Klasik

Dalam kehidupan nyata terdapat sebuah pepatah yang cukup populer, yaitu jika tidak rusak maka tidak perlu diperbaiki. Hal ini nyatanya terjadi juga di dunia komik, meskipun sebenarnya dalam industri komik sampai sejauh ini perbaikan demi perbaikan terus terjadi. Namun, sosok orisinal Thor yang berasal dari era Silver Age masih tetap menjadi salah satu versi yang terbaik dari semuanya.

Sang pejuang Asgard tersebut memperkenalkan berbagai hal, dan juga memperkenalkan berbagai dewa-dewa dalam mitologi Nordik yang ada di seluruh alam raya – penduduk Asgard meyakini bahwa terdapat sembilan alam yang ada di dunia ini. Desain arakter dari Thor klasik ini masih terus dipertahankan sampai sekarang, tapi tentunya dengan sedikit perubahan kecil.

Storm Thor

Salah satu hal terbaik tentang Mjolnir adalah siapa pun yang dianggap layak maka dapat mengangkatnya. Itu artinya tidak mudah bagi seseorang untuk bisa menjadi Thor dan mengangkat palu Mjolnir. Sejauh ini, memang diketahui ada beberapa orang yang pernah mengangkat palu Mjolnir, Storm adalah salah satunya.

Storm bukan hanya seorang mutan dengan level Omega, dia juga adalah seorang dewi dalam takarannya sendiri. Sebagai salah satu pewaris kekuasaan, Storm sudah secara otomatis layak untuk mengangkat salah satu senjata kosmik paling kuat di alam Marvel. Storm Thor sendiri muncul pertama kali dalam peristiwa Secret Wars pada 2015. Dalam ceritanya diperlihatkan bahwa Storm Thor berasal dari sebuah Earth alternatif, dimana dia menjadi anggota Thor Corps, sebuah tim pahlawan yang ditugaskan untuk melindungi seluruh multiverse.

Throg

Thor terkadang bisa berubah menjadi sangat serius. Tetapi, dalam cerita di komik Thor yang legendari yang ditulis oleh Walt Simonson pada tahun 1980-an, banyak hal konyol yang terjadi. Salah satu contohnya adalah ketika Loki mengubah Thor Odinson menjadi katak. Perubahan Thor menjadi katak menginspirasi lahirnya sosok katak Thor yang sebenarnya, Throg.

Throg sendiri dulunya adalah Puddlegup, seekor katak yang dulunya adalah manusia manusia bernama Simon Walterson. Setelah bertemu dengan Thor yang asli, Puddlegup membuktikan dirinya layak dan dia pun kemudian mendapatkan kekuatan Asgardiannya sendiri dan menggunakan palu ajaibnya sendiri, yaituFrogjonir. Siapa yang menyangka jika seekor katak bisa menjadi dewa petir.

Jane Foster (Mighty Thor)

Salah satu versi terbaik dari Thor. Jane Foster sendiri selama ini dikenal sebagai kekasih dari sosok Thor. Tapi, siapa sangka jika Jane Foster nyatanya memiliki tekad dan determinasi yang sama dengan Thor Odinson untuk menjadi pelindung bagi Asgard dalam seri komik yang ditulis oleh Aaron dan Russell Dauterman. Dan sama seperti Throg, Jane Foster Thor sendiri merupakan kejutan besar.

Jane Foster kemudian mendapatkan perubahan terbaru dari Marvel. Sudah tidak lagi menjadi sosok Thor, kini Jane Foster telah menjadi Valkyrie terbaru di Marvel Universe. Karakternya yang sangat populer sebagai Dewa Petir telah menginspirasi Marvel Studios untuk memunculkan karakter ini di film Thor: Love and Thunder.

Marvel Cinematic Universe

MCU Thor adalah versi karakter Thor yang bukan hanya paling populer di luar sana, tapi juga salah satu versi Thor yang terbaik saat ini. Chris Hemsworth benar-benar berhasil membuat sosok Thor hidup di layar lebar. Dan berkat sosoknya yang sangat luar biasa, Thor sudah banyak muncul di berbagai film MCU. Yang paling baru adalah dia terlibat dalam pertarungan melawan Thanos.

Momen Terbaik Mjolnir Pamer Kekuatan di MCUYang menarik dari Thor versi ini adalah ada lebih banyak humor yang ditampilkan dan juga sisi manusia Thor daripada beberapa versi karakter lainnya. Dalam cerita komiknya, sifat dari Thor lebih condong ke wataknya yang seperti dewa. Rasanya akan sangat sulit untuk mencari pengganti sosok Thor selain Chris Hemsworth.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.