseorang tertentu. Karma ini menyimpan semua informasi dan DNA dari seorang Otsutsuki yang sudah dikumpulkan.

Seiring berjalannya waktu, segel Karma tersebut akan mengeluarkan seluruh data Otsutsuki di dalamnya dan mengambil alih tubuh si pengguna. Orang yang memiliki segel ini kemudian akan berubah sepenuhnya menjadi sosok Otsutsuki, dan pemilik tubuh aslinya akan tewas. Ini adalah cara klan Otsutsuki agar bisa tetap hidup abadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.