Sebagian fans One Piece mungkin ada yang bertanya, apakah Kuzan dan Brook memiliki hubungan? Hal ini dilihat dari adanya persamaan antara Kuzan dan Brook, sebelum dia berubah menjadi tengkorak seperti sekarang. Jika diperhatikan secara seksama, memang ada kemiripan antara sosok Brook dan Kuzan terutama dari bentuk wajah dan struktur tubuhnya.

Ada beberapa hal yang mendukung teori tersebut, salah satunya adalah melalui gambar saat mereka kecil. Keduanya terlihat menggunakan kacamata yang memiliki dua warna berbeda. Selain dari gambar, dari segi timeline pun ada beberapa hal yang bisa dijadikan petunjuk bahwa Brook kemungkinan adalah ayah dari Kuzan. Pertama, usia dari Brook sendiri saat ini sekitar 90 tahun, Garp berusia 78 tahun. Roger sendiri tewas pada usia 53 tahun. Sedangkan usia Kuzan sekarang diperkirakan 49 tahun.

Brook bergabung dengan kelompok bajak laut Rumbar sekitar 52 tahun yang lalu di usianya yang ke 38. Jika kemudian Kuzan adalah anak dari Brook, maka Kuzan lahir di usia Brook yang ke 41 yang mana artinya Kuzan lahir setelah Brook bergabung dengan kelompok bajak laut Rumbar. Usia ketika Brook bertemu dengan Laboon memang kurang begitu jelas, namun kurang lebih sekitar 50 tahun yang lalu.

Sejauh ini memang tidak ada informasi seberapa lama kelompok bajak laut Rumbar berlayar, namun yang pasti Brook mengingat Roger sebagai seorang bajak laut pendatang baru. Ada jeda sekitar 13 tahun antara Brook dan Roger yang mana artinya ketika Brook masih muda sebagai bajak laut di usianya yang ke 38 tahun, Roger masih berusia 25 tahun. Dengan menyebut Roger sebagai pendatang baru, artinya Brook sudah memiliki pengalaman lebih banyak sebelum Roger.

Jumlah nilai buruan sebesar 33 juta menjadi bukti seberapa berbahayanya Brook dulu dan menjadi bukti bahwa bajak laut Rumbar cukup lama berlayar di lautan. Nilai buruan tersebut kemungkinan diberikan kepada Brook di usianya yang ke 40 tahun, yang mana artinya mungkin usia Roger pada saat itu masih 28 tahun. Dan hal ini sesuai dengan usia dari Garp yang menjadi perwira angatan laut di awal usianya yang ke 30 tahun. Hal ini sesuai dengan gambaran Shakky tentang Garp.

Hal tersebut juga membuktikan bahwa Garp mengenal kelompok bajak laut Rumbar dan dengan adanya nilai buruan yang diberikan kepada Brook, Garp juga tahu siapa sosok Brook. Kuzan sendiri memiliki rasa hormat tinggi terhadap Garp dan bahkan dia merasa hutang budi kepadanya, seperti yang diperlihatkan dalam seri manganya.

Itu artinya ada kemungkinan bahwa Garp menginspirasi Kuzan untuk menjadi seorang bajak laut seperti sekarang, dan kemungkinan ini bisa terjadi jika Garp memang memiliki hubungan khusus atau tertarik kepada Kuzan – karena ayahnya seorang bajak laut terkenal. Hal ini bukan pertama kalinya terjadi kepada Garp, karena Ace menjadi contoh lain dari hal tersebut.

Dengan Kuzan mengidolakan sosok Garp, artinya ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi. Salah satunya adalah Garp kemungkinan mengadopsi Kuzan karena dia merasa kasihan terhadap nasibnya – yang mungkin saat itu yatim piatu karena Brook tewas. Kuzan merupakan “kesuksesan” terbesar Garp karena berhasil membuatnya menjadi angkatan laut, berbeda dengan Ace dan Luffy.

Mungkin, suatu saat nanti kita akan melihat reuni antara Brook dan Kuzan, meskipun Kuzan tahu bahwa Brook sudah  tidak seperti dulu lagi. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari Brook dan Kuzan. Mudah-mudahan saja Eiichiro Oda akan menjelaskan tentang hal ini sebelum seri One Piece selesai.