Film Independence Day pertama dirilis pada tahun 1995, dan di film tersebut Will Smith berperan sebagai seorang militer bernama Kapten Steven Hiller, yang memimpin sebuah skuadron untuk menyerang alien yang ingin menghancurkan Bumi. Film Independence Day kemudian sukses lewat pendapatan yang besar di box office, mendapatkan kritikan positif, serta memenangkan Academy Award untuk Efek Visual Terbaik. Tapi, kira-kira dua dekade kemudian, Will Smith membuat keputusan yang mengejutkan dengan dirinya menolak peran utama dalam Independence Day: Resurgence.

Selepas Fox memberi lampu hijau terkait produksi Independence Day: Resurgence pada November 2014, sebuah kabar yang saling bertentangan muncul melaporkan tentang ketidakhadiran Smith di projek tersebut. Sutradara Roland Emmerich menyatakan bahwa pemeran utama pilihannya “terlalu mahal”, dan kemudian mengungkapkan melalui situs HeyUGuys bahwa karakter Smith memang bagian dari naskah aslinya.

Ketika penulis baru dipekerjakan untuk sekuel kedua itu, alur cerita bergeser ke generasi baru, dan sosok Kapten Steven Hiller masih tetap ada dalam naskah. Namun, pada Februari 2016, Smith menyatakan melalui BBC Radio 1Extra bahwa itu adalah langkah karier yang tepat. Jadi, alih-alih ia mengulangi perannya sebagai Hiller di Independence Day: Resurgence, Smith lebih senang menyelaraskan dirinya dengan DCEU untuk film Suicide Squad.

Sedangkan Independence Day: Resurgence memiliki anggaran 165 juta dollar, Suicide Squad menghabiskan biaya yang sama yaitu sekitar 175 juta dollar. Kedua film tersebut sebagian besar disorot oleh kritikus, namun produksi dari DCEU memiliki pendapatan sekitar 750 juta dollar, jauh lebih banyak dari sekuel kedua Independence Day.

Bagi Smith, ini tentang membuat pilihan yang tepat untuk fase karier selanjutnya. Dia mendapatkan nominasi Golden Globe untuk penampilannya sebagai Dr. Bennet Omalu di Concussion, dan Suicide Squad memungkinkan dia untuk terhubung lebih banyak dengan generasi baru penggemar komik DC. Dalam wawancara dengan BBC Radio 1Extra pun Smith sempat menyinggung bahwa di dunia hiburan ada daya tarik untuk bernostalgia, dan kadang itu tidak akan berhasil.

“Dunia berada di tempat nostalgia saat ini … Khususnya dalam hiburan, ada daya tarik untuk nostalgia, jadi itu hanya kesempatan yang sempurna dan tidak berhasil.” Ungkapnya.

Independence Day: Resurgence lalu menghormati kontribusi Smith dalam film aslinya melalui beberapa referensi visual, bersama dengan pengungkapan bahwa karakternya meninggal saat menguji pesawat yang dibuat dengan teknologi alien.

Di sekuel keduanya itu, alur ceritanya berkisar pada Dylan Hiller (Jessie Usher), anak tiri dari Steven Hiller yang merupakan Kapten dari The Earth Space Defense. Independence Day: Resurgence mungkin akan menghasilkan lebih banyak pendapatan di box office jika Smith muncul sebagai peran utama, dan subplot “pengorbanan terakhir” bisa saja diubah untuk tindakan akhir yang lebih berdampak secara visual. Mengingat bahwa Independence Day adalah karya klasik tahun 90an, masuk akal jika Smith memutuskan untuk meninggalkannya demi tantangan baru di masa depan.