Para fans dari One Piece tahu bahwa Zoro bukan seorang ahli pedang biasa. Zoro memiliki tekad yang sangat kuat, dan juga kemampuan fisik yang luar biasa. Yang unik dari sosok Zoro adalah dia tidak menggunakan teknik satu atau dua pedang saja, melainkan tiga pedang atau santoryu. Teknik ini membuat Zoro menggunakan dua pedang di kedua lengannya, dan satu pedang lainnya di bagian mulutnya.

Meskipun terlihat tidak biasa, nyatanya dengan menggunakan teknik santoryu Zoro berhasil memenangkan banyak pertarungan. Sudah ada banyak musuh-musuh besar yang berhasil dia taklukan dengan menggunakan teknik ini. Tapi, mungkin sebagian Geeks masih ada yang belum paham atau belum mengerti tentang konsep tiga pedang ini. Dan berikut adalah pembahasannya.

Teknik Santoryu

Meskipun Zoro dikenal sebagai pengguna tiga pedang, sebenarnya pada awalnya Zoro lebih senang untuk menggunakan dua pedang saja, atau teknik Nitoryu, ketika dia masih berlatih di usia muda. Baru ketika kematian Kuina, teman dekatnya yang sekaligus adalah rivalnya, Zoro mulai menyempurnakan teknik berpedangnya dan terus mengasah kemampuannya menjadi lebih baik.

Saat momen itu juga Zoro kemudian mengembangkan teknik Santoryu. Dan sampai sejauh ini, baru dan hanya Zoro yang mampu menggunakan teknik tersebut. Bahkan, tidak ada ahli pedang lainnya yang berusaha untuk bisa meniru kemampuannya tersebut. Hal ini penting mengingat Zoro bercita-cita menjadi seorang ahli pedang terbaik di dunia. Ini juga menjadi tanda bahwa kemampuan Zoro dalam mengembangkan kekuatan atau tekniknya sangat luar biasa.

Tapi, tentunya kita harus menyadari, bahwa tidak setiap situasi pertempuran cocok untuk menggunakan teknik Santoryu. Zoro memang lebih sering menggunakan 1 atau 2 pedang saja, tergantung situasi yang dia hadapi. Kelebihan dari menggunakan teknik tiga pedang adalah kekuatan yang dikeluarkan oleh Zoro juga bisa sangat dahsyat.

Tiga Pedang Zoro

Sebagai salah satu karakter terkuat dan ahli pedang terbaik, Zoro tentunya tidak sembarangan memiliki pedang. Koleksi pedangnya memiliki kekuatan atau sejarah yang mendalam. Saat ini Zoro memiliki tiga buah pedang, yaitu Wado Ichimonji. Pedang ini adalah pedang yang termasuk dalam kategori Meito atau pedang legendaris. Pedang ini diberikan oleh ayah Kuina yang sekaligus adalah gurunya, Shimotsuki Koushiro.

Wado Ichimonji adalah pedang pertama yang dimiliki oleh Zoro sebelum dia memulai petalangannya menjadi seorang ahli pedang terbaik di dunia. Pedang lainnya yang Zoro miliki juga masuk kategori Meito yaitu Sandai Kitetsu, Yubashiri, Shusui, dan Enma. Namun, saat ini Zoro hanya memiliki Sandai Kitetsu, Wado Ichimonji, dan Enma.

Namun, patut untuk dicatat bahwa yang membuat Zoro hebat, selain pedangnya, adalah kemampuan berpedangnya. Zoro mampu menggunakan pedang apapun jika memang diperlukan. Contohnya adalah dia mampu menggunakan pedang Sogeking ketika bertarung melawan Kaku, sebelum kemudian dia menggunakan pedang koleksinya yang sebenarnya.

Teknik Mematikan Milik Zoro

Dengan menggunakan salah satu dari tiga pedang koleksinya, Zoro bisa mengeksekusi berbagai teknik mematikan. Mulai dari serangan biasa, sampai teknik yang memiliki kekuatan spiritual yang mampu mengubah bentuk fisik dari Zoro. Apapun situasi yang sedang dia hadapi, Zoro biasanya memiliki sebuah teknik yang akan dia gunakan secara efektif.

Oni Giri adalah salah satu contoh teknik yang dia biasa gunakan. Ini adalah salah satu teknik yang pertama kali diperlihatkan dalam cerita, ketika dia bertarung melawan Cabaji, salah satu kru dari Buggy. Oni Giri sendiri bisa dibilang adalah teknik dasar yang dimiliki Zoro. Pada dasarnya teknik ini merupakan tebasan pedang dengan kekuatan penuh dan kecepatan tinggi.

Teknik lainnya adalah Asura Ichibugin. Teknik baru diperlihatkan sekali, dan menjadi tanda bahwa Zoro sedang menggunakan 100% kekuatannya. Ketika mengaktifkan kekuatan ini, Zoro akan berubah menjadi sosok Asura yang memiliki tiga wajah dan enam tangan. Zoro akan memiliki tiga wajah, enam lengan, dan sembilan pedang. Dan terbukti, teknik yang sangat luar biasa ini mampu mengalahkan Kaku hanya dalam satu serangan saja.

Zoro merupakan salah satu orang yang dilemparkan oleh Kuma untuk menjalani latihan selama dua tahun. Zoro sendiri dilatih oleh Dracule Mihawk, yang merupakan ahli pedang terhebat di seluruh dunia One Piece. Setelah belajar dari sosok yang sangat dia ingin lampaui kemampuannya, teknik Oni Giri Zoro bahkan sekarang sudah berkembang menjadi Rengoku Onigiri.

Serangan Rengoku Oni Giri ini jauh lebih kuat, lebih kencang, dan mampu mengalahkan karakter kuat seperti Kamazo dan Hyouzou. Zoro sudah sangat berbahaya dengan hanya satu pedang saja, tapi ketika dia menggunakan tiga pedang, tidak ada yang bisa menghentikannya. Banyak yang menantikan pertarungan Zoro melawan Shanks atau melawan Mihawk di kemudian hari. Jadi, kita nantikan saja ya Geeks bagamaina kekuatan sebenarnya dari Zoro pasca menjalani latihan bersama Mihawk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.