Semua orang tentunya sudah tahu dengan Darth Vader, Luke Skywalker, dan Rey Skywalker. Ketiganya memang sosok paling terkenal dalam franchise Star Wars. Tetapi sebenarnya ada sosok lain yang juga cukup terkenal yaitu Ahsoka Tano. Dia adalah salah satu hasil kreasi George Lucas dan Dave Filoni, dan pertama kali diperkenalkan dalam serial animasi Clone Wars sebagai sosok yang dianggap tangguh oleh Anakin Skywalker.

Bersama-sama, Ahsoka Tano dan Anakin bertempur melawan Sith, the Separatists, dan pasukan droid mereka selama tiga tahun lamanya diantara film Episode II – Attack of the Clones dan Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith. Sampai pada suatu titik, Ahsoka Tano begitu saja meninggalkan Jedi Order sesaat sebelum akhir Clone War terjadi. Keputusan Ahsoka Tano saat meninggalkan Jedi Order memang sangat mengejutkan, tapi perjalanan hidupnya masih terus berlanjut setelah meninggalkan Jedi.

Ahsoka Tano sempat menghilang selama peristiwa Order 66 tapi untungnya ia kembali di Star Wars Rebels, dan sekarang di muncul dalam serial The Mandalorian. Musim kedua The Mandalorian memperlihatkan sosok Ahsoka Tano versi live action yang sudah dinantikan para penggemar. Setelah kemunculannya, banyak orang yang bertanya-tanya berapa umur Ahsoka Tano saat ini.

Ahsoka Tano sendiri lahir di 36 BBY, yang berarti dia berarti berusia 14 tahun ketika Clone War dimulai (ketika pertama kali muncul di layar kaca). Ia kemudian berumur 17 tahun dalam Revenge of the Sith, dan setelah pengempungan Mandalore. Karena The Mandalorian musim pertam berlangsung lima tahun setelah Return of the Jedi dan tidak ada indikasi tentang adanya lompatan waktu yang panjang di musim kedua, maka berarti Ahsoka Tano berusia sekitar 45 tahun, di debut kemunculannya dalam serial The Mandalorian.

Jelas ada perbedaan usia yang besar (28 tahun) antara usia Ahsoka di Clone Wars musim ketujuh, dan usianya di serial The Mandalorian. Jika penonton ingin mencari tahu apa yang Ahsoka Tano lakukan selama Age of the Empire, mereka dapat menonton serial Star Wars Rebels, dan dalam serial tersebut Ahsoka berusia sekitar 30 tahunan. Star Wars Rebels sendiri berlangsung lima tahun menjelang A New Hope dan Battle of Yavin, yang berarti Ahsoka Tano berusia 31 tahun di musim pertama, dan 36 tahun di musim keempat.

Masih belum jelas apakah The Mandalorian musim kedua masih akan memperlihatkan kembali Ahsoka Tano atau tidak. Tapi sepertinya perjalanan Ahsoka Tano masih panjang karena ia masih mencari Grand Admiral Thrawn. Juga sepertinya ia akan terus melanjutkan perjalannya dalam membantu Baby Yoda dan Din Dajrin. Kita tunggu aja ya Geeks kelanjutan cerita Ahsoka Tano di Star Wars.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/