Kita tentunya semua sudah tahu tentang sosok Frank Castle atau yang biasa disebut sebagai the Punisher. The Punisher adalah salah satu karakter ikonik dari Marvel Comics. Uniknya, Frank sebenarnya bukanlah pahlawan melainkan anti-hero, sama seperti Deadpool. Meskipun Punisher tidak memiliki “versi” layaknya karakter lain, tapi Marvel kemudian membuatkan versi baru dari Punisher di era modern ini.

Mereka menyebutnya sebagai Cosmic Ghost Rider. Setelah pergi ke nerakan, Frank kemudian membuat perjanjian dengan Mephisto untuk menjadi Spirit of Vengeance. Selain itu, Frank juga menjalin kesepakatan dengan Galactus untuk kemudian mendapatkan Power Cosmic. Dan dengan gabungan kekuatan tersebut Cosmic Ghost Rider menjadi salah satu karakter terkuat. Dia bahkan pernah menghancurkan berbagai peristiwa sejarah di Marvel, seperti diperlihatkan dalam komik Cosmic Ghost Rider Destroy History. Lalu, apa saja sejarah yang dihancurkan Cosmic Ghost Rider?

Cerita Origin Fantastic Four

Kelompok Fantastic Four dikenal sebagai First Family dari Marvel, atau bisa dibilang adalah kelompok pahlawan pertama di Marvel Universe. Mereka adalah kelompok pahlawan hasil ciptaan dari Stan Lee saat era awal Marvel. Jika bukan karena keempat pahlawan ini, rasanya tidak akan ada Spider-Man, Avengers, dan tentunya adalah MCU.

Tapi, Frank Castle kemudian merubah semuanya ketika dia muncul di luar kapal luar angkasa mereka ketika sinar kosmik (cosmic rays) menghantam kapal mereka. Seperti dalam ceritanya, keempat ilmuwan tersebut kemudian mendapatkan kekuatan. Sesampainya di bumi, mereka kemudian membuat tim Fantastic Five. Sayangnya, setelah misi pertama mereka melawan Mole Man dan pasukan Moloidsnya, Cosmic Ghost rider “dipecat” dari tim ini karena dianggap terlalu brutal.

Menghancurkan Karir Fotografi Peter Parker

Setelah digigit oleh seekor laba-laba radioaktif yang memberikannya kekuatan super, Peter Parker kemudian berubah menjadi sosok Spider-Man. Namun, disaat tidak sedang menjadi Spider-Man Peter pun melakukan kegiatan lain seperti menjadi foto jurnalis bagi Daily Bugle. Peter sering kali ditugaskan untuk mendapatkan berbagai foto dari Spider-Man (yang mana dia selalu berhasil).

Namun, situasi berubah ketika Frank Castle mengetahui siapa identitas asli dari Spider-Man yang tidak lain adalah Peter parker. Hal ini kemudian dia gunakan untuk menyingkirkan Peter dari Daily Bugle, dimana Frank mendapatkan foto dari Spider-Man untuk kemudian menjualnya kepada Daily Bugle, sebelum Peter mendapatkan foto tersebut. Ceritanya mirip seperti Edward Brock yang kemudian menjadi Venom.

Menghajar Hitler

Sudah menjadi hal yang natural dalam sebuah cerita superhero bahwa membunuh dan memburu Nazi merupakan hal yang dilakukan demi kebaikan semua (meskipun sebenarnya tergantung dari siapa karakternya, namun umumnya membunuh pasukan Nazi sering dianggap normal). Semenjak Captain America berhasil memukul Hitler, moralitas baik dan buruk superhero dalam cerita akhirnya terbentuk.

Namun, bagaimana jika kemudian yang kemudian memukul sosok Hitler tersebut bukanlah Captain America melainkan Cosmic Ghost Rider? Inilah yang dilakukan oleh Frank Castle, dimana dia menghajar Adolf Hitler di bunkernya sendiri. Dalam cerita komik, peristiwa ini sering kali dilaporkan sebagai momen bunuh diri Hitler demi menghancurkan moral para pasukan Nazi.

Formasi Dari New Avengers

Setelah tim Avengers dibubarkan di akhir cerita Avengers Disassembled, sebuah tim Avengers baru kemudian dibentuk untuk membantu menghentikan seorang superkriminal kabur dari penjara dengan keamanan maksimal yang dikenal juga sebagai the Raft. Dalam ceritanya, kita mengetahui bahwa sosok yang dimaksud ternyata adalah the Sentry, karakter yang memiliki kekuatan sangat dahsyat.

The Sentry sendiri dikurung di penjara paling dalam dan paling bawah dari the Raft. Namun, hal berbeda justru terjadi dalam komik Cosmic Ghost Rider Destroy History dimana yang ditemukan di penjara tersebut bukanlah sosok the Sentry, melainkan Frank Castle sang Cosmic Ghost Rider. Melihat sosok Frank Castle ditahan di penjara adalah hal yang langka terjadi.

Kematian Keluarganya

Jauh sebelum Frank Castle mendapatkan kekuatan Cosmic Power dari Galactus, sebelum dia membuat perjanjian dengan Mephisto untuk menjadi Spirit of Vengeance, sebelum dia menggunakan nama the Punisher, ada sebuah peristiwa yang amat sangat mengerikan terjadi kepada Frank Castle. Dan peristiwa tersebut nyatanya benar-benar mengubah hidup Frank. Peristiwa tersebut adalah kematian dari semua keluarganya.

Frank benar-benar menjadi sosok yang sangat berpengaruh di seluruh Marvel Universe. Semua hal yang dia rubah nyatanya membuat perbedaan kecil bagi sebuah narasi besar di sejarah Marvel Universe. Dalam konteks peristiwa kematian keluarganya, jika keluarga Frank tidak tewas maka Frank tidak akan seperti yang kita kenal saat ini. Karena itulah untuk memastikan hal tersebut tetap terjadi, Uatu the Watcher yang kemudian turun tangan dimana dia yang kemudian membunuh seluruh keluarga Frank dan bukannya mafia seperti dalam cerita aslinya.

Dark Phoenix Saga

Cerita tentang “Dark Phoenix Saga” adalah cerita terbaik sepanjang masa dari X-Men Ceritanya sendiri berpusat pada sosok Jean Grey yang menjadi wadah baru bagi Phoenix Force dan dia pun menjadi the Phoenix dan memiliki kekuatan dahsyat. Namun, semua peristiwa tersebut menjadi sangat berbeda ketika Frank Castle muncul dan menggantikan sosok Jean Grey.

Frank terkena pengaruh dari Jason Wyngarde dan the Hellfire Club pada psikisnya, yang mana hal ini menghasilkan sebuah adegan dimana Frank berdansa dengan Wyngarde sambal menggunakan korset berbahan kulit berwarna hitam, jubah, dan celana dalam yang mana seharusnya dalam cerita aslinya pakaian ini digunakan oleh Jean Grey. Setelah X-Men berhasil menyelamatkan Frank, Jean kemudian mengambil alih kekuatan Phoenix tersebut. Frank sendiri ada saat itu dan melihat Jean tewas di bulan di akhir ceritanya.