Episode terbaru dari seri anime One Piece mengungkapkan seberapa pentingnya peran Tama dalam pertempuran di Onigashima nanti. Ketika Luffy pertama kali tiba di Wano, dia kemudian bertemu dengan seorang perempuan muda bernama O-Tama. Dalam pertemuannya tersebut para fans seolah diberikan petunjuk bahwa Tama adalah sosok yang penting di arc Wanokuni.

Tama adalah orang yang memberikan gambaran kepada Luffy (dan juga para fans) tentang seberapa buruk kondisi Wano saat ini. Tama menjelaskan bahwa mereka semua kelaparan dan tidak memiliki apa-apa. Sedikit demi sedikit kita kemudian mulai melihat bahwa Tama memang akan memiliki peran yang penting dan lebih besar lagi dalam perang besar melawan Kaido.

Bukti paling nyata dari hal ini muncul di episode terbaru kemarin, yang memperlihatkan seberapa pentingnya buah iblis Tama. Di episode 953 kemarin kita melihat bagaimana persiapan terakhir Luffy, Hyogoro, dan yang lainnya dalam pertempuran besar melawan Kaido. Luffy berlatih keras bersama Hyogoro untuk bisa menghancurkan pertahanan kuat Kaido.

One Piece - Tama The power of Kibi Dango - YouTubeDan dalam salah satu adegan, kita melihat dimana kepala penjara tambang Udon, Babanuki, melaporkan situasi yang terjadi di penjara pasca kepergian Queen. Babanuki melaporkan bahwa semuanya baik-baik saja dan tidak ada satupun kejadian yang mencurigakan. Padahal sebenarnya situasi pada saat itu, seluruh tahanan Udon sudah lepas dan bersiap untuk membantu pasukan aliansi Luffy bertarung.

Semua itu berkat buah iblis Kibi Dango milik Tama, dimana efek dari buah iblisnya adalah mampu mengendalikan para Gifter (mereka yang memiliki kemampuan buah iblis SMILE).  Mereka yang memakan buah iblis tersebut akan menuruti semua perintah Tama, seolah-olah mereka adalah binatang peliharaannya. Selain para Gifter, Kibi Dango juga memiliki efek kepada binatang buas. Contohnya adalah Komachiyo dan Hihimaru, dimana Luffy dan Tama berhasil menunggangi Komachiyo.

Jika kemudian buah iblis Kibi Dango ini memiliki efek yang luar biasa terhadap kepala penjara Udon, maka muncul kemungkinan bahwa buah iblis Kibi Dango juga bisa digunakan untuk menghadapi anak buah Kaido lainnya di Onigashuma. Hal ini tentunya bisa menjadi kunci kemenangan pasukan aliansi Luffy karena saat Luffy dan pasukannya kekurangan orang, Tama mungkin bisa membalikan keadaan dengan “menjinakan” para anak buah Kaido tersebut dan kemudian memaksanya untuk membantu Luffy.

Jika hal ini dilakukan, maka jumlah pasukan Luffy secara otomatis akan bertambah karena mereka akan menuruti perintah Tama. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Tama memang akan memanfaatkan kemampuannya tersebut dalam perang di Onigashima, karena pada kenyataannya untuk melakukan hal tersebut butuh usaha yang keras. Dengan jumlah pasukan Kaido yang mencapai puluhan ribu, maka artinya Tama harus mengeluarkan Kibi Dango dari pipinya dalam jumlah yang banyak. Dan hal ini mungkin saja membunuh Tama dalam prosesnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.