Thor merupakan salah satu karakter terkuat di Marvel Comics dan juga salah satu karakter favorit para fans. Sang dewa petir adalah karakter yang sangat berpengaruh sejak debutnya di Marvel Comics ada tahun 1960an. Sejak saat itu berbagai versi dari Thor pun muncul. Ada banyak versi Thor, tidak hanya di buku komik dan berbagai realita dan masa depan Marvel, tetapi juga dalam bentuk media lain. Berikut adalah berbagai versi Thor di berbagai media.

The Incredible Hulk Returns

Chris Hemsworth sebenarnya bukanlah aktor pemeran live-action Thor pertama. Debut live-action dari Thor sendiri muncul di film televisi The Incredible Hulk Returns yang dirilis pada tahun 1989 . Film ini menampilkan sosok Bill Bixby, yang sebelumnya pernah berperan sebagai Thor dalam sebuah TV series tentang Hulk di era 70an. Bill Bixby adalah aktor pertama yang memerankan sosok Thor.

Sosok Thor ini memang tidak akan dianggap sebagai Thor yang “baik” jika menilik pada standar saat ini, tetapi sama halnya seperti series Hulk itu sendiri, ada banyak kenangan yang muncul dalam versi pertama live-action dari Thor dan Hulk tersebut. Menariknya adalah selain Hulk dan Thor, film tersebut juga untuk pertama kalinya memperkenalkan sosok karakter Daredevil versi live-action.

Thunderstrike

Di era 90an, industri komik mulai mengalami banyak perubahan. Berbagai perubahan besar dilakukan oleh penerbit dengan menggantikan (atau membunuh) para karakter lama dengan karakter baru. Hal inilah yang terjadi kepada Thunderstrike. Thunderstrike sendiri adalah sosok Thor klasik yang kemudian bergabung dengan Eric Masterson, seorang arsitek. Keduanya kemudian memulai petualangan bersama.

Setelah Thor yang asli kembali, Eric kemudian  beruba menjadi Thunderstrike, yang mana Thunderstrike merupakan nama dari tongkatnya. Metode untuk memberikan kehidupan baru bagi sosok karakter yang sudah ada dengan membunuh mereka dan menunjuk seseorang yang baru untuk menggantikannya, sepertinya bukan sebuah metode yang baik.

Thor 2099

Marvel sudah sering mencoba memulai sebuah kontinuitas yang berbeda atau justru menciptakan sebuah kontinuitas yang baru. Salah satu konsep kontinuitas baru yang kurang begitu mendapatkan respons yang positif adalah konsep masa depan, yaitu Marvel 2099. Bersetting di tahun 2099, pada saat itu diperlihatkan bahwa Doctor Doom menjadi sosok yang berkuasa.

Thor dalam versi ini adalah Cecil McAdam, anggota dari ordo religius “Thorites” yang menyembah versi asli dari Thor. Cecil McAdam mendapatkan kekuatannya melalui beberapa manipulasi genetic. Satu hal yang menarik dari Thor 2099 adalah pada saat itu Steve Rogers berhasil menjadi pemilik selanjutnya dari Mjolnir, dan sejak saat itu, dia menjadi Thor yang baru,

Ultimate Thor

Semua karakter-karakter populer dari Marvel Universe mendapatkan pembaruan yang lebih modern di awal 2000-an ketika Marvel meluncurkan seri Ultimate Comics yang menjadi awalan baru bagi Marvel Comics. Meskipun dalam versi terbaru ini Thor terlihat kurang lebih sama dengan sosoknya di Earth-616, versi Dewa Petir ini sebenarnya sangat berbeda.

Thor versi ini adalah alter ego dari seorang pria bernama Thorlief Golmen, yang menyadari bahwa dia adalah bentuk reinkarnasi dari sang pejuang Asgard, Thor. Thor versi Ultimate ini tidak terlalu bergantung kepada Mjolnir – meskipun Mjolnir tetap menjadi salah satu senjata terkuat di universe tersebut. yang juga membedakan adalah tingkat ego dan keangkuhan yang sangat tinggi dari versi Earth-616.

King Thor

King Thor adalah salah satu dari berbagai versi alternatif yang ada dari sang penguasa Asgard. Tetapi, dari semua versi Thor yang ada dialah yang sejauh ini yang paling menarik dan paling kuat. King Thor yang sudah tua ini sebenarnya merupakan penguasa dari sebuah kerajaan yang sudah tidak ada alias hancur. Asgard sudah lama hancur dan semua dewa telah binasa.

Hanya Thor sendiri yang masih bertahan dan sebagai All-Father di masa depan. Thor benar-benar berubah menjadi sosok yang diliputi banyak kesedihan. King Thor kemudian melacak keberadaan Gorr, orang yang bertanggung jawab dari semua kekacauan tersebut. Dan pada akhirnya King Thor pun berhasil membunuh Gorr. King Thor benar-benar menghadirkan semua kekuatan dan poteni dari sosok Thor.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.