Dengan dimulainya sebuah era dalam cerita, tentunya pada akhirnya kita akan menemukan akhir. Sama halnya dalam cerita One Piece. Era bajak laut terhebat harus berakhir, dengan dieksekusinya sosok raja bajak laut, Gol D. Roger. Kematiannya ternyata tidak ikut mematikan semangat para anak muda untuk menjadi bajak laut. Justru kematian Roger menjadi titik awal dari era baru.

Selain saat eksekusi Roger, kematian Whitebeard juga menjadi poin berakhirnya sebuah era. Hal ini diamini oleh pihak angkatan laut sendiri. Dan sebelum timeskip dimulai, Luffy sempat membunyikan lonceng Ox Bell yang menandakan bahwa ini adalah era miliknya. Era lama sudah lewat dan dunia harus bersiap dengan masa yang baru. Arc Wanokuni juga bisa menjadi poin dimana era Yonko berakhir. Ada beberapa poin yang mendukung hal ini, apa saja?

Kematian Salah Satu Yonko

Ada dua skenario yang mungkin terjadi di akhir arc Wanokuni ini, pertama adalah kematian. Seperti yang kita ketahui bahwa Luffy dan aliansinya sekarang sedang menghadapi dua Yonko hebat sekaligus, Kaido dan Big Mom. Baik Kaido ataupun Big Mom bukanlah sosok bajak laut sembarangan. Pengalaman mereka di lautan sudah sangat banyak. Dan yang paling penting adalah kekuatan yang mereka miliki.

One Piece: Cerita Masa Lalu Kaido dan Anaknya | GreensceneDengan kekuatan yang dahsyat, Luffy tentu harus dibantu oleh pihak lain. Saat ini, Luffy memiliki aliansi yang ikut bersamanya dalam menghadapi Kaido dan Big Mom. Seperti yang sudah diprediksi sejak lama, salah satu Yonko akan tewas dalam pertarungan ini. Kemungkinan besar adalah Kaido. Kaido sendiri sudah berulang kali bunuh diri namun gagal. Mungkin kali ini, Luffy dan yang lain akan mengabulkan “keinginannya” untuk mati.

Kekalahan Para Yonko

Skenario lain yang mungkin terjadi adalah kekalahan para Yonko tersebut. Membunuh Yonko bukanlah perkara yang mudah, karena, seperti yang disebutkan di atas, mereka memiliki kekuatan yang dahsyat. Mereka bukanlah bajak laut sembarangan dan butuh banyak tenaga untuk membunuh mereka. Meskipun bukan hal yang mustahil membunuh para Yonko ini, namun kekalahan rasanya sudah cukup.

Monkey D Luffy Dapatkan Bantuan untuk Lawan Big MomSeperti yang disebutkan oleh Oda, kekalahan justru lebih “mematikan” daripada membunuh karakternya secara harfiah. Kekalahan para Yonko ini juga tentunya akan menggemparkan dunia. Pihak angkatan laut dan Pemerintah Dunia tentu tidak akan diam melihat hal ini. Mereka akan melakukan sesuatu untuk menghentikan Topi Jerami khususnya.

Pukulan Bagi Pemerintah Dunia

Selama ini, Pemerintah Dunia merasa para Yonko adalah kelompok bajak laut yang memang sengaja “dipelihara” untuk mencegah para bajak laut untuk bisa pergi ke Laugh Tale, dan menemukan rahasia dunia. Sama halnya seperti Shichibukai, sistem Yonko ini juga dibuat oleh Pemerintah Dunia. Dan Pemerintah Dunia sendiri bisa saja membubarkan sistem ini jika mereka mau.

One Piece) 5 Konspirasi Pemerintah Dunia dan Misinya - KINCIR.comKekalahan atau kematian salah satu Yonko (atau dua) tentunya akan menjadi pukulan telak bagi Pemerintah Dunia. Masyarakat menyangka bahwa para Yonko pun kini sudah bisa dikalahkan. Pemerinah Dunia selalu menganggap diri mereka hebat dengan semua sumber daya yang ada. Tapi, pasca apa yang terjadi di Wano, mereka mungkin akan mulai berpikir ulang.

Tidak Ada Lagi Calon Yang Pas

Memang, sampai saat ini tidak ada konfirmasi atau informasi apapun bahwa yang Namanya Yonko harus berisi empat orang. Jika Pemerintah Dunia mau, bisa saja mereka menyisakan satu atau dua bajak laut dan tetap diberi gelar Yonko. Tapi, seperti namanya, Yonko rasanya akan lebih baik jika diisi oleh empat orang. Hal ini tentunya akan membawa keseimbangan di dunia dan New World.

Para Karakter Yang Mampu Kalahkan Yonko! | GreensceneTapi, bagaimana jika tidak ada kandidat bajak laut yang pas untuk menggantikan mereka yang sudah kalah atau mati? Beberapa nama mungkin dianggap pantas mengisi posisi Yonko, seperti Marco the Phoenix. Tapi, Marco kemungkinan enggan mengisi posisinya. Dengan tidak adanya pengganti Big Mom dan Kaido, mungkin Pemerintah Dunia akan lebih memilih membubarkan sistem ini.

Situasi Politik Yang Berubah

Seperti yang disebutkan di atas, Yonko bisa jadi adalah sebuah sistem yang memang sengaja dibuat untuk melindungi Laugh Tale dari bajak laut lainnya, yang mencoba mencari tahu apa sebenarnya One Piece. Tapi, kita tidak pernah tahu apa sebenarnya maksud Pemerintah Dunia membuat atau membangun sistem yonko tersebut. Mungkin ada maksud lain yang belum kita ketahui.

One Piece: Pemerintah Dunia (One Piece)One Piece memang lekat dengan nuansa bajak laut, tapi bukan berarti mereka tidak memasukan juga unsur politik. Kekalahan dua Yonko sekaligus tentunya akan merubah situasi politik yang terjadi. Im Sama mungkin akan mulai bergerak dengan menyebutkan siapa yang harus disingkirkan. Dan akibat situasi politik yang tidak menentu ini, mereka bisa jadi memutuskan untuk membubarkan para Yonko.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.