Ada sebelas bajak laut pendatang baru yang menjadi perhatian Pemerintah Dunia. Meskipun mereka terhitung sebagai bajak laut pendatang baru, mereka memiliki kekuatan yang dahsyat. Rata-rata nilai buruan mereka adalah di atas 100 juta Belly. Para bajak laut pendatang baru yang sangat luar biasa ini pertama kali diperkenalkan di arc Sabaody, dan sejak saat itu para bajak laut ini dikenal sebagai Supernova.

Dari sekian nama yang ada, Luffy merupakan salah satu Supernova yang menarik. Memang, masing-masing bajak laut memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri. Namun, ada beberapa hal yang membuat Luffy stand out dibandingkan dengan para supernova lainnya. Apa saja hal tersebut? berikut adalah pembahasannya.

Bukan Bajak Laut Biasa

Bajak laut selama ini dikenal sebagai kelompok pelaut yang sangat jahat, suka menghancurkan tempat atau sebuah desa, dan berbuat hal criminal lainnya. Inilah kemudian yang menjadi alasan mengapa bajak laut sangat ditakuti berbagai kalangan. Namun, semua hal buruk dari sosok bajak laut tidak akan kita temui di dalam diri Luffy. Meskipun dia bukan pahlawan, tapi sering kali Luffy menjadi pahlawan.

Hal ini menjadi unik karena Luffy sendiri mengaku sebagai bajak laut. Luffy memang pernah beberapa kali melakukan kesalahan, seperti membebaskan para penjahat di Impel Down. Tapi, mungkin hal seperti itu jarang terjadi dari 20 tahun perjalanan One Piece. Luffy lebih sering membantu orang lain atau yang membutuhkan pertolongannya. Inilah yang membuat Luffy spesial dan banyak disukai oleh karakter lainnya.

Nilai Buruan Paling Tinggi

Dahulu, ketika seluruh 11 Supernova ini tiba untuk pertama kalinya di pulau Sabaody, Monkey D. Luffy merupakan bajak laut dengan nilai buruan paling tinggi nomor dua setelah Eustass Kidd. Nilai buruan Luffy sendiri pada saat itu adalah 300 juta Belly, 15 juta Belly lebih sedikit dari Kidd. Padahal seharusnya nilai buruan Luffy bisa lebih tinggi lagi – apalagi dia berhasil mengalahkan Moria.

Namun, perlahan nilai buruan Luffy merangkak naik. Peningkatan nilai buruan ini terjadi pasca time-skip selama dua tahun. Pasca berhasil mengalahkan Doflamingi, nilai buruan Luffy meningkat menjadi 500 juta Belly. Dan nilai buruan Luffy kini melesat tajam menjadi 1,5 milliar Belly pasca mengalahkan Charlotter Katakuri dan menantang Big Mom.

Menjadi Penguasa Kelima

Setelah menjadi juara dalam hal nilai buruan, Luffy juga saat ini unggul dalam masalah status dibandingkan dengan para Supernova lainnya. Diantara sebelas Supernova, hanya Luffy yang dianggap pantas menjadi seorang penguasa alias Yonko. Hal ini terjadi setelah dia berhasil mengalahkan Charlotte Katakuri, Sweet Commander paling kuat dari kelompok bajak laut Big Mom.

Sebenarnya, sebutan Luffy sebagai seorang penguasa kelima merupakan cerita yang dilebih-lebihkan oleh Morgans. Hal itu sengaja dibuat untuk menarik perhatian orang dan membuat semuanya terdengar lebih baik dari aslinya. Tapi, meskipun niat awalnya adalah untuk melebih-lebihkan, pada kenyataanya kini Luffy sekarang pantas memiliki nilai buruan dengan angka tersebut.

Kekuatan Terbesar

Jika berbicara mengenai masalah kekuatan fisik, Luffy adalah sosok bajak laut yang sangat kuat. Sudah ada banyak bukti yang menunjukan bagaimana kekuatan dari Luffy. Misalnya pertarungan melawan Moria, pertarungan di Marineford, pertarungan melawan Doflamingi, dan lain-lain. Intinya tidak perlu diragukan lagi jika berbicara mengenai masalah kekuatan fisik.

Namun, kekuatan Luffy sebenarnya bukanlah di fisiknya. Seperti yang disebutkan oleh Dracule Mihawk saat perang di Marineford, kemampuan Luffy yang paling mengerikan adalah bagaimana dia mampu mengajak sekelilingnya untuk bisa ikut bertarung bersama. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh bajak laut lainnya.

Sosok Terpilih

Luffy adalah sosok karakter dan juga seorang bajak laut yang diyakini mewarisi semangat dari Roger bahkan dia diprediksi juga menjadi penerus dari Joy Boy. Luffy memang ditakdirkan untuk mencari keberadaan One Piece dan menjadi sosok raja bajak laut selanjutnya. Para bajak laut lainnya memang memiliki kekuatan yang hampir sama dengannya, tapi mereka tidak memiliki warisan semangat seperti Luffy. Dunia sudah lama meninggi sosok Luffy, bahkan sejak 800 tahun yang lalu. Karena itulah wajar jika Luffy berada di level yang berbeda dengan bajak laut lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.